Cara-Cara Mengatasi Pengangguran

Pengangguran di suatu negara tentu mempunyai berbagai efek negatif, baik bagi individu, lingkungan sekitar dan juga untuk negara. Baca juga: Mempelajari Tingkat Pengangguran dan Dampaknya. Oleh lantaran itu, pengangguran di suatu negara harus sanggup diminimalkan. Untuk itu, harus ada solusi untuk menekan jumlah pengangguran. 

Pengangguran sendiri sanggup dibagi menjadi pengangguran siklis, pengangguran struktural, pengangguran friksional, dan pengangguran musiman. Baca juga: Jenis-Jenis Pengangguran dan Penyebabnya - Bagian I dan Jenis-Jenis Pengangguran dan Penyebabnya - Bagian II. Berikut ialah cara-cara untuk mengatasi jumlah pengangguran di suatu negara. 

1. Cara Mengatasi Pengangguran Siklis

Pengangguran siklis disebabkan lantaran menurunnya aktivitas perekonomian suatu negara lantaran resesi. Penurunan aktivitas ekonomi biasanya dimulai dengan melemahnya undangan konsumsi. Ketika undangan menurun, produksi barang akan berkurang. Dampak pengurangan produksi menjadikan terjadinya penurunan investasi. Jika hal ini terus berlangsung, maka perusahaan sanggup mengurangi pekerja dengan cara melaksanakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Cara mengatasi pengangguran ini ialah dengan meningkatkan kembali daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat sanggup meningkat jikalau ada penghasilan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah sanggup membuka proyek2 yang bersifat umum menyerupai membangun jalan, jembatan, irigasi dan aktivitas lainnya. Pemerintah juga harus mengarahkan masyarakat untuk membeli barang dan jasa, serta memperluas pasar barang dan jasa.

2. Cara Mengatasi Pengangguran Struktural 

Pengangguran ini terjadi lantaran adanya perubahan struktur ekonomi, contohnya dari ekonomi agraris kepada ekonomi industri. Untuk mengatasi pengangguran ini, pemerintah sanggup melaksanakan pendidikan dan training untuk mempersiapkan lapangan kerja yang baru. 

Pemerintah juga harus memindahkan tenaga kerja dari kawasan yang tidak membutuhkan ke kawasan yang membutuhkan, meningkatkan mobilitas tenaga kerja, mendirikan industri padat karya, sehingga sanggup menampung tenaga kerja yang menganggur. 

3. Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional intinya tidak sanggup dihindari. Satu-satunya cara mengurangi pengangguran ini ialah dengan menyediakan isu yang lengkap perihal undangan dan penawaran kerja, sehingga proses pelamaran, seleksi, dan pengambilan keputusan mendapatkan atau menolak sanggup berlangsung lebih cepat dan efisiensi waktu. 

4. Cara Mengatasi Penangguran Musiman

Pengangguran musiman sanggup diatasi dengan menawarkan isu yang terang perihal lowongan pekerjaan di bidang lain dan menawarkan training pada tenaga kerja semoga sanggup bekerja pada "masa menunggu" ketika animo tertentu.

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara-Cara Mengatasi Pengangguran"

Posting Komentar