Penyebab Dan Cara Memperbaiki Komputer Yang Macet Atau Hang Dengan Mudah

Sebagian besar masyarakat yang mempunyai atau pernah memakai Komputer tentu sudah pernah mengalami PC yang crash atau hang. Hingga balasannya kita harus menunggu usang sementara jadwal atau file yang diinginkan kadang justru tidak sanggup terbuka. Jika menemukan permasalahan menyerupai ini tentu kita akan merasa kesal, terlebih lagi kalau dihadapkan pada situasi yang genting.

Saat kalian menghadapi permasalahan menyerupai ini lantas apa yang dilakukan? Mendiamkan hingga proses selesai atau justru mematikan secara paksa? Tidak sedikit dari mereka ketika dihadapkan pada situasi ini niscaya akan mematikannya secara paksa karena tidak sabar menunggu lama. Lalu, bersama-sama apa penyebab PC yang tiba-tiba macet dan bagaimanakah cara memperbaikinya? Untuk menjawab pertanyaan Anda maka simak terus artikel berikut ini.

Sebagian besar masyarakat yang mempunyai atau pernah memakai Komputer tentu sudah pern Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah


Adanya Virus pada PC Anda

Sudah tidak aneh lagi bahwa keberadaan virus pada PC merupakan sebuah racun dan malapetaka. Hal ini karena sanggup membuat PC menjadi tidak stabil bahkan beberapa fungsi yang ada pada PC tidak sanggup bekerja secara maksimal. Beberapa virus tersebut akan otomatis menghapus boot sektor yang ada pada hard drive sehingga sangat tidak mungