Cara Menanam Cabai Merah Di Polybag

Siapa tak kenal cabe? Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia. Selain untuk bumbu dapur cabai bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat untuk kesehatan yang diperoleh dari cabai merah yaitu untuk melegakan pernafasan, melawan radang, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan sanggup melawan kanker. Manfaat lain tentu saja berkaitan dengan finansial. Hal ini berarti anda melaksanakan teknik budidaya cabai merah untuk dijual dipasaran. Karena cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang harganya sangat fluktuatif dan kebutuhan akan cabai merah terus meningkat. Dari banyak manfaat itulah orang mulai mencari cara budidaya cabai merah. Menanam cabai yang baik dan benar sanggup pribadi pada lahan atau juga dengan media polybag. Cara budidaya cabai merah dengan polybag lebih mudah dan tentunya menghasilkan. Ingin tau bagaimana cara penanaman beserta perawatannya? Simak saja langkah-langkahnya berikut ini.


 Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag
Cabe merah yang ditanam dalam media polybag tetap menghasilkan buah cabai yang melimpah. Sama menyerupai penanamannya di lahan tanah secara langsung.

Persiapan Budidaya Cabe Merah Polybag


Apabila anda ingin melaksanakan budidaya cabai merah dengan polybag, yang pertama kali dilakukan yakni mengenai apa saja yang diperlukan. Ada beberapa barang yang perlu anda persiapkan sebelum mengetahui cara menanam cabai merah.



  1. Sediakan polybag berukuran 4 inci dan 18 inci. Untuk ukuran lebih kecil dipakai dikala persemaian. Dan polybag 18 inci untuk memindahkan tumbuhan cabai bila sudah tumbuh besar.

  2. Media tanam sebagai penyedia nutrisi yang membantu pertumbuhan cabai merah.

  3. Bibit atau benih cabai merah terbaik.

  4. Nutrisi tumbuhan yang larut dalam air.

  5. Pupuk organik untuk menyuburkan bibit.


Pemilihan Bibit Cabe Merah


Banyak macam varietas cabai merah, mulai dari varietas lokal hingga kualitas hibrida. Cara menanam cabai bibit unggul memang tidak berbeda dengan cabai lokal. Hanya saja terkadang cabai bibit unggul harus dirawat dengan produk obat tertentu. Cabe lokal lebih adaptif dengan kondisi lingkungan dibanding cabai hibrida. Hanya saja hasil panen memang tidak setinggi hibrida. Saat ini sudah ada varietas lokal hasil seleksi dengan tingkat produktivitas lebih tinggi dari varietas lokal biasa. Benihnya dijual dalam kemasan kaleng.


Penyemaian Benih


Benih cabai pilihan selanjutnya masuk dalam tahap penyemaian. Proses ini mempunyai kegunaan untuk menyeleksi pertumbuhan benih, memisahkan benih yang tumbuhnya kerdil, cacat atau berpenyakit. Selain itu juga untuk menunggu kesiapan bibit hingga cukup tahan ditanam di tempat lebih besar. Tempat persemaian sanggup memakai polybag ukuran kecil, daun pisang, baki, atau petakan tanah. Cara paling gampang dengan memakai petakan tanah. Berikut tahap persemaian dengan petakan tanah.



  • Campur tanah dengan kompos hingga rata. Buat butiran tanah sehalus mungkin.

  • Buat ketebalan petakan 5-10 cm dan diatasnya dibentuk larikan dengan jarak 10 cm.

  • Masukkan benih cabai dalam larikan dengan jarak 7,5 cm.

  • Siram tanah dan tutup benih dengan bubuk atau tanah.

  • Tutup dengan karung goni lembap selama 3-4 hari.

  • Buka karung goni dikala bibit mulai muncul dari permukaan tanah.

  • Sebaiknya petakan ditudungi dengan plastik transparan untuk melindungi bibit cabai dari hujan dan sinar matahari berlebih.

  • Tanaman cabai siap dipindah ke polybag sesudah berumur 3-4 ahad atau mempunyai 3-4 helai daun.


 Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag
Bibit cabai merah yang siap dipindahkan pada polybag yang beukuran lebih besar. Proses pemindahan ini dilakukan semoga akar tumbuhan sanggup lebih gampang berkembang disamping pertumbuhan tumbuhan juga yang turut tumbuh membesar.

