√ Pengertian Dan Jenis Jenis Tindakan Sosial




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Setiap hari kau melaksanakan tindakan dengan maksud dan tujuan tertentu. Tindakan itu umumnya berkaitan dengan orang lain, mengingat kodratmu sebagai makhluk sosial.



1. Pengertian Tindakan Sosial

Kita sebagai makhluk hidup senantiasa melaksanakan tindakantindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tindakan merupakan suatu perbuatan, perilaku, atau agresi yang dilakukan oleh insan sepanjang hidupnya guna mencapai tujuan tertentu. Misalnya kau les bahasa Inggris dengan tujuan biar kau terampil dan jago dalam berbahasa Inggris.


Tidak semua tindakan insan sanggup dianggap sebagai tindakan sosial. Lalu tindakan yang bagaimanakah yang disebut dengan tindakan sosial? Perhatikan dongeng berikut ini. “Suatu sore, Bintang duduk-duduk diteras depan sambil mendengarkan musik. Tiba-tiba ada seorang gadis manis berambut panjang lewat di depan rumahnya. Dengan maksud untuk menarik hati gadis itu, Bintang kemudian bersiul”.

Dari dongeng di atas, tindakan ‘bersiul’ yang dilakukan Bintang merupakan bentuk tindakan sosial. Mengapa? Bintang ‘bersiul’ alasannya yaitu ingin menarik hati gadis manis berambut panjang yang lewat di depan rumahnya. Dari situ, dapatkah kau memperlihatkan definisi mengenai tindakan sosial? Tindakan social yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan berorientasi pada atau dipengaruhi oleh orang lain.



2. Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Menurut Max Weber, tindakan sosial sanggup digolongkan menjadi empat kelompok (tipe), yaitu tindakan rasional instrumental, tindakan rasional berorientasi nilai, tindakan tradisional, dan tindakan afeksi.

a. Tindakan Rasional Instrumental

Tindakan ini dilakukan seseorang dengan memperhitungkan kesesuaian antara cara yang dipakai dengan tujuan yang akan dicapai. Misalnya guna menunjang kegiatan belajarnya dan biar sanggup memperoleh nilai yang baik, Fauzi tetapkan untuk membeli buku-buku pelajaran sekolah daripada komik.

b. Tindakan Rasional Berorientasi Nilai

Tindakan ini bersifat rasional dan memperhitungkan manfaatnya, tetapi tujuan yang hendak dicapai tidak terlalu dipentingkan oleh si pelaku. Pelaku hanya beranggapan bahwa yang paling penting tindakan itu termasuk dalam kriteria baik dan benar berdasarkan ukuran dan evaluasi masyarakat di sekitarnya. Misalnya menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

c. Tindakan Tradisional

Tindakan ini merupakan tindakan yang tidak rasional. Seseorang melaksanakan tindakan hanya alasannya yaitu kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat tanpa menyadari alasannya atau menciptakan perencanaan terlebih dahulu mengenai tujuan dan cara yang akan digunakan. Misalnya aneka macam upacara adab yang terdapat di masyarakat.

d. Tindakan Afektif

Tindakan ini sebagian besar dikuasai oleh perasaan atau emosi tanpa pertimbangan-pertimbangan logika budi. Seringkali tindakan ini dilakukan tanpa perencanaan matang dan tanpa kesadaran penuh. Makara sanggup dikatakan sebagai reaksi impulsif atas suatu peristiwa. Contohnya tindakan meloncat-loncat alasannya yaitu kegirangan, menangis alasannya yaitu orang tuanya meninggal dunia, dan sebagainya.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Jenis Jenis Tindakan Sosial"

Posting Komentar