25 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa telah menjadi minuman segar yang populer. Anda bisa menemukannya banyak dijual di pantai atau pinggir jalan. Tapi, tahukah Anda bahwa air kelapa mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa?


Nutrisi utama dalam air kelapa yakni kalium yang berisi sekitar 600 mg membuatnya menjadi minuman elektrolit yang tinggi. Air kelapa juga mengandung sejumlah kecil natrium, sekitar 40 mg, 10% kalsium dan magnesium yang bisa memenuhi kebutuhan harian Anda. Cairan di dalam kelapa mengandung sekitar 46 kalori per cangkir, 10 gram gula alami, dengan sedikit protein dan lemak bebas, beberapa vitamin, mineral, yang ideal untuk kesehatan manusia.


Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan


Dalam bahasa Sansekerta, kelapa disebut “kalpa vriksha” yang berarti “pohon yang memperlihatkan semua yang dibutuhkan untuk hidup”. Tidak hanya sekedar melegakan dahaga tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan:


1. Diabetes


Anda mungkin bertanya-tanya apakah penderita diabetes boleh mengonsumsi minuman manis nan yummy ini? Penelitian menyampaikan ya!


Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa sanggup menurunkan kadar gula darah. Air kelapa kaya akan kandungan magnesium yang telah terbukti bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes. 


Baca juga Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes.


2. Menurunkan berat badan


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air kelapa baik diminum untuk menurunkan berat badan.

Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, sehingga Anda sanggup mengonsumsinya tanpa rasa takut terhadap penimbunan lemak. Hal ini juga menekan nafsu makan dan menciptakan Anda merasa kenyang. 


3. Mencegah penyakit watu ginjal


Meskipun mengonsumsi air putih yakni pilihan utama, namun salah satu studi memperlihatkan meminum air kelapa mungkin lebih efektif. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung untuk membentuk kristal dalam urin. Sebuah penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa air dari kelapa berpotensi mencegah watu ginjal dengan mengurangi kristal dan pembentukan watu ginjal.


4. Menjaga kesehatan jantung


Sebuah studi memperlihatkan air kelapa mempunyai penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang menyaingi imbas dari obat statin (obat yang dipakai untuk menurunkan kolesterol).


5. Mengurangi tekanan darah


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air kelapa sanggup membantu menurunkan tekanan darah dan berpotensi mengurangi risiko penggumpalan darah yang terbentuk di arteri.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi air kelapa mengalami 71% perbaikan yang signifikan pada tekanan darah sistolik.


6. Meningkatkan kekebalan tubuh


Mengonsumsi air kelapa mempunyai kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan basil dalam tubuh yang menimbulkan penyakit gusi dan benjol susukan kemih. Air kelapa memerangi virus yang menimbulkan Anda masuk angin, tifus atau penyakit menular. 


7. Melancarkan sistem pencernaan


Anda niscaya sudah mengetahui bahwa serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Air kelapa mengandung sekitar 9% dari jumlah serat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam satu hari.


8. Meringankan sakit kepala


Air kelapa bisa menjadi penawar jika sakit kepala Anda ada hubungannya dengan hipertensi atau dehidrasi. Meminum air kelapa akan mengembalikan cairan yang hilang pada tubuh dan menciptakan Anda segar kembali.


9. Mengobati dilema pada mata


Dalam sebuah studi, terbukti bahwa air kelapa bermanfaat untuk mata. Hal ini sanggup meringankan tanda-tanda glaukoma dan katarak.


Air kelapa mengobati glaukoma dengan bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal untuk mencegah kerusakan akhir radikal bebas. Sementara penderita katarak sanggup menerapkan beberapa tetes air kelapa segar ke kawasan mata.


10. Baik untuk ibu hamil


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Meminum air kelapa bisa meredakan morning sickness, tanda-tanda umum yang terjadi pada ibu hamil.

Apakah meminum air kelapa baik selama kehamilan? Ya. Tentu saja. Dengan mengonsumsi air kelapa membantu mengekang kehilangan cairan tubuh yang disebabkan lantaran tanda-tanda morning sickness. Air kelapa juga baik untuk sakit maag dan sembelit, yang merupakan tanda-tanda umum pada ketika hamil.


Baca juga Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui.


11. Mengobati kram otot


Menurut penelitian, kekurangan kalium sanggup menjadikan kejang otot. Diet kaya kalium ibarat air kelapa memastikan bahwa otot-otot Anda berfungsi dengan baik.


