7 Alat Pengawasan Mutu (Seven Tools) Dalam Statistical Quality Control

a.       Flowchart
Diagram yang menggambarkan urutan suatu proses, digunakan untuk memilih belahan mana dari proses yang sanggup dijadikan objek analisis.
b.      Check Sheet
Formulir investigasi yang berisi indikator-indikator kualitas yang digunakan untuk mengumpulkan data dan sanggup eksklusif dianalisa.
c.       Histogram
Histogram memperlihatkan besarnya frekuensi dari masing-masing faktor, sehingga bantuan dari masing-masing faktor tersebut akan sanggup diketahui secara jelas
d.      Scatter Plot
Diagram yang digunakan untuk melihat kekerabatan antara 2 atau 3 faktor. Untuk 2 faktor scatter plot sanggup berbentuk 2 atau 3 dimensi, sedangkan untuk 3 faktor maka plot harus berbentuk 3 dimensi.
e.      Control Charts
Merupakan suatu peta yang merekam data karakteristik kualitas produk yang diukur dari sampel menurut atas urutan waktu. Tujuan utama dari peta kendali untuk melaksanakan perbaikan berkelanjutan (continous improvement) pada proses dengan cara menurunkan jumlah cacat (khusus Control Chart mempunyai post sendiri dalam blog ini guna memperlihatkan klarifikasi yang lebih mendalam, click on me to visit Control Chart )
f.        Fishbone Diagram (Ishikawa Diagram / Cause & Effect )
Fishbone Diagram ialah suatu pendekatan terstruktur yang memungkinkan analisis dilakukan lebih terperinci untuk menemukan penyebab suatu masalah, ketidaksesuaian, dan kesenjangan yang ada.
g.       Pareto Diagram

Diagram pareto ialah grafik batang yang mengurutkan dari nilai data paling besar ke nilai data paling kecil. Disarankan pengurutan tersebut juga dikaitkan dengan laba atau kerugian secara finansial semoga diketahui belahan mana yang harus mendapat prioritas terlebih dahulu.

Sumber http://rimantho.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Alat Pengawasan Mutu (Seven Tools) Dalam Statistical Quality Control"

Posting Komentar