Cara Merawat Bunga Gladiol Biar Cepat Berbunga

Bunga gladiol merupakan salah satu tumbuhan hias Cara Merawat Bunga Gladiol biar cepat Berbunga
Bunga gladiol merupakan salah satu jenis tumbuhan hias. Kata “gladius” berasal dari bahasa latin yang berarti pedang kecil.

Tanaman gladiol (gladiol communis) atau biasa disebut “glads” merupakan tumbuhan semusim berbentuk herba. Memiliki warna yang menarik dan kesegarannya sanggup bertahan sekitar 5-10 hari. Tanaman ini biasanya dibudidayakan sebagai rangkaian bunga dalam ruangan. Petani gladiol sering memotong batangnya sesaat sesudah kelopak bunganya muncul sehingga karangan bunga sanggup bertahan selama mungkin. Kelopak bunga yang tertutup akan membuka secara otomatis pada tumbuhan hidup, namun tidak demikian pada kelopak yang telah dipotong. Pemotongan yang sempurna dan perlakuan yang baik dari pengawet bunga dengan konsentrasi gula yang tinggi sanggup memaksa bunga gladiol untuk terbuka sepenuhnya dan tetap nampak sehat pada penataan kontainer.


Cara Merawat Bunga Gladiol biar Cepat Berbunga


Agar bunga gladiol Anda cepat berbunga maka simaklah langkah berikut:


Alat dan materi yang dibutuhkan:



  • Bunga gladiol

  • Pisau yang tajam

  • Wadah

  • 2 vas bunga

  • Larutan pengawet bunga yang mengandung gula dan materi pembasmi basil (optional)

  • Sendok teh (optional)

  • Pemutih (optional)

  • Gula (optional)

  • Cuka (optional)


Langkah-langkah:



  1. Pilihlah batang gladiol yang memilki beberapa bunga yang sudah terbuka atau kelopak yang telah mengalami perubahan warna di bab bawah batang. Potonglah batang di waktu pagi atau sore hari dengan pisau yang tajam. Potonglah dengan arah diagonal untuk menghindari daun ikut terbuang.

  2. Tempatkan masing-masing batang yang telah dipotong pada wadah yang telah berisi air hangat biar tumbuhan tidak layu. Letakkan wadah di daerah yang gelap, sejuk dan di dalam ruangan selama dua jam.
    Bunga gladiol merupakan salah satu tumbuhan hias Cara Merawat Bunga Gladiol biar cepat Berbunga
    Ilustrasi batang bunga yang diletakkan dlam vas.

  3. Isilah vas yang telah disediakan sebelumnya dengan air hangat dan tambahkan larutan pengawet yang berisi gula dan materi pembasmi kuman. Larutan pengawet tersedia secara komersial tapi sanggup juga dibentuk sendiri. Larutkan materi pengawet yang terdiri dari 1% gula untuk 1 liter air, dilengkapi dengan 1 sendok pemutih, 2 sendok teh gula dan satu sendok teh cuka.

  4. Tempatkan bunga dalam vas. Ketika bunga yang diinginkan telah membuka, pindahkan bunga pada vas yang memilki kandungan gula lebih tinggi, adalah 10-20%. Atau dengan larutan buatan sendiri, bila dikehendaki tambahkan kadar gula pada larutan sebelumnya. Simpanlah bunga dalam larutan ini selama 16 jam sebelum mengembalikannya ke vas yang asli.

  5. Letakkan tumbuhan dalam ruangan yang hangat untuk mempercepat proses pemekaran.


Bunga gladiol merupakan salah satu tumbuhan hias Cara Merawat Bunga Gladiol biar cepat Berbunga
Bunga gladiol sekarang telah bermekaran sesudah diberi perlakuan sesuai langkah-langkah di atas.

Catatan:


Jangan memotong semua daun gladiol bila Anda sudah memotong banyak batangnya. Biarkan setidaknya 4 daun tersisa sehingga tumbuhan tidak mati.


Itulah isu mengenai cara merawat bunga gladiol biar cepat berbunga. Jika Anda tertarik, kami pun menyediakan umbi gladiol disini, untuk ditanam di rumah. Semoga isu ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Bunga Gladiol Biar Cepat Berbunga"

Posting Komentar