Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia

Setelah kita membahas persebaran tanaman dan fauna di dunia, kali ini kita akan membahas persebaran tanaman dan fauna di Indonesia. Indonesia mempunyai jenis tanaman dan fauna yang beraneka ragam. Hal ini alasannya yaitu indonesia terletak di daerah tropis sehingga indonesia merupakan negara yang kaya akan jenis tanaman dan fauna.


Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia


Ada 3 jenis tanaman dan fauna di Indonesia, yaitu Asiatis, Australis, dan peralihan.


 persebaran tanaman dan fauna di Indonesia Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia


1. Flora dan Fauna Asiatis


Flora dan fauna Asiatis disebut juga tanaman dan fauna Leurasia. Jenis ini berada di paparan sunda, yang terdiri dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.


Garis Wallace merupakan garis pembatas tanaman dan fauna asiatis. Garis ini membentang melalui selat Lombok dan Sekat Makasar. Jenis tanaman Asiatis yaitu rotan, kayu jati, beringin, pakis-pakisan, akasia, pohon durian, cemara, kayu ulin,dan lain sebagainya.


Jenis fauna Asiatis antara lain harimau Sumatera, macan tutul, banteng, gajah sumatera, rino bercula dua, rino jawa, beruang madu, orang utan, babi hutan, biawak, bekantan, dan lain sebagainya.


2. Flora dan Fauna Australis


Flora dan fauna Australis disebut juga tanaman dan fauna Gondwana ( nama benua purba di Australia). Flora dan Fauna ini berada di paparan sahul yang mencakup Pulau Papua dan pulau-pulau di Dangkalan Sahul. Pada zaman geologi, Paparan Sahul bergabung dengan Benua Australia.Oleh alasannya yaitu itu, tanaman dan fauna Australis mempunyai kesamaan dengan tanaman fauna di yang hidup di benua Australia.


Flora dan fauna Australis dibatasi oleh Garis Weber yang memanjang melalui Laut Timor, Laut Seram, dan Laut Halmahera. Jenis tanaman Australis, antara lain Araucaria dan Nothofagus. Jenis fauna Australis, antara lain buaya air tawar, ikan duyung, katak pohon, landak semut, kuskus, kanguru, kanguru pohon, burung kasuari dan lain-lain.


3. Flora dan Fauna Peralihan


Jenis tanaman dan fauna ini disebut zone wallace. Jenis tanaman dan fauna ini terletak pada garis wallace dan garis weber, mencakup daerah Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku. Sebagian dari jenis tanaman fauna ini menyerupai dengan jenis tanaman fauna Asiatis, dan sebagian lagi menyerupai dengan tanaman fauna jenis Australis.


Jenis tanaman peralihan antara lain kayu hitam, kayu cendana, kayu putih, kayu kemiri, anggrek hitam, anggrek macam tutul, dan anggrek putih. Jenis fauna peralihan yang menyerupai dengan fauna Asiatis yaitu monyet dan tapir. Sedangkan fauna yang menyerupai dengan fauna jenis Australis yaitu kuskus dan kakaktua. Selain itu, ada juga jenis fauna endemis di daerah ini yaitu anoa, babi rusa, burung maleo, dan komodo.


Indonesia bersama dengan Malaysia, Brunei, Filipina, dan Papua Nugini membentuk tempat tetumbuhan yang disebut Malesia. Tetumbuhan tempat ini berbeda tajam dari daerah sekitarnya oleh daerah sempit dengan perubahan tanaman secara luar biasa dan banyak marga tanaman mencapai batas persebaran.


Tipe vegetasi dikendalikan oleh keadaan tanah, iklim, dan ketinggian tempat. Oleh alasannya yaitu itu, tipe vegetasi di indonesia berbeda-beda. Hutan hujan dataran rendah, dengan animo tidak berbeda dan curah hujan tinggi, merupakan hutan di bawah ketinggian 1.500 m. Lebih banyak jenis tanaman diwakili di sini daripada tipe vegetasi lainnya. Daerah terbesar yaitu Kalimantan dan Papua.


Hutan hujan pegunungan terjadi di atas 1.500 meter. Hutan di tempat itu lembap sepanjang tahun. Hutan menyerupai itu relatif sedikit jenisnya. Hutan hujan pegunungan yang luas terdapat di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera dan juga di Papua dengan puncak tertinggi mencapai di atas batas teratas hutan.


Cukup sekian klarifikasi mengenai persebaran tanaman dan fauna di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia kita harus gembira alasannya yaitu Indonesia mempunyai bermacam-macam kekayaan tanaman dan fauna.


Silahkan like dan share, biar bermanfaat.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia"

Posting Komentar