Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Kali ini, kita akan membicarakan perihal ciri-ciri makhluk hidup

1. Bernapas

 Bernapas yaitu proses pengambilan udara berupa oksigen  Ciri-ciri makhluk hidup
Belalang; Bernapas dengan Trakea
Bernapas yaitu proses pengambilan udara berupa oksigen (O2) yang dipakai sel-sel dalam badan untuk pembakaran sari-sari masakan (glukosa) proses ini menghasilkan energi dan mengeluarkan at sisa berupa karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O).

Alat pernapasan pada makhluk hidup paru-paru,insang, dan trakea.

Contoh, insan dan mamalia yang hidup di air bernapas dengan paru-paru, ikan  bernapas dengan insang, serangga bernapas dengan trakea.dll.

2. Bergerak

Bergerak yaitu bisa atau sanggup berpindah dari daerah satu ketempat yang lain.tubuh insan dan binatang mempunyai alat gerak sedangkan gerak pada flora disebabkan adanya rangsangan dari dalam badan flora sendiri atau dari lingkungan sekitar. 

Contoh putri aib bergerak dikala menerima sentuhan dll.

3. Tumbuh dan berkembang 

- Pertumbuhan yaitu proser pertamabahan ukuran badan makhluk hidup lantaran pertambahan jumlah sel dan pembesaran sel-sel tubuh 
- Perkembanagan yaitu proses menuju kedewasaan pada makhluk hidup.

4. Berkembang biak

Setiap makhluk hidup berkembang biak (reproduksi) yaitu menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya semoga tidak punah.

Berkembang biak sanggup dibedakan menjadi dua yaitu :
- Secara kawin (generativ) misal dengan pembentukan sel kelamin,pembentukan biji,atau spora
- Secara kawin (Ciri-ciri makhluk hidup) misal dengan pembelahan diri,pembentukan umbi, pembentukan tunas.

5. Memerlukan makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan masakan sebagai sumber energi untuk melaksanakan acara sehari-hari.karena masakan diharapkan makhluk hidup untuk pertumbuhan,perkembangan,dan perbaikan sel-sel badan yang rusak.

6. Peka terhadap rangsangan

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk merespons setiap perubahan di lingkungan sekitarnya.contoh mencicipi panas,dingin,cahaya,sentuhan,gravitasi dll.
Kemampuan makhluk hidup untuk bereaksi terhadap suatu rangsangan disebut iritabilitas.

7. Mengeluarkan zat sisa

Setiap makhluk hdup akan mengeluarkan zat sisa lantaran zat sisa tersebut apabila tidak dikeluarkan akan menjadi racun di dalam tubuh.
Proses pengeluaran zat sisa dari dalam badan makhluk hidup disebut ekskresi.

Seperti proses respirasi atau bernapas insan mengeluarkan karbondioksida dan uap air alat pengeluaran yang terlibat yaitu paru-paru,kulit untuk mengeluarkan keringat, hati menngeluarkan cairan empedu dan ginjal untuk membuang urin dll.

Bahkan flora juga mengeluarkan zat sisa melalui proses penguapan berupa air,karbondioksida sebagai proses pernapasan dan oksigen final dari proses fotosintesis.

Virus tidak digolongkan sebagai organisme secara umum alasannya virus tidak sanggup berkembang biak maupun melaksanakan metabolisme secara independen. Meskipun mempunyai enzim dan molekul-molekul yang menjadi ciri organisme hidup, virus tidak bisa bertahan hidup di luar sel inangnya, dan sebagian besar proses metabolisme virus membutuhkan inang beserta perlengkapan genetikanya



Sumber http://sekolah-matematika-sains.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar