Konsep Perhitungan Pendapatan Nasional: Gdp, Gnp, Nnp, Nni, Pi, Di

Dalam dunia ekonomi, istilah pendapatan nasional tentu tidak gila lagi. Pendapatan nasional merupakan ukuran keberhasilan apakah suatu negara berhasil mencetak pertumbuhan ekonomi suatu negara atau tidak. Sesuai dengan pernyataan tersebut, maka terdapat konsep perhitungan pendapatan nasional sebagai berikut: 

1. Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product / GDP) 

Istilah lain pendapatan nasional ialah Produk Domestic Bruto (PDB). Pendapatan nasional sanggup diartikan sebagai total nilai barang dan jasa final yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam perioda tertentu. 

Sedangkan, Menurut Wikipedia, pendapatan nasional merupakan jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga selama jangka waktu tertentu, biasanya dalam satu tahun. 

Di Indonesia, PDB sanggup dihitung dari dua sisi pendekatan, yaitu dari sisi sektoral dan penggunaan. Dari pendekatan sektoral, PDB merupakan nilai tambah total dari seluruh sektor ekonomi yang meliputi sektor pertanian, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, listrik, gas, air bersih, konstruksi, perdagangan, restoran, hotel, pengangkutan dan komunikasi, forum keuangan dan jasa-jasa 

Sedangkan dari pendekatan penggunaan, PDB merupakan total nilai dari pengeluaran konsumsi rumah tangga, pengeluaran konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap bruto, perubahan stok dan ekspor neto.  

2. Produk Nasional Bruto (Gross National Product / GNP) 

Saat ini dunia perjuangan semakin berkembang. Banyak warga negara gila yang mempunyai bisnis di Indonesia. Sebaliknya, banyak orang Indonesia yang mempunyai perjuangan di luar negeri. Nah, keuntungan dari perusahaan gila yang ada di Indonesia merupakan pendapatan negara asing, sehingga keuntungan tersebut harus dikeluarkan dari produk domestik bruto.

Sebaliknya, keuntungan dari perjuangan orang Indonesia yang ada di luar negeri merupakan milik warga negara Indonesia, sehingga jumlah tersebut harus ditambahkan pada produk nasional bruto. Nah, selisih antara keuntungan perusahaan penanaman modal gila di Indonesia dengan keuntungan perusahaan penduduk Indonesia di luar negeri disebut pendapatan netto terhadap luar negeri. Kaprikornus rumus PNB / GNP adalah: 

GNP = GDP + Pendapatan netto luar negeri 

3. Produk Nasional Neto (Net National Product / NNP)


NNP didapatkan dari rumus produk nasional bruto dikurangi penyusutan dan barang pengganti modal. Untuk lebih mudahnya:

NNP = GNP - (Penyusutan + barang pengganti modal)

4. Pendapatan Nasional Neto (Net National Income / NNI)

Rumus NNI = NNP - Pajak tidak langsung + subsidi

5. Pendapatan Perorangan (Personal Income / PI)

Pendapatan perorangan ialah jumlah seluruh penerimaan higienis yang benar-benar hingga di tangan masyarakat. Rumus PI adalah: 

PI = NNI + transfer payment - (laba ditahan + iuran asuransi + iuran jaminan sosial + pajak perusahaan)

6. Pendapatan Disposabel/ Setelah Pajak (Disposable Income / DI)

Pendapatan disposabel merupakan pendapatan perorangan sesudah dikurangi pajak penghasilan. Rumus DI adalah:

DI = Personal income - pajak penghasilan

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Konsep Perhitungan Pendapatan Nasional: Gdp, Gnp, Nnp, Nni, Pi, Di"

Posting Komentar