Cara Menghitung Poin Motogp (Pembalap, Tim Dan Konstruktor)

Motorcycle Grand Prix yang lebih dikenal dengan sebutan MotoGP yaitu lomba balap sepeda motor internasional yang paling bergengsi yang diselenggarakan secara musiman setiap tahun. Lomba balap motor ini hanya diikuti oleh konstuktor sepeda motor utama dunia. Oleh sebab itu balap motor ini selalu ditunggu oleh penggemar olahraga otomotif. Tidak terkecuali di Indonesia, banyak orang yang menyukai lomba balap motor kelas dunia ini.

Motorcycle Grand Prix yang lebih dikenal dengan sebutan MotoGP yaitu lomba balap sepeda m Cara Menghitung Poin MotoGP (Pembalap, Tim dan Konstruktor)

Satu animo lomba MotoGP terdiri dari beberapa seri. Masing-masing seri balapan diselenggarakan di sirkuit balap yang berbeda. Hal ini untuk menawarkan variasi huruf sirkuit yang berbeda-beda. Selain itu juga untuk mendekatkan kepada penonton di beberapa negara di aneka macam potongan dunia ibarat Qatar, Argentina, AS, Spanyol, Perancis, Jepang, dan lain-lain. Penyelenggaraan seri balap MotoGP di aneka macam negara juga berdampak pada peningkatan popularitas MotoGP secara global.

Poin untuk Pembalap pada Setiap Seri
Dalam setiap seri balapan, eksklusif diketahui juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga. Ketiga pemenang ini berhak naik podium dan mendapat piala juara seri. Ketiga pemenang ini juga eksklusif mendapat poin seri tertinggi. Juara pertama mendapat 25 poin, juara kedua mendapat 20 poin, dan juara ketiga mendapat 16 poin.

Selain dari ketiga pembalap yang naik podium sebagai juara pertama, kedua, dan ketiga, beberapa pembalap lainnya juga mendapat poin yang sebanding dengan urutan mencapai garis finish, semakin tinggi ranking finish maka semakin besar poin yang diperoleh. Namun tidak semua penerima yang ikut lomba akan mendapat poin dalam satu seri balapan, hanya penerima dengan rangking 1 hingga 15. Berikut poin yang diperoleh pembalap urutan 1 hingga dengan 15.

• Finish urutan 1 = 25 Poin
• Finish urutan 2 = 20 Poin
• Finish urutan 3 = 16 Poin
• Finish urutan 4 = 13 Poin
• Finish urutan 5 = 11 Poin
• Finish urutan 6 = 10 Poin
• Finish urutan 7 = 9 Poin
• Finish urutan 8 = 8 Poin
• Finish urutan 9 = 7 Poin
• Finish urutan 10 = 6 Poin
• Finish urutan 11 = 5 Poin
• Finish urutan 12 = 4 Poin
• Finish urutan 13 = 3 Poin
• Finish urutan 14 = 2 Poin
• Finish urutan 15 = 1 Poin

Motorcycle Grand Prix yang lebih dikenal dengan sebutan MotoGP yaitu lomba balap sepeda m Cara Menghitung Poin MotoGP (Pembalap, Tim dan Konstruktor)

Poin untuk Tim pada Setiap Seri
Perhitungan poin untuk satu tim dalam setiap seri balapan yaitu adonan poin dua pembalap yang mempunyai poin paling tinggi. Jika satu tim menurunkan 3 pembalap, maka poin tim yaitu adonan dari poin tertinggi dua pembalap saja. Jika satu tim hanya menurunkan satu orang pembalap maka poin tim sama dengan poin pembalap tersebut.

Poin untuk Konstruktor pada Setiap Seri
Konstruktor yaitu pemilik brand motor, contohnya Honda, Yamaha, Ducati, dan lain sebagainya. Setiap tim memakai motor buatan konstruktor tertentu. Dalam MotoGP, biasanya ada beberapa tim yang memakai konstruktor yang sama. Misalnya Tim Movistar Yamaha MotoGP dan Tim Monster Yamaha Tech 3 memakai motor dari konstruktor yang sama yaitu Yamaha. Demikian juga dengan Tim Repsol Honda dan Tim LCR Honda memakai motor dari konstruktor yang sama yaitu Honda.

Perhitungan poin untuk setiap konstruktor dalam setiap seri balapan yaitu poin tertinggi yang didapat pembalap yang memakai brand milik konstruktor tersebut, tanpa melihat di tim mana dia berada. Contoh kasus, pada seri MotoGP Argentina animo 2017, dua pembalap Tim Repsol Honda yaitu Mark Marquez (93) dan Dani Pedrosa (26) tidak sanggup melanjutkan lomba, namun pembalap Tim LCR Honda yaitu Cal Crutchlow (35) berhasil menempati podium ketiga, sehingga konstruktornya yakni Honda tetap mendapat poin tinggi yaitu 16 poin, sama dengan poin Cal Crutchlow sebagai pembalap yang memakai motor Honda.

Penentuan Juara Musim Balap MotoGP
Penentuan juara animo balap MotoGP ditentukan pada simpulan animo baik untuk pembalap, tim, maupun konstruktor. Pembalap juara MotoGP yaitu yang mengumpulkan poin total tertinggi dari seluruh seri balapan. Tim juara MotoGP yaitu tim yang ,mengumpulkan poin total tertinggi dari seluruh seri balapan. Demikian juga dengan konstruktor juara MotoGP yaitu konstruktor yang mengumpulkan poin total tertinggi dari seluruh seri balapan.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Poin Motogp (Pembalap, Tim Dan Konstruktor)"

Posting Komentar