Jenis-Jenis Pengangguran Dan Penyebabnya - Cuilan Ii

Baca kepingan I goresan pena ini: Jenis-Jenis Pengangguran dan Penyebabnya - Bagian I. Pengangguran dibagi menjadi dua jenis, yaitu menurut penyebab terjadinya dan usang waktu kerja. 

Jenis pengangguran menurut usang waktu kerja, bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

a. Pengangguran terbuka (open unemployment)

Pengangguran terbuka merupakan pengangguran dimana orang sama sekali tidak bekerja dan sedang berusaha mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka sanggup disebabkan lantaran tidak tersedianya lapangan kerja, ketidakcocokkan antara kesempatan kerja dengan latar belakang pendidikan dan tidak mau bekerja. 

Rumus untuk menghitung tingkat pengangguran terbuka di suatu negara yakni sebagai berikut:


b. Setengah menganggur (underemployment)

Pengangguran ini merupakan situasi dimana orang tersebut bekerja, tetapi tenaganya kurang termanfaatkan yang diukur dari jam kerja, produktivitas kerja, dan penghasilan yang diperoleh. Contoh pengangguran ini yakni pekerja lepas (freelance) dimana tidak ada kepastian mengerjakan pekerjaan pada waktu tertentu.

Rumus untuk menghitung tingkat masyarakat setengah menganggur yakni sebagai berikut:

c. Pengangguran terselubung (disguised unemployment)

Pengangguran ini terjadi lantaran tenaga kerja tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini disebabkan adanya ketidaksesuaian antara pekerjaan dengan kemampuan dan bakatnya. Dampaknya, akan kuat pada produktivitas kerja dan penghasilan yang rendah. 

Contoh: Lulusan keperawatan bekerja sebagai sekretaris di sebuah perusahaan, sehingga tidak bisa menjalankan fungsi dengan baik dan menghambat proses kerja. Pengangguran terselubung bisa juga terjadi lantaran terlalu banyak tenaga kerja yang dipakai dalam suatu divisi. 

Contohnya, sebuah perusahaan mempekerjakan 10 karyawan untuk menangani divisi marketing. Padahal, hanya dengan 8 orang pekerjaan marketing sanggup tertangani dengan baik. Artinya, 2 orang tersebut yakni pengangguran terselubung.  

Baca juga: Cara-cara Mengatasi Pengangguran


Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis-Jenis Pengangguran Dan Penyebabnya - Cuilan Ii"

Posting Komentar