√ 5+ Pola Teks Eksposisi + Struktur, Pengertian, Dan Kaidahnya

Contoh Teks Eksposisi – Secara harfiah pengertian teks eksposisi atau bisa disebut paragraf eksposisi ialah paragaraf yang mengandung  beberapa informasi penting. Paragraf ini ditulis secara jelas, singkat, padat dan gampang dipahami oleh semua orang. Maka dari itu sesudah membaca teks eksposisi menerima informasi terkait dengan suatu persoalan. Selain itu teks eksposisi ini mempunyai struktur dan kaidah yang sanggup membedakan dari jenis teks lainnya.


Pengertian Teks Eksposisi


Secara umum teks eksposisi ialah teks yang ditulis dengan tujuan menjelaskan topic pembahasa lewat paragraf singkat dan padat. Dalam teks eksposisi menganduk kata  yang mempunyai sifatnya menjak atu menarik perhatian pembaca. Teks eksposisi  tidak memihak pada golongan atau kelompok tertentu. Kalimatnya terdiri dari bahasa yang baku sesuai ejaan ahasa indonesi yang baik.


Secara umum teks eksposisi mempunyai beberapa jenis diantaranya teks ilustrasi jenis teks yang mendeskripsikan pokok bahasan biar sanggup dipahami pembaca , isu jenis eksposisi yang menunjukkan informasi suatu fonomena yang terjadi, teks perbadingan yang berisikan pokok bahasan yang membandiangkan hal tertentu, teks definisi memuat informasi temtang pengertian dari objek tertentu dan teks analisis berisi penganalisaan pokok bahasan yang dibentuk dalam beberapa sub pokok bahasan.  Ada beberapa struktur teks eksposisi yang penjelasannya sebagai berikut.


 Secara harfiah pengertian teks eksposisi atau bisa disebut paragraf eksposisi ialah para √ 5+ Contoh Teks Eksposisi + Struktur, Pengertian, dan Kaidahnya


Struktur Teks Eksposisi :



  • Tesis


Struktur ini penggalan awal dari penulisan paragraf eksposisi. Yang mempunyai isi pendapat penulis secar pribadi perihal topil yang dibahas dalam paragraf. Bagianini sering pula disebut penggalan pembukaan.



  • Argumentasi


Struktur teks eksposisi dikenal istilah argumentasi. Struktur ini berisi beberapa macam pendapat yang memperkuat pernyataan penulis. Pada penggalan ini penulis bisa menggunakan banyak sekali sumber untuk memperkuat pernyataan. Bisa dari hasil penelitian para peneliti, atau dari pendapat para andal dibidangnya. Maka dari itu sumber sanggup pemperkuat pendapt pribadi dari penelusi.



  • Penegasan Kembali


Ini ialah struktur teks eksposisi yang terakhir, sesudah dinyatakan argumentasi mengenai topic maka perlu penegas kembali penyataan sebelummnya. Maka dari itu dengan  penegasan pembaca benar benar akan memahami penuh isi atau informasi dari contoh teks eksposisi yang ada. Struktur  teks  eksposisi ini biasa disebut dengan kesimpulan dan bisa terletak di selesai teks.


Teks eksposisi ialah salah satu jensis teks dalam bahasa Indonesia. Teks eksposisi mempunyai ciri – ciri khusus, struktur kalimat, pola dan lain sebagainya. Itulah yang membedakan teks eksposisi dengan teks yang lainnya. Teks eksposisi di dalam dunia pendidikan sering dijadikan soal ujian dari kata kunci teks eksposisi, jenis teks eksposisi dan banyak lagi. Ada beberapa jenis pola teks eksposisi paragraf, pola teks eksposisi karangan, hingga pola teks eksposisi singkat. Berikut ini beberapa pola teks eksposisi.


Contoh Paragraf Eksposisi :



Beras Indonesia


Beras ialah masakan pokok masyarakat Indonesia, beras sudah menjadi masakan pokok sejak jaman nenek moyang. Beras mengandung banyak karbohidrat di badan manusia. Beras masakan yang berasal dari tanaman yang berjulukan padi dan beras sudah di pisahkan dari kulitnya.


Ada beberapa jenis beras dan setiap jenis mempunyai keunggulan tersendiri dari kualitas, harga bahkan kandungan gizinya. Beras hanya mempunyai tinggi sekitar 1m hingga 1,5m dan biasanya dfitanam di dataran rendah.


Karena tanaman padi merupakan tanaman yang mempunyai akar serabut jadi tidak cocok di tanam di tempat pegunungan. Beras yang menjadi favorit penduduk Indonesia ialah beras ketan. Tetapi beras ketan tidak sanggup dijadikan masakan pokok dan hanya bisa dijadikan materi baku masakan lainnya.