12. Mengobati perut kembung


Perut kembung biasanya disebabkan lantaran asupan natrium tinggi, dimana air kelapa sanggup dijadikan sebagai alternatif. Kelapa mengandung sejumlah kalium yang membantu melawan imbas sodium penyebab kembung.


13. Menyeimbangkan kadar pH


Banyak racun dan senyawa kimia pada makanan dan lingkungan yang menciptakan tingkat pH tubuh Anda sangat asam yang kesannya sanggup menimbulkan nyeri sendi, mulas, diabetes, dan defisiensi imun. Air kelapa mempunyai imbas alkalizing yang membantu mengembalikan pH seimbang dalam tubuh.


14. Mengobati Insomnia


Anda mengalami dilema susah tidur? Minumlah air kelapa dan Anda akan tertidur pulas. Air kelapa mengandung bahan alami yang disebut GABA, sebuah neurotransmitter yang mempunyai imbas anti-kejang, anti-kecemasan, dan membantu tubuh untuk tertidur pulas.


Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air kelapa mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Setiap cuilan dalam tubuh membutuhkan air semoga berfungsi dengan baik termasuk kulit. Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan kulit:


15. Mengencangkan kulit


Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit dalam menjaga kekencangan dan elastisitas. Satu cangkir air kelapa mengandung 24 miligram vitamin C.


16. Melawan tanda-tanda penuaan


Bintik-bintik hitam dan garis-garis halus akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Air kelapa bisa mencegah kerusakan pada wajah lantaran kandungan sitokinnya yang bekerja meningkatkan pertumbuhan sel.


Campurkan 2 sendok makan yogurt ke dalam mangkuk berisi 1 sendok makan air kelapa. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air. Lakukan sekali seminggu.


17. Mengurangi pigmentasi


Penelitian telah memperlihatkan bahwa vitamin C sanggup membantu menghilangkan pigmentasi, noda dan warna tidak merata pada kulit wajah. 


18. Mengobati benjol kulit


Air kelapa mempunyai sifat antijamur, antibakteri dan antiparasit yang membantu mengurangi benjol pada kulit. Oleskan air kelapa pada area yang terkena infeksi.


19. Mengobati jerawat


Sifat antibakteri yang dimiliki oleh air kelapa bisa mengobati dan menekan timbulnya jerawat. Campurkan 1 sendok teh madu ke dalam setengah gelas air kelapa segar. Oleskan pada jerawat memakai kapas. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan kain. Ramuan ini tidak hanya mengobati jerawat tapi juga menciptakan kulit Anda terasa lebih halus.


20. Pembersih wajah


Air kelapa bisa bekerja sebagai toner yang baik untuk kulit wajah Anda. Kandungan yang dimilikinya bisa menyingkirkan kotoran yang membandel sehingga bekerja maksimal sebagai pembersih wajah.


Manfaat Air Kelapa untuk Rambut


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Kebanyakan perempuan mengeluh lantaran dilema rambut yang dialaminya dan berkahir pada produk mahal yang dijual di pasaran namun belum juga berhasil. Sudah saatnya Anda beralih pada air kelapa. Praktis ditemukan, murah, dan efektif mengatasi permasalahan pada rambut.


21. Merangsang perumbuhan rambut


Air kelapa merangsang pertumbuhan rambut lantaran merupakan sumber yang kaya akan potassium. Pijatlah kulit kepala dengan lembut memakai air kelapa. Biarkan semalam dan cucilah pada keesokan harinya.


22. Membuat rambut berkilau


Air kelapa sanggup melembabkan dan menciptakan rambut Anda berkilau dan bersinar. Keramaslah ibarat biasanya dan gunakanlah secangkir air kelapa yang telah diencerkan dengan air pada bilasan terakhir.


23. Membasmi ketombe


Air kelapa memiliki sifat antijamur yang membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala dan membasmi ketombe dalam waktu singkat. 


24. Merawat rambut rusak


Mewarnai rambut merupakan salah satu penyebab kerusakan rambut. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, air kelapa bisa memperbaiki rambut rusak tanpa khawatir lagi ketinggalan isu terkini warna rambut.


Campurkan 2 sendok makan air kelapa dan 1 sendok makan yogurt. Pijat lembut kulit kepala memakai ramuan tersebut. Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air.


25. Mencegah rambut rontok


Air kelapa membantu mengatasi dilema serius yang terjadi pada rambut dan bekerja dengan memastikan sirkulasi darah pada  kulit kepala. Hal tersebut bisa meningkatkan kepadatan rambut dan memperkuat folikel rambut.


Itulah manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂


Jika berminat, kami juga menyediakan bibit tanaman kelapa gading disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "25 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar