Pengertian, Tumpuan Soal Dan Rumus - Rumus Berdiri Datar

Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar - Selamat pagi adik – adik semua, agar kalian semua tetap semangat untuk terus menatap masa depan yang cemerlang. Pada kesempatan kali ini, abang akan memperlihatkan sedikit bahan perihal Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar. Pasti adik – adik semua sudah pernah mempelajarinya bukan? Jika sudah, itu artinya kalian semua sudah sedikit paham.

 agar kalian semua tetap semangat untuk terus menatap masa depan yang cemerlang Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar
Google Image - Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar


Langsung saja kita masuk ke bahan inti kita pada pagi hari ini. Bangun Datar merupakan sebuah bangkit yang tidak mempunyai ruang atau tidak mempunyai volume. Bangun datar itu sendiri terdiri dari persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium, jajargenjang, lingkaran, belah ketupat, dan layang – layang.

Rumus – Rumus Bangun Datar


Pada table yang abang berikan dibawah ini terdapat semua jenis bangkit datar beserta klarifikasi rumusnya. Kalian hanya perlu mempelajarinya dan paham isinya. Saran abang jangan menghafal, pahami saja rumusnya dan banyak – banyak mengerjakan soal latihan.

 agar kalian semua tetap semangat untuk terus menatap masa depan yang cemerlang Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar
Google Image - Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar

Contoh Soal Bangun Datar dan Pembahasannya


1. Sebidang tanah milik pak harto berbentuk persegi panjang, dimana panjangnya 78m dan lebarnya 45m. berapakah luas dan keliling tanah pak harto?

Penyelesaian

Diketahui P = 78m
L = 45m

Ditanya a. Luas
b. Keliling

Jawab:

a. Luas Persegi panjang = P x L = 78 x 45 = 3510m2.
b. Keliling = (2 x P) + (2 x L) = (2 x 78) + (2 x 45) = (156) + (90) = 246m.

2. Luas tanah pak toni yang berbentuk persegi yaitu 900m2. Berapakah keliling tanah pak toni tersebut.

Penyelesaian

Diketahui L = 900m2

Ditanya Keliling?

Jawab:

L = S x S
= S2
900 = S2
S = √900
= 30m

Keliling Persegi = 4S
= 4(30)
= 120m


3. Sebuah taman yang bentuknya mirip bulat ingin dibangun ditengah kota. Jika jari – jari bulat taman tersebut sebesar 49m, maka luas taman yang berbentuk bulat tersebut adalah?

Penyelesaian

Diketahui r = 49m
Π = 3,14

Ditanya L = ?

Jawab:

L = πr2
L = 3,14 x 492
L = 3,14 x 2401
L = 7539,14m2.


Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar - Inilah yang sanggup abang sampaikan, jangan pernah lupa untuk mencar ilmu yaa. Karena dengan mencar ilmu kita bias mengerjakan soal – soal dengan baik dan benar. Jika kalian semua sudah paham dengan bahan yang telah abang sampaikan, gampang – mudahan kalian bias mengikuti bahan – bahan selanjutnya dengan baik. Terimakasih.


Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian, Tumpuan Soal Dan Rumus - Rumus Berdiri Datar"

Posting Komentar