Contoh Karangan Eksposisi :



Penyebab Gempa Bumi


Mayoritas gempa bumi dikarenakan adanya energy yang dihasilkan oleh tekanan yang terjadi alasannya ialah lempengan bergerak. Semakin usang lempengan itu tertekan maka semakin membesar dan mencapai keadaan yang tidak sanggup ditahan lagi oleh pinggiran lempeng dan ketika itulah gempa bumi terjadi. Dempa terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi memungkin terjadi alasannya ialah materi lapisan litosfir terjepit ke dalam dan mengalami transisi ke dalam lebih dari 600 km.


Ada beberapa gempa bumi yang terjadi dikarenakan acara magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi yang mirip itu menjadi salah satu tanda-tanda gunung api meletus. Sedikit gempa bumi terjadi alasannya ialah menumpuknya masa air yang sangat besar di balik dam.  Sebagian lai sanggup terjadi alasannya ialah injeksi atau akstraksi cairan dari dalam bumi. Dan yang terakhir gempa bumi bisa terjadi dikarenakan meledaknya materi peledak. Ini yang menciptakan para ilmuwan memantau tes diam-diam senjata nuklir yang dilakukan pemerintah.




Memelihara Ikan Hias


Ikan ialah salah satu hewan yang sanggup dipelihara manusia. Ikan mempunyai jenis yang sangat banyak dari warna, jenis bah kan harganya. Memelihara ikan, katanya akan menunjukkan ketenangan, kesejukan bagi pemiliknya dan orang yang melihatnya juga. Hal yang harus diperhatikan ketika memellihara ikan  yaitu perawatannya kalau tidak sesuai ikan akan stress kemudian mati. Ada pun jenis ikan yaiu ikan air tawar, ikan air bahari pun juga banyak jenisnya.


Hal pertama yang harus diperhatiakan ialah harus menyiapkan akuarium. Akuarium di tata seindah mungkin dana sesuai dengan keadaan sebenarnya, maka ikan akan betah. Akuarium di isi dengan air, lallu ikan dimasukan kedalam akuarium. Dalam hal menentukan jenis ikan alangkah lebih baik tanpa ada cacat mau pun tabrakan di badan ikan.


Untuk santunan masakan harus teratur, jangan hingga terlalu banyak  yang menimbulkan air menjadi cepat keruh lau ikan akan mati. Ada baiknya ketika memberi masakan ikan 3 hingga 4 kali sehari, dan pilihlah masakan yang mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan.


Air untuk ikan air tawar semakin usang niscaya akan semakin keruh maka dari itu lebih baik diganti minimal sekali seminggu. Dan ketika mengganti air akuarium, ikan-ikan harus dipindahkan dahulu ke bejana yang berisi air bersih.


Dalam menentukan jenis ikan harus berhati – hati dan jangan di satukan antar ikan kecil dengan ikan besar. Karena bisa – bisaikan besar akan memakan ikan kecil. Akuarium sanggup diletakan di ruang tamu. Karana akan memberi kesejukan bagi orang yang melihatnya.



Contoh Teks Eksposisi Singkat :



Cara Memasak Mi Instant


Semua orang niscaya pernah memakan mi instan, dan niscaya banyak orang menyukai mi instan dikarenakan mi instan sangat gampang untuk dibentuk dan hanya memakan waktu 3 menit dalam proses pembuatannya.


Untuk satu bungkus mi instan haya membutuhkan air yang di rebus sekitar 500 ml. kemudian tunggu hingga air mendidih. Lalu masukan mi, Jika anda menyukai pedas, anda bisa menambahkan cabe sesuai selera anda juga bisa menambahkan telur, sayur mayur, sosis, kornet, bakso dan materi masakan lainnya sesuai selera. Lalu tunggu hingga semua materi masakan matang, campurkan bumbu bersama mi dan aduk hingga merata. Setelah itu mi siap di sajikan.



Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan



Sekolah di Indonesia


Ada yang salah dengan sistem pendidikan kita waktu mencar ilmu dan mata pelajara diatur sangat tidak efektif bagi pelaar. Pelajar merasa bosan alasannya ialah terlalu usang mencar ilmu di sekolah. Minimal 6 jam perharinya hanya dengan kegiatan membaca buku dan mengerjakan tugas. Padahal waktu efektif mencar ilmu maksimal 1 jam perharinya yang dianjurkan.


Ilmuwan menyimpukan bahwa insan kini merupakan produk sekola yang hanyamempersipkan menjadi buruh. Belajar dari am 7 hingga jam 1 siang minimalnya sama saja dengan buruh. Bahwasannya otak insan rata – rata hanya focus mnerima materi 20 menit pwrtama ketika pelajaran dimulai.


