4 Cara Menghitung Umur Di Excel Beserta Rumus Dan Contoh

Cara Menghitung Umur di Excel – Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih mudah. Hal ini tidak lain alasannya ialah kemajuan teknologi yang berfungsi memudahkan insan untuk mengerjakan tugasnya. Sebagai contoh, dalam dunia kerja mungkin Anda pernah diminta untuk menghitung usia seseorang.

Padahal dalam data yang Anda peroleh hanya terdapat tanggal lahirnya saja. Bukan duduk kasus bila hanya satu atau dua orang/siswa saja. Akan tetapi akan menyusahkan bila ada puluhan atau bahkan ratusan orang. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara menghitung umur di Excel.

Alasannya kita menggunakan cara menghitung kelompok umur di Excel alasannya ialah terbilang lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan tanggal lahir dan fungsi rumus Excel untuk menghitung umur. Maka secara otomatis akan muncul usia orang tersebut.

Sangat cocok untuk Anda yang ditugaskan merekap usia orang dalam jumlah banyak yang akan membutuhkan waktu usang bila diketik secara manual. Cara ini juga sanggup dimanfaatkan untuk menghitung usang kerja seseorang dalam sebuah perusahaan.

Akan tetapi tidak selamanya metode ini mudah. Sebab sanggup juga ditemui permasalahan menyerupai salah ketik sehingga tidak keluar hasil yang kita cari. Untuk itu Anda perlu mencermati penulisannya dan pastikan sama persis dengan ketentuan yang ada.

Sebab fungsi rumus Excel memang harus diketik sesuai dengan aturan. Anda tidak sanggup mengubah rumus sesuka hati alasannya ialah hal tersebut menciptakan rumus yang kita masukkan tidak tepat.

Berikut ini akan kami bahas lebih mendalam seputar rumus menghitung umur di Excel. Cocok untuk Anda yang mencari cara menghitung umur di Excel 2007. Rumus ini juga sanggup digunakan pada versi Microsoft Excel lain, entah Excel 2010, Excel 2013 dan seterusnya. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus Matematika Umum

Yang pertama kita bahas ialah menghitung umur dengan Excel menurut rumus matematika umum. Seperti yang diketahui, dalam satu tahun ada 365 hari. Maka rumus menghitung umur ialah dengan membagi selisih tanggal kini dan tanggal lahir dengan 365. Berikut ialah format rumus Excel-nya:

=(Tanggal Sekarang – Tanggal Lahir) / 365

Untuk memudahkan Anda sanggup menggunakan fungsi Today. Kaprikornus penulisannya menjadi menyerupai di bawah ini:

=(TODAY() – Tanggal Lahir) / 365

Pengetikan rumus menghitung umur di Excel tidak perlu dengan spasi. Berikut penerapannya dalam Microsoft Excel semoga Anda lebih memahaminya:

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Terlihat bahwa hasil pada kolom umur berupa angka desimal. Yang perlu kita lakukan ialah membulatkan angka tersebut. Gunakan fitur Decrease decimal yang sanggup Anda temukan di sajian Home – Number.

Cara lainnya ialah dengan menambahkan fungsi INT pada rumus Excel di atas. Jadinya menyerupai berikut:

=INT((TODAY() – Tanggal Lahir) / 365)

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Akan tetapi jadinya hanya berupa angka saja. Lalu bagaimana kalau kita ingin menambahkan kata tahun di belakang angka tersebut?

Jika ingin menambahkan kata, maka Anda perlu memasukkan fungsi rumus Excel “&” disertai dengan kata yang kita kehendaki. Maka rumusnya akan berkembang menjadi menyerupai berikut.

=INT((TODAY() – Tanggal Lahir)/365)&” Tahun”

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Ada kekurangan bila Anda memanfaatkan cara menghitung umur di Excel ini. Sebab tidak semua tahun memiliki 365. Tahun kabisat memiliki 366 hari. Maka dari itu kita gunakan rumus lain untuk menghitungnya.

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus YEARFRAC

Rumus menghitung umur di Excel berikutnya ialah dengan menggunakan fungsi rumus Excel “YEARFRAC”. Fungsi ini akan menghasilkan bilangan atau angka desimal yang mengatakan periode tahun dari selisih dua tanggal. Berikut ialah rumus yang kita pakai:

=YEARFRAC(Tanggal Lahir; Tanggal Sekarang;1)

Angka 1 di atas artinya bahwa perhitungan tahun didasarkan jumlah kasatmata pada setiap bulan di antara dua tanggal tersebut. Contoh penerapannya sanggup Anda simak pada gambar di bawah ini.

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Untuk pembulatan angka, Anda sanggup menggunakan fungsi rumus Excel “INT” atau “ROUNDDOWN”. Jika menggunakan fungsi “ROUNDDOWN” penulisannya menjadi menyerupai di bawah ini.

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Fungsi DATEDIF

Dua rumus di atas dimanfaatkan bila kita hanya mencari tahun kelahiran seseorang atau siswa. Akan tetapi bila ingin menghitung jumlah hari, bulan menurut tanggal lahir maka kita memanfaatkan fungsi “DATEDIF”.

