Belajar Statistik: Uji Anova Dan Pola Kasus Anova

Analisis of Variance atau ANOVA merupakan salah satu teknik analisis multivariate yang berfungsi untuk membedakan rerata lebih dari dua kelompok data dengan cara membandingkan variansinya. Analisis varian termasuk dalam kategori statistik parametric.
Pada dasarnya, metoda statistik Anova sanggup dipakai untuk:
Ø  Menguji apakah rata-rata lebih dari dua sampel berbeda secara signifikan atau tidak. Anova berbeda dengan uji yang hanya menguji dua sampel saja. Pada uji Anova, tidak terdapat batasan maksimal terhadap jumlah sampel yang sanggup diuji. Walaupun tidak ada batasan yang pasti, namun dalam praktik, pengujian umumnya dilakukan atas tiga hingga lima sampel saja.
Ø  Menguji apakah dua buah sampel mempunyai varians populasi yang sama atau tidak.
Ø  Menganalisis data yang berasal dari aneka macam macam jenis dan desain penelitian. Analisis varian banyak dipergunakan pada penelitian-penelitian yang banyak melibatkan pengujian komparatif yaitu menguji variabel terikat dengan cara membandingkannya pada kelompok-kelompok sampel independen yang diamati.
Uji Anova mempunyai beberapa perkiraan yang harus dipenuhi, yaitu:
1)    Populasi-populasi yang akan diuji berdistribusi normal
Jika seorang peneliti ingin menguji apakah tingkat penggunaan kemudahan internet di tempat A, B, dan C sama atau tidak, maka seharusnya distribusi penggunaan internet di ketiga tempat tersebut semuanya yaitu normal.
2)    Varians dari populasi-populasi tersebut yaitu sama
Terkait dengan referensi tersebut, walaupun data berdistribusi normal, namun tentu tidak semua orang di tempat A memakai tingkat kemudahan internet yang sama untuk waktu tertentu, demikian pula dengan semua orang di tempat B dan C. Pasti terdapat variasi dalam penggunaan kemudahan internet, namun variasi di ketiga tempat tersebut seharusnya tidak berbeda secara nyata.
3)    Sampel tidak berafiliasi antara satu dengan yang lain
Terkait dengan referensi sebelumnya, dari ketiga tempat tersebut tentunya diambil dari sejumlah sampel yang berbeda. Jadi, mustahil Budi yang menjadi sampel dari tempat A juga terpilih menjadi sampel di tempat B atau C. Jika diambil masing-masing 15 orang  untuk setiap daerah, maka ke 45 orang tersebut tentu dihentikan ada yang sama. 
Anova dibagi menjadi 2, yaitu one way anova dan two way anova. Apa perbedaan keduanya? Anda sanggup lihat perbedaan melalui referensi soalnya disini: One Way Anova dan Two Way Anova.

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Belajar Statistik: Uji Anova Dan Pola Kasus Anova"

Posting Komentar