Jika diperhatikan Negara berkembang menerapkan waktu mencar ilmu yang terlama untuk siswanya dengan alasan biar pelajaran sanggup lebih banyak. Sangat bertolak belakang dengan Negara maju yang, Negara maju hanya 3 hingga 4 jam mencar ilmu saja. Tetapi kalau di pahami sekolah Negara berkembang hanya menghasilkan masyarakat bekera untuk fisik. Pengetahuhan siswa terbatas alasannya ialah hanya mengikuti alur pelajaran tanpa diberikan pengembangan intelektual diri sendiri.


Untuk memperbaiki sitem pendidikan yang selama ini memang sulit karen presepsi menyatakan mencar ilmu usang akan lebih mencerdaskan justru sudah menjadi pikiran utama masyarakat. Tetapi masih ada waktu untuk memperbaiki sitem ini.



Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan



Pengaruh Tidur Teratur Terhadap Otak


Tubuh dan otak masusia penggalan organ yang paling penting yang rentan terkena virus. Organ lain sanggup bertahan sesuai  konsisi fisik dan pikiran. Ketika badan tidak bisa bertahan dengan virus dari luar maka organ lain yang di dalam badan juga akan diserang virus. Maka dari itu kenapa kesehatan tubu sangat penting dijaga. Begitu dengan pikiran apabila pikiran insan terganggu dan kelelahan maka organ lain akan ikut terganggu juga.


Cara menjaga kesehatan badan dan memelihara fungsi otak yang sangat masuk nalar dan mudah ialah dengan membiarkan kedua organ utama beristirahat dngan tawaran kesehatan. Tubuh bisa diibaratkan dengan benda, apabila beda mirip barang elektronik yang bila selalu digunakan akan rusak. Jika seseorang berpikir terlalu sering akan menjadi beban pikiran yang berdampak pada kesehatan.


Dengan tidur kita bisa mngistirahatkan badan dan otak. Manusia disarankan tidur minimal 6 jam seharinya alasannya ialah sanggup menjaga fungsi organ badan dan otak. Itu sanggup dibuktikan apabila seseorang kekuarang tidur  maka badan akan terasa sakit dan kepala terasa berat. Karena otak tidak beristirahat dengan maksimal.


Ketika tidur organ dan otak akan memperbaiki dan mengembalikan kekuatan yang terkuras selama kita bangun. Kebiasaan tidur terlallu malan bah kan begadang akan rentan terkena penyakit berbahaya. Penelitian membuktikan bahawa kebiasaan tersebut akan berdampak pada penyakit diabetes meskipun kadar gula yang biasa dikonsumsi tergolong normal akan tetapi ketika tidur badan akan memproduksi insulin yang fungsinya sebagai penyeimbang kadar gula darah.


Meskipun tidur dianggap kegiatan yang sepele tetapi kegiatan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan terutapa orang yang bekerja fisik dan otak pada siang hari. Kaidah teks eksposisi yang ada dalam teks eksposisi sebagai berikut.



Kaidah Teks Eksposisi :



  • Konjungsi


Konjungsi ialah bentuk kata penghubung dan biasa digunakan pada teks eksposisi. Kata penghubung sangat banyak, ada yang menunukan waktu, gabungan, penjelasan, perbandingan, dan berapa jenis kata lainnya. Kata penghubung biasanya berupa setelah, kemudian dan lalu. Selainitu kata penghubung perbandiangan mirip bgai dan serupa.



  • Pronomiana


Kaidah yang kedua yaitu pronomiana yang mempunyai arti kata ganti. Pronomiana terdiari dari dua jenis yang pertama kata ganti untuk mengambarkan orang dan yang kedua kata ganti yang mengambarkan bukan orang. Kata persona sanggup berupa kamu, beliau saya, ia sedangkan kata non-persona yaitu di sana, di sini, di situ.



  • Leksikal


Merupakan jenis kata petujuk kata kerja, kata benda , kata sifat dan kata keterangan. Kata kerja ialah kata petunjuk suatu proses atau keadaan yang belangsung, mirip membaca, menulis berlari dan lain sebagainya. Kata benda yaitu kata petunjuk suatu objek mirip meja, kasur, rumah dan lain sebaginya. Sedangkan kata sifat mirip cantik, menawan, jelek baik dan yang terakhir kata keterangan mirip malan, pagi , siang, disana, disitu, dan disini.


Baca juga : Pengertian pendidikan


Demikianlah sajian informasi lengkap mengenai apa itu teks eksposisi , struktur teks eksposisi, kaidah kebahasaan, dan juga kumpulan contoh teks eksposisi singkat padat dan jelas. Semoga bisa menjadi media mencar ilmu untuk sahabat sahabat semua yang sedang mengerjakan kiprah bahasa Indonesianya. Terimakasih!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 5+ Pola Teks Eksposisi + Struktur, Pengertian, Dan Kaidahnya"

Posting Komentar