Biasanya fungsi ini tidak sanggup Anda temui pada tab formula atau insert formula pada formula bar. Dengan kata lain Anda harus mengetiknya secara manual.

Untuk memanfaatkan rumus menghitung umur di Excel ini, penulisannya adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;satuan)

Keterangan:

  • Tanggal awal: tanggal yang mengatakan tanggal lahir seseorang.
  • Tanggal akhir: mengatakan tanggal berakhirnya periode atau tanggal ketika ini. Bisa diganti dengan fungsi “NOW()” atau “TODAY()”.
  • Satuan: instruksi warta yang ingin kita dapatkan.

Untuk satuan ada beberapa format yang sanggup kita pilih. Berikut ialah keterangan selengkapnya:

  • “Y” : Jumlah total tahun yang telah berlalu dalam periode.
  • “M” : Jumlah total bulan yang sudah berlalu dalam periode.
  • “D” : Jumlah dari total hari dalam periode.
  • “MD” : Selisih antara hari dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Bulan dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • “YM” : Selisih antara bulan dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Hari dan tahun dari tanggal diabaikan
  • “yd” : Selisih antara hari dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Tahun dari tanggal diabaikan.

Sebagai contoh, kalau Anda ingin memperoleh umur dengan satuan tahun, maka rumus yang diketik adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”Y”)

Lalu untuk menghitung bulannya sanggup menggunakan rumus:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”YM”)

Perlu dicatat, rumus di atas tidak akan menghitung jumlah bulan yang sudah genap 1 tahun atau 12 bulan dari tanggal lahir.

Jika Anda ingin menambahkan jumlah hari, maka rumus yang digunakan adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”MD”)

Contoh pengaplikasiannya sanggup Anda simak pada gambar di bawah ini.

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Atau cara lain menurut fungsi “DATEDIF” ialah sebagai berikut.

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Catatan

Bila dalam menggunakan rumus DATEDIF Anda menjumpai pesan “error #NAME” itu artinya Anda salah dalam menulis rumusnya. Pastikan Anda mengetikkannya dengan benar.

Untuk pola penulisan di atas menggunakan setting bahasa Indonesia. Maka dari itu penulisan tanpa pemisah ialah titik koma (;). Sedangkan bila PC menggunakan setting bahasa Inggris, maka pemisah argumennya ialah koma (,).

Cara Alternatif Menghitung Umur di Excel

Cara menghitung umur di Excel tidak hanya dengan menggunakan rumus-rumus di atas. Masih ada cara alternatif lain yang sanggup Anda pakai untuk menghitung usia seseorang. Caranya ialah dengan mengurangkan tanggal kini dengan tanggal lahir. Dari rumus tersebut, maka kita akan mendapat hasil sebuah tanggal yang merupakan usia dari orang tersebut dikurangi sebulan dari tahun 0.

Sebagai gambaran, seseorang lahir pada 18 Agustus 1986. Saat ini ialah tanggal 22 Maret 2016. Maka kalau keduanya dikurangkan akan menghasilkan hasil 4 Agustus 1929. Ini merupakan hasil dari usia orang tersebut yang bila dikonversi dan dibaca dari belakang menjadi 29 tahun, 7 bulan, 4 hari.

Rumus yang kita pakai untuk menghitung umur adalah:

=+TEXT(NOW()-B6,”yy “)&” Tahun, “&TEXT(NOW()-B6,”mm “)&” Bulan, “&TEXT(NOW()-B6,”dd “)&” Hari “

 Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh Di zaman modern menyerupai kini segala sesuatunya sanggup dikerjakan dengan lebih gampang 4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Itulah tutorial atau cara menghitung umur di Excel. Dengan memanfaatkan Microsoft Excel, menghitung usia menjadi jauh lebih mudah. Karena hasil perhitungan akan keluar secara otomatis.

Selain untuk menghitung umur, rumus Excel di atas juga sanggup Anda manfaatkan untuk menghitung masa kerja seseorang. Tentu saja rumus menghitung umur di Excel ini sangat berguna. Terutama bila Anda bekerja di bidang manajemen yang mengharuskan Anda merekap usia seseorang.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen di Excel

Memasukkan rumus dalam Microsoft Excel tidak selamanya berjalan dengan mulus. Terkadang ada pesan error atau hasil yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan penulisan rumus dalam Excel.

Maka dari itu pastikan penulisan rumus diketik dengan benar. Anda juga sanggup memanfaatkan tab formula atau insert formula pada formula kafetaria untuk memudahkan pemasukan rumus. Jika masih ditemui masalah, Anda sanggup mencari solusi dengan mencarinya di internet.

Semoga fungsi rumus Excel di atas bermanfaat untuk Anda. Sekian artikel cara menghitung umur di Excel dari kami.

Souce Img : www.kelaseccel.web.id


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "4 Cara Menghitung Umur Di Excel Beserta Rumus Dan Contoh"

Posting Komentar