Contoh Soal Two Way Anova + Analisis - Bab I

Anova dua jalur atau Two Ways Anova mempunyai perbedaan dibanding anova satu jalur (one way anova). Perbedaannya yakni pada jumlah variabel independen. Pada anova satu jalur hanya ada satu variabel independen, sementara pada anova dua jalur ada dua atau lebih factor (grups) dan terdapat satu variabel dependen.

Kasus Two Way Anova
Seorang peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan honor dilihat dari kategori pekerjaan dan gender. Jumlah sampel diambil sebanyak 45 orang yang berasal dari gender perempuan dan pria. Contoh data penelitian sanggup anda unduh disini: Contoh Soal Two Way Anova. Untuk sanggup d0wnl0ad file nya dalam bentuk excel, anda tinggal klik sajian "unduh" di bab bawah.  

Setelah anda mendapat pola soal two way anova dalam bentuk excel, langkah selanjutnya silahkan buka SPSS anda. Lakukan langkah2 pengujian SPSS yakni sebagai berikut:

1. Buka sajian Variable View pada SPSS (ada di bab kiri bawah)


Pengisian: Isikan Gender, Masa dan Gaji pada kolom Name 


Klik tabel Values untuk Gender isikan:

- 1: Pria
- 2: Wanita, ibarat pada gambar dibawah ini:


Klik tabel Values untuk Masa dan isikan:

- 1: <5 tahun
- 2: <10 tahun
- 3: > 10 tahun, ibarat pada tabel dibawah ini:  


2. Kemudian sesudah itu masuk ke Data View (bagian kiri bawah sebelah Variavle View), dan isikan data persis ibarat yang ada dibawah ini: 


3. Pilih sajian Analyze --> General Linear Model --> Univariate.

Pengisian:

- Dependent variable. Pilih gaji
- Fixed Factor(s). Pilig Gender dan Masa

4. Pilih Options. Isikan Descriptives Statistics dan Homogeneity Test


5. Klik Post Hoc. Pengisian:
  • Pada kotak Post Hoc Test for isikan Masa. Gender tidak perlu dimasukkan alasannya yakni hanya terdiri dari dua kelompok. Banyak sedikitnya kelompok pada Factor (grup) nantinya akan kuat pada output Post Hoc. Output Post Hoc tidak akan menampilkan kategori variabel independen yang kurang dari 3 (contohnya yakni gender yang hanya terdiri dari laki-laki dan wanita). Oleh alasannya yakni itu, variabel Gender tidak perlu dimasukkan.
  • Centang Bonferroni dan Tukey
  • Klik Continue


Setelah itu klik OK. Lalu akan muncul output untuk two ways anova. Output two ways anova, interpretasi dan analisisnya sanggup anda baca di bab II: Contoh Soal Two Way Anova + Analisis - Bagian II.

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Soal Two Way Anova + Analisis - Bab I"

Posting Komentar