Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Budidaya

Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada flora budidaya. Penyakit bercak daun menjadi salah satu momok yang seram bagi para petani. Terutama dalam budidaya flora semusim ibarat flora sayuran dan buah buahan.


Bahkan dmpak dari penyakit bercak daun ini cukup merugikan terutama kalau serangan dalam jumlah besar yang sanggup mengakibatkan kerugian yang besar sampai berdampak pada  kegagalan panen.


Penyakit bercak daun termasuk kedalam jenis penyakit yang sangt gampang menyebar dan menular terutama dikala animo hujan tiba. Kelembaban yang tinggi dari suhu udara mengakibatkan jamur lebih cepat menyebar. Oleh alasannya yaitu itu kalau tidak ditanggulangi secara benar maka akan sanggup mengakibatkan kerugian hemat bagi para petani.


Oleh alasannya yaitu itu pada kesempatan ini penulias akan memaparkan mengenai Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada flora budidaya – secara efektif dan efisien.


Mengatasi penyakit bercak daun secara terpadu menggunakan metode alami


Salah satu cara penanganan terhadap penyakit bercak daun yaitu dengan menggunakan metode alami yakni menggunakan pestisida organik yang berasal dari materi bahan alami.


Cara ini merupakan bentuk penanggulangan yang biasanya digunakan pada sistem budidaya pertanian organik. Dan hal ini mempunyai aneka macam kelebihan yakni nantinya produk yang dihasilkan akan kondusif dan juga lebih sehat untuk di konsumsi.


Adapun untuk menciptakan pestisida ini beberapa materi yang diharapkan dan cara pembuatannya yaitu sebagai berikut ini :



  1. Bahan utamnya yaitu sanggup menggunakan minyak atsiri dari flora cengkeh dan juga flora serai wangi.

  2. Pertaman tama siapkan minyak atsiri cengkeh sebanyak 1000 ml.

  3. 1 kilogram Tanaman serai wangi ditumbuk dan kemudian direndam menggunakan air sebanyak 2 liter selama 1 ahad sampai membusuk, gres setelahnya kemudian di saring dan diambil airnya sebanyak 1 liter.

  4. Setelah itu kemudian campurkan 1000 ml minyak atsiri cengkeh dan 1 liter duk sampai adonan tercampur dengan merata.

  5. Selanjutnya masukkan adonan tadi kedalam wadah dan diamkan selama 1 minggu.

  6. Saat akan digunakan terlebih daru larutan pestisida harus disaing kembali.

  7. Dosis penggunaan yang sempurna untuk mengatasi penyakit bercak daun yaitu 200-400 ml yang dilrutkan kedalam 1 liter air.


Setelah larutan dibentuk maka sanggup disemprotkan ke flora yang terindikasi terjangkit serangan penyakit bercak daun. Penyemprotan dilakukan secara rutin setiap satu hari satu kali. Lakukan terus menerus sampai tanda-tanda bercak daun terlihat lebih baik ibarat pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag


Selain menggunakan pestisida organik, cara lain yang sanggup dilakukan yaitu dengan dengan memusnakan kepingan yang terjangkit semoga tidak  menyebar ketanaman lainnya. Caranya yaitu dengan memangkas kepingan yang terinfeksi biasanya yaitu kepingan daun, pucuk,dan tunas kemudian disingkirkan dan bakar.


Cara lain yang juga sanggup dilakukan yaitu dengan melaksanakan hal hal ibarat menjaga kelembaban lingkungan sekitar flora dengan cara mengatur drainase secara baik, serta mengatur jarak tanam dimana jarak tanam harus dibentuk longgar semoga kelembaban tidak terlalu tinggi terutama dikala animo penghujan sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Hal lain yang sanggup dilakukan yaitu melaksanakan pergiliran atau rotasi tanaman. Misalnya kalau pada animo ini anda menanam flora kacang kacangan maka pada animo tanam selanjutnya anda harus menanan jenis flora yang bukan family kacang kacangan. Hal ini sanggup memutus mata rantai penyebaran penyakit bercak daun.








Mengatasi penyakit bercak daun secara terpadu menggunakan pestisida kimia


Selain menggunakan cara alami yang ramah lingkungan namun mempunyai hasil yang usang dan juga terkesan lebih ribet lantaran and harus menciptakan sendiri pestisida nabatinya, anda juga sanggup mengatasi penyakit bercak daun menggunakan pestisida kimia.


Hal ini dianggpa lebih cepat dan mudah serta karenanya lebih gampang terlihat. Cara ini juga dianggap lenih ampun dan mempunyai tingkat keberhasilan lebih tinggu dibandingkan dengan menggunakan pestisida nabati.


Jenis pestisida yang digunakan yaitu fungisida yang merupakan pestisida yang khusu digunakan untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan oleh jamur. Sebagaimana kita tahu bahwa penyakit bercak daun sendiri merupakan disebabkan oleh jamur yang menimbulkan bercak atau noda pada kepingan tanaman.


Adapun jenis brand fungisisda yang umum digunakan dan telah terbukti sanggup mengatasi penyakit ini yaitu Antracol 70WP, Daconil 70WP, dan Mazante 82 WP dimana ketinganya merupakan jenis fungisida kontak yang mempunyai kemampuan membasami jamur secara eksklusif dan cepat sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Merk lainnya yang juga sanggup digunakan antara lain Folicur 25WP, Score 250EC, dan Amistratop 325EC yang termasuk kedalam jenis fungisida sistemik yang mempunyai kemampuan membasmi dalam waktu yang rekatif usang namun ampuh dan efisien.


Agar mendapat hasil yang maksimal maka rekomendasi penggunaan yaitu dengan cara disemprotkan kepada flora secara bergilir baik kalau menggunakan fungisida sistemik atau kontak. Anda juga sanggup menggunakan fungisida gabungan keduanya namun pastikan banwa takaran yang digunakan merupakan takaran yang dianjurkan.


Nah, itulah tadi pembahsan singkat mengenai Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada flora budidaya – secara efektif dan efisien, semoga sanggup bemanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Budidaya"

Posting Komentar