Memahami Fungsi Trafo Dan Rumus Trafo


Dear sobat BT, tahukah kalian apa itu TRAFO (TRANSFORMATOR) ?, jikalau belum ada baiknya cek lagi di postingan Om BT berikut Mengenal Transformator (TRAFO). Pada postingan Om BT sebelumnya di jelaskan bahwa trafo merupakan seperangkat peralatan / mesin listrik statis yang menurut prinsip induksi elektromagnetik, mentransformasikan tegangan dan arus dari listrik bolak balik diantara kedua belitan atau lebih pada frekuensi yang sama dan pada nilai arus dan tegangan yang berbeda. 

Konstruksi utama dari trafo terdiri dari kumparan primer, kumparan sekunder dan inti. Trafo sanggup dipakai untuk menaikkan dan menurunkan tegangan. Turun atau naiknya tegangan pada sisi sekunder tergantung pada perbandingan jumlah lilitan kumparan.

Prinsip Kerja Sebuah Transformator

Transformator mengambil tegangan dari sebuah litrik dan lalu mengubahnya ke listrik dengan tegangan yang berbeda. Pada dasarnya transformator bekerja dengan mengubah tegangan dengan memakai 2 sifat listrik. Pertama listrik yang mengalir pada sebuah kumparan akan menjadikan medan magnet. Kedua perubahan medan magnet (fluks magnet) akan menjadikan ggl induksi. Arus bolak balik yang masuk pada kumparan  primer akan mengakibatkan adanya fluks magnet bolak-balik yang intik magnetik.  Setelah itu, fluks magnet  bolak-balik akan melewati kumparan skunder dan menjadikan adanya ggl induksi. Besarnya ggl induksi akan bergantung pada laju perubahan fluks dan jumlah lilitan pada kumparan sekunder.

Fungsi Trafo

Berbicara dilema fungsi berarti secara sederhana kita sanggup menjelaskan apa kegunaan trafo. Transformator atau yang sering kita sebut sebagai trafo ialah satu dari puluhan alat yang sangat penting dikala kita memakai peralatan elektronik. Saat anda membeli sebuah peralatan elektronik contohnya sebuah monitor dari Jepang dengan tegangan 110 Volt dan ternyata tegangan listrik yang ada di rumah anda mempunyai tengangan 220 volt, apa yang harus dilakukan? Jawabannya ialah dengan memakai transformator. Transformatorlah yang akan mengubah (transform) listrik rumah yang besarnya 220 volt menjadi hanya 110 volt. 

Persamaan dan Rumus Trafo


Rumus Trafo
Vp = tegangan pada kumparan primer (volt)
Vs = tegangan pada kumparan sekunder (volt)

Ip = arus pada kumparan primer (A)

Is = arus pada kumparan sekunder (A)
Np = banyaknya lilitan primer
Ns = banyaknya lilitan sekunder

Efesiensi Trafo




η = Efisiensi transformator (%)
Ps = daya pada kumparan sekunder (W)
Pp = daya pada kumparan primer (W)
Is = arus pada kumparan sekunder (A)

Ip = arus pada kumparan primer (A)


Demikian postingan Om BT tentang Memahami Fungsi Trafo dan Rumus Trafo, agar bermanfaat. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Memahami Fungsi Trafo Dan Rumus Trafo"

Posting Komentar