Cara Mengambar Garis 4X – Y > 0

Menggambar pertidaksamaan garis 4x – y > 0 akan lebih gampang dikerjakan jikalau sudah memahami sistem persamaan linear khususnya sistem persamaan linier dua variabel. Selain itu harus dipahami juga cara menggambar grafik persamaan garis lurus pada bidang cartesius.

Berikut langkah-langkah untuk menggambar garis 4x – y >0, yakni:
1) Nyatakan pertidaksamaan linear 4x – y>0 kebentuk persamaan linear 4x – y = 0 (sebagai garis pembatas).

2) Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y untuk memudahkan menggambar garisnya. Titik potong sumbu x yakni saat y = 0, sehingga diperoleh:
4x – y = 0
4x – 0 = 0
4x = 0
x = 0
Jadi, titik potong terhadap sumbu x yakni (4,0)
Sedangkan titik potong sumbu y yakni saat x = 0, sehingga diperoleh:
4x – y = 0
4.0 – y = 0
0 – y  = 0
y = 0
Jadi, titik potong terhadap sumbu y yakni (0,0). Ternyata titik potong di sumbu x sama dengan titik potong di sumbu y yakni (0,0).

Untuk menggambar sebuah garis harus memerlukan minimal dua buah titik maka perlu dicari titik yang lainnya. Kita ambil titik melalui x = 1, maka:
4x – y = 0
4.1– y = 0
4 – y = 0
y = 4
Jadi garis tersebut melalui titik (1,4)

3) Menarik garis lurus yang menghubungan titik (0,0) dan (1,4) pada bidang Cartesius. Jika pertidaksamaan dihubungkan dengan tanda ≤ atau ≥, garis dilukis tidak putus-putus. Sedangkan jikalau pertidaksamaan dihubungkan dengan tanda > atau <, garis dilukis putus-putus. Karena pertidaksamaan dihubungkan dengan  tanda > maka garis dilukis putus-putus, ibarat gambar berikut ini.
 akan lebih gampang dikerjakan jikalau sudah memahami sistem persamaan linear khususnya  Cara Mengambar Garis 4x – y > 0
Persamaan garis 4x – y = 0

4) Menentukan sebarang titik (x1, y1), kemudian memasukannya ke pertidaksamaan linier tersebut. Jika pertidaksamaan bernilai benar, maka tempat tersebut merupakan tempat penyelesaian, sebaliknya jikalau bernilai pertidaksamaan bernilai salah, maka tempat tersebut bukan merupakan tempat penyelesaian.
Misal kita ambil titik (1,1), maka:
4x – y > 0
4.1 – 1 > 0
4 – 1 > 0
3 > 0 (bernilai benar)
Misal kita ambil titik (1,6), maka:
4x – y > 0
4.1 – 6 > 0
4 – 6 > 0
–2 > 0 (bernilai salah)

5). Mengarsir tempat yang memenuhi, sehingga tempat himpunan penyelesaiannya yakni tempat yang diarsir. Maka hasil dari pertidaksamaan garis 4x – y > 0 ibarat gambar di bawah ini.
 akan lebih gampang dikerjakan jikalau sudah memahami sistem persamaan linear khususnya  Cara Mengambar Garis 4x – y > 0
Pertidaksamaan garis 4x – y > 0


Nah itu pembahasan cara menggambar garis 4x – y > 0. Jika ada hambatan atau permasalahan dalam memhami bahan ini, silahkan tanyakan di kolom komentar. Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengambar Garis 4X – Y > 0"

Posting Komentar