Pengertian Inflasi, Penyebab, Jenis Dan Cara Mengatasi

Inflasi ialah kondisi perekonomian dimana harga barang mengalami kenaikan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Inflasi biasanya terjadi lantaran jumlah uang beredar jauh melebihi uang yang dibutuhkan. Dengan kata lain, inflasi terjadi lantaran adanya undangan yang jauh lebih besar daripada ketersediaan barang yang ada di pasar.

Perlu anda ketahui, kenaikan harga barang dikala lebaran atau menjelang tahun baru, bukanlah inflasi, lantaran sifatnya hanya sementara. Setelah momen tersebut berlalu, harganya akan kembali normal menyerupai sedia kala. 

Penyebab Terjadinya Inflasi

Inflasi sanggup disebabkan lantaran dua hal utama yaitu kenaikan biaya produksi dan kenaikan permintaan. Berikut penjelasannya.

1. Inflasi yang Disebabkan lantaran Kenaikan Permintaan (Demand Pull Inflation)

Demand pull inflation terjadi lantaran kenaikan undangan pada beberapa jenis barang. Pada inflasi ini, kenaikan undangan jenis barang terjadi secara agregrat. Peningkatan undangan sanggup terjadi lantaran peningkatan undangan barang ekspor, peningkatan undangan baran untuk keperluan swasta, dan peningkatan belanja pemerintah. 

Hal ini menyebabkan harga barang menjadi naik lantaran naiknya permintaan, sedangkan jumlah penawaran masih tetap sama.  

2. Inflasi yang Disebabkan Kenaikan Biaya Produksi  (Cost Pull Inflation) 

Inflasi ini disebabkan lantaran kenaikan biaya produksi akhir kenaikan harga materi baku. Kenaikan materi baku misalnya adalah: Kenaikan harga materi bakar minyak, kenaikan upah yang menyebabkan naiknya harga materi baku (penyesuaian harga) dan lain2. 

3. Inflasi lantaran Peningkatan Jumlah Uang Beredar

Apabila di suatu negara jumlah barang tetap sedangkan jumlah uang beredar mengalami peningkatan hingga 2-3 kali lipat, maka harga barang akan naik, lantaran semakin banyak jumlah yang beredar, undangan akan barang cenderung meningkat, sehingga harga barang naik. 

Inflasi lantaran meningkatnya jumlah uang beredar sanggup terjadi, salah satunya dikala pemerintah menerapkan sistem anggaran defisit. Saat terjadi kekuarangan anggaran, pemerintah akan menutupnya dengan mencetak uang gres yang sanggup menyebabkan harga barang naik. 

Baca juga: Jenis-jenis Inflasi 

Cara Mengatasi Inflasi

Inflasi di suatu negara memang tidak sanggup dihindari. Inflasi ialah hal yang lumrah. Namun inflasi yang terlalu tinggi sanggup membahayakan perekonomian suatu negara. Oleh lantaran itu, inflasi harus ditekan semoga tidak terlalu tinggi. Inflasi sanggup diatasi dengan beberapa kebijakan yaitu sebagai berikut:

1. Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Baca penjelasannya disini: Memahami Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal - Bagian I. Memahami Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal - Bagian II.

2. Kebijakan lainnya, yaitu:

a. Menetapkan batasan harga maksimal untuk beberapa jenis barang, dengan cara mengendalikan harga barang yang ada di pasaran. Hal ini dilakukan pemerintah untuk menjaga keseimbangan harga barang semoga inflasi terkendali.

b. Meningkatan produksi sekaligus menambah jumlah uang beredar. Apabila pemerintah ingin menambah produksi, pemerintah sanggup mengeluarkan produksi. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara memperlihatkan subsidi atau premi pada perusahaan yang sanggup memenuhi sasaran tertentu pada waktu yang ditetapkan. Sedangkan, untuk menambah jumlah barang beredar, pemerintah harus memudahkan acara impor, yaitu dengan cara menurunkan bea masuk barang impor.      

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Inflasi, Penyebab, Jenis Dan Cara Mengatasi"

Posting Komentar