Campuran Media Tanam


Cara menanam cabai merah dengan polybag sanggup memakai media tanam dari adonan tanah, kompos, pupuk kandang, arang sekam, dan sekam padi. Ada beberapa teladan komposisi media tanam diantaranya:



  • Campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1

  • Campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan komposisi 1:1:1

  • Campuran tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:


Media tanam dibentuk sehalus mungkin dan masukkan dalam polybag. Campurkan 3 sendok NPK dalam setiap polybag, aduk rata. Lapisi bab dalam polybag dengan potongan genteng atau sabut kelapa semoga air tidak menggenangi tempat perakaran.


 Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag
Memasukkan adonan media tanam dalam polybag.

Penanaman Bibit Ke Media Tanam


 Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag


Setelah bibit tumbuhan dan media tanam siap, maka selanjutnya yakni memindahkan bibit dari tempat persemaian kedalam polybag. Buat lubang tanam sedalam 5-7 cm. Jika persemaian dilakukan dalam polybag maka lepas polybag dan masukkan semua tanah dalam media tanam. Apabila persemaian dilakukan di atas petak tanah, maka pindahkan bersama tanah yang melekat pada akar. Berhati-hatilah dikala memindahkan semoga tidak terjadi kerusakan pada akar. Lakukan pemindahan pagi atau sore hari dikala tidak terlalu terik.


Pemeliharaan Dan Perawatan


Memang hal paling penting dalam budidaya cabai merah dalam polybag yakni mengenai kedisiplinan anda dalam merawat tanaman. Apapun jenis cabai yang ditanam, anda perlu benar-benar paham bagaimana melaksanakan proses pemeliharaan yang benar. Lakukan tips berikut dalam merawat tumbuhan cabai merah.



  • Penyiraman

    Tanaman cabai butuh penyiraman setidaknya 3 hari sekali. Jika matahari bersinar terik, siramlah tumbuhan setiap hari.

  • Pemupukan

    Berikan pupuk komplemen dengan takaran satu sendok makan NPK per polybag setiap bulan. Atau kalau ingin menanam secara organik, sebagai gantinya semprotkan pupuk organik cair pada masa pertumbuhan. Bisa pula anda tambahkan satu kepal pupuk sangkar atau kompos dikala tumbuhan berbuah.

  • Pengajiran

    Pemberian ajir mempunyai kegunaan untuk menopang tumbuhan cabai semoga tidak roboh. Berikan ajir bambu sesudah tumbuhan tumbuh sekitar 20 cm.

  • Perompesan

    Perompesan disini yakni proses penghilangan tunas gres yang tumbuh pada ketiak daun. Perompesan dimulai pada hari ke-20 sesudah tanam. Lakukan perompesan minimal 3 kali hingga terbentuk cabang. Tujuannya semoga tumbuhan tidak tumbuh kesamping ketika batang belum terlalu berpengaruh menopang.

  • Pemberantasan Hama Dan Penyakit

    Semprotkan pestisida dikala tumbuhan terlihat terjangkit hama putih. Bila terlihat bakal ulat basmi dengan insektisida. Dan kalau mulai terlihat jamur gunakan fungisida.


Pemanenan


 Bumbu dapur bercita rasa pedas ini sudah sangat bersahabat di pengecap orang Indonesia Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag


Umur cabai layak panen bervariasi tergantung varietas dan lingkungan tanam. Masa panen terbaik yakni dikala buah belum sepenuhnya berwarna merah. Kondisi buah ini sudah masuk bobot optimal dan buah cabai sanggup dijual 2-3 hari kedepan. Karena cabai masih sanggup mengalami proses pematangan hingga membusuk meskipun telah dipetik. Waktu panen sebaiknya dilakukan pagi hari sesudah embun kering. Hindari panen pada waktu siang dan malam hari. Bila ingin menciptakan cabai merah tahan lama, anda perlu menyimpan cabai merah ke dalam lemari es. Tutorial cara menanam cabai merah ini cocok untuk pertanian skala kecil. Selamat bercocok tanam.


Anda sanggup klik disini untuk melihat aneka bibit cabai yang kami jual.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Cabai Merah Di Polybag"

Posting Komentar