Manfaat Penelitian Dan Tujuan Penelitian

Manfaat penelitian dan tujuan penelitian dalam karya ilmiah menyerupai makalah, skripsi dan tesis harus ditulis secara terang semenjak usulan dibuat. Postingan ini akan memaparkan klarifikasi wacana apa itu manfaat penelitian dan tujuan penelitian, bagaimana menarasikannya, dan menyerupai apa contohnya.


Saya akan berikan klarifikasi beserta contohnya biar pembaca gampang memahami dan bisa menuliskan manfaat serta tujuan penelitiannya sendiri. Perlu diingat dulu bahwa manfaat dan tujuan penelitian yang dipaparkan di sini fokus pada bidang sosial.







Dalam riset sosial, tujuan dan manfaat penelitian bisa digabung menjadi satu, bisa pula ditulis terpisah. Tidak ada ketentuan yang baku untuk hal ini. Poin pentingnya yaitu semenjak dalam proposal, tujuan dan manfaat penelitian harus tersampaikan secara terang kepada pembaca. Di sini kita buat tujuan dan manfaat penelitian secara terpisah untuk pemahaman saja.


Pada umumnya tujuan dan manfaat penelitian ditulis pada bab awal usulan atau karya tulis. Umumnya terletak sehabis bab rumusan masalah. Tujuan penelitian ditulis terlebih dahulu gres dilanjutkan ke manfaat penelitian.


Baca juga: Metode Penelitian Sosial






Apa yang dimaksud tujuan penelitian?


Tujuan penelitian yaitu klarifikasi yang rigid wacana mengapa penelitian dengan topik yang kau pilih dilakukan. Pada prinsipnya, tujuan penelitian yaitu untuk menjawab rumusan masalah. Jadi, kau tinggal menarasikan kembali rumusan persoalan yang sebelumnya ditulis dalam kalimat tanya menjadi kalimat aktif atau pasif.


Apa perbedaannya dengan manfaat penelitian?


Hampir sama. Sekali lagi, peneliti bisa menuliskan manfaat penelitian di bab tujuan penelitian alasannya yaitu keduanya terkait erat. Manfaat penelitian yaitu laba atau potensi yang bisa diperoleh oleh pihak-pihak tertentu sehabis penelitian kau selesai. Pada umumnya, manfaat penelitian dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis atau akademis dan manfaat praktis.






Contoh tujuan penelitian dan manfaat penelitian


Contoh tujuan penelitian


Berikut ini sebuah pola tujuan penelitian yang diambil dari karya ilmiah berjudul ”Batik dan Internet: Respons Pengusaha Batik terhadap Perkembangan Internet Marketing di Pekalongan”. Penelitian yang dijadikan pola di sini membahas wacana bagaimana unit perjuangan perbatikan di Pekalongan yang sudah eksis semenjak tiga generasi merespons fenomena perkembangan internet sebagai sarana pemasaran produk.


Tujuan penelitian:



» Mengetahui respons pengusaha batik Pekalongan terhadap fenomena internet marketing.


» Mengetahui imbas perkembangan internet marketing terhadap unit perjuangan perbatikan di Pekalongan.


» Mengetahui bentuk keterlekatan sosial dalam perkembangan pola pemasaran perbatikan di Pekalongan.



Dari ketiga tujuan penelitian diatas, kita bisa secara gampang mengetahui topik riset tersebut dan rumusan masalahnya. Sebagaimana telah disinggung di atas, tujuan penelitian bisa diturunkan dari rumusan persoalan yang berbentuk kalimat tanya. Kita bisa  menduga, misalnya, bahwa rumusan persoalan pertama riset tersebut yaitu ”Bagaimana respons pengusaha batik Pekalongan terhadap perkembangan internet marketing?”


Contoh manfaat penelitian


Kita masih gunakan pola topik yang sama untuk merumuskan manfaat penelitian. Di atas, sudah saya paparkan bahwa ada dua manfaat penelitian sosial. Kedua manfaat ini harus ditulis kalau memang penelitian kau diperlukan memperlihatkan manfaat keduanya. Jika, contohnya hanya manfaat teoritis atau akademis yang ada, maka tidak perlu dicantumkan. Bukan berarti kalau penelitian sosial tidak mempunyai manfaat mudah maka bukan penelitian yang baik. Tidak demikian, semua tergantung pada rumusan persoalan yang kau buat.


Baca juga Contoh Rumusan Masalah






Manfaat penelitian:



» Secara akademis, penelitian ini diperlukan memberi kontrubusi ilmiah pada kajian wacana acara bisnis masyarakat pembatik di Pekalongan. Kajian wacana perbatikan di Pekalongan memang sudah cukup beragam. Namun gres sedikit riset yang secara spesifik fokus pada perjuangan pembiasaan pembatik yang boleh dibilang eksis cukup usang terhadap perkembangan internet marketing. Oleh alasannya yaitu itu, riset ini diperlukan bisa menyediakan rujukan gres tetang relasi antara bisnis perbatikan dan internet sebagai fenomena kontemporer.


» Secara praktis, penelitian ini diperlukan memberi manfaat melalui analisis yang dipaparkan pada pihak-pihak yang bergelut dalam perbatikan, tidak hanya pembatik dan pembuat kebijakan, namun juga masyarakat sebagai konsumen pada umumnya. Batik telah menjadi ikon kota Pekalongan sehingga dikenal ditingkat nasional, bahkan internasional. Melalui kajian ini diperlukan Pengusaha batik, pembuat kebijakan dan masyarakat pada umumnya mempunyai materi bacaan dan diskusi yang bisa menambah wawasan wacana pengembangan dunia perbatikan di Pekalongan.



Dari narasi dua paragraf di atas, kita bisa lihat ada dua manfaat yang dipaparkan; secara akademis dan praktis. Pada manfaat akademis diselipkan pernyataan oleh peneliti bahwa kajian wacana perbatikan di Pekalongan sudah cukup banyak. Faktanya memang demikian. Namun topik penelitian yang akan dilakukan belum banyak. Hal ini menjadi poin penting untuk menarik pembaca bahwa penelitan tersebut memang penting untuk dilakukan. Penelitian tersebut sanggup berkontribusi sebagai rujukan dalam studi wacana yang berafiliasi dengan perbatikan dan internet.


Manfaat penelitian dan tujuan penelitian dalam karya ilmiah menyerupai makalah Manfaat Penelitian dan Tujuan Penelitian


Paragraf kedua merupakan upaya peneliti untuk menjelaskan manfaat penelitian yang dilakukan bagi pihak-pihak yang terkait. Secara eksplisit disampaikan bahwa pengusaha batik, pembuat kebijakan dan masyarakat umum akan diuntungkan dengan bertambahnya materi bacaan wacana perbatikan. Ketiga pihak tersebut bisa memanfaatkan sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Misal, pengusaha batik menjadi tahu menyerupai apa para pengusaha merespon fenomena internet marketing. Pembuat kebijakan bisa merujuk saat memikirkan apakah perlu regulasi wacana pengingkatan pengetahuan digital bagi para pengusaha biar batik pekalongan tetap mengglobal, misalnya. Masyarakat paham bahwa pengusaha batik Pekalongan ternyata belum sepenuhnya memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya, contohnya.


Selamat merumuskan tujuan dan manfaat penelitian kau sendiri. Jangan lupa sertakan sumber untuk menghindari plagiarisme.


Baca juga artikel lainnya wacana metode penelitian disini.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Penelitian Dan Tujuan Penelitian"

Posting Komentar