Cara Merawat Pohon Singkong Supaya Subur

Singkong atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon merupakan tumbuhan yang berasal dari Cara Merawat Pohon Singkong Agar SuburSingkong atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Euphorbiaceae.


Biasanya, tumbuhan ini dimanfaatkan bab umbi dan daunnya. Daun singkong banyak digemari untuk dikonsumsi sebagai lauk atau sayuran. Kandungan gizinya yang tinggi menciptakan daun singkong menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Ada pula tumbuhan ketela madu, sehingga Anda dapat ikuti cara budidaya ketela madu.


Pohon yang mempunyai nama ilmiah Manihot utilissima ini umbinya banyak dimanfaatkan sebagai makanan sumber karbohidrat. Meskipun tinggi kandungan karbohidrat, bab umbinya mempunyai kandungan protein yang rendah. Namun, kandungan protein yang tinggi justru dapat ditemukan di daun singkong. Hal ini alasannya daun singkong mengandung asam amino metionina.


Umbi singkong dapat direbus sebelum dikonsumsi, namun dapat juga dikonsumsi dikala matah. Umbinya mengandung sedikit glukosa sehingga terasa agak anggun dikala dimakan. Singkong juga dapat dikonsumsi dalam bentuk lain menyerupai dibentuk menjadi tape singkong, kolak singkong, dan lain-lain. Singkong berbeda dengan ubi jalar. Untuk ubi jalar, dapat ikuti cara menanam ubi jalar.


Rupanya, menanam pohon singkong juga tidak terlalu sulit. Anda dapat ikuti cara menanam singkong. Anda dapat menanamnya bahkan di rumah atau di lahan kosong lainnya. Jika hanya ada lahan yang terbatas, ikuti cara menanam singkong di lahan sempit.


Namun, sesudah ditanam, sebaiknya pohon singkong dirawat dengan baik dan benar semoga dapat tumbuh dengan baik dan sehat sehingga dapat memproduksi ubi yang banyak, besar, dan berkualitas tinggi.


Cara dan Tips Merawat Pohon Singkong


Berikut yaitu uraian lebih lengkap mengenai cara merawat pohon singkong yang dapat Anda ikuti:



  • Penggunaan bibit unggul


Sebelum menanam pohon singkong, pastikan Anda memakai bibit yang unggul. Hal ini penting semoga hasil panen singkong nantinya juga dapat mempunyai kualitas yang baik. Sesuaikan lokasi penanaman pohon singkong dengan jenis bibit yang digunakan



  • Pengolahan lahan yang baik


Pengolahan lahan yang baik diharapkan semoga tumbuhan singkong dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Anda harus memastikan bahwa pohon singkong ditanam di lahan yang subur, gembur, dan mengandung banyak unsur hara yang diharapkan tanaman 



  • Pemupukan tumbuhan singkong


Pemberian pupuk juga penting untuk kesuburan dan pertumbuhan pohon singkong. Untuk dapat panen singkong berkualitas tinggi, gunakan pupuk dengan kandungan unsur hara yang lengkap.

Pemupukan ini dapat dilakukan sebanyak satu atau dua kali dalam satu bulan.

Pupuk organik menyerupai pupuk kompos atau pupuk sangkar akan lebih baik dikala dipakai alasannya lebih alami. Bagaimana cara menciptakan pupuk kompos dari sampah organik tentu akan sangat bermanfaat.






 



  • Membersihkan gulma


Lakukan penyiangan terhadap rumput atau gulma lainnya yang tumbuh di sekitar pohon singkong secara rutin. Hal ini diharapkan untuk menghindari pohon singkong kekurangan nutrisi alasannya adanya gulma



  • Penyiraman yang cukup


Pohon singkong memerlukan air dan penyiraman yang cukup. Untuk itu, waktu terbaik untuk menanamnya yaitu di awal ekspresi dominan hujan. Jika hujan tidak turun, pastikan Anda menyiram tumbuhan dengan rutin setiap harinya. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari sebanyak dua kali yaitu pada pagi dan sore hari



  • Sistem drainase yang baik


Meskipun memerlukan air untuk tumbuh dengan baik, pohon singkong tidak cocok dengan lahan yang tergenang air. Air yang terlalu banyak dapat menciptakan pohon singkong menjadi rentan terhadap penyakit dan busuk.

Untuk itu, pastikan lahan pohon singkong mempunyai sistem drainase yang baik



  • Lindungi tumbuhan dari hama


Pastikan pohon singkong bebas dari hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Jika perlu, Anda dapat memakai pestisida atau insektisida. Hama yang sering mengganggu pohon singkong yaitu tungau merah


Demikian klarifikasi mengenai cara merawat pohon singkong. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Pohon Singkong Supaya Subur"

Posting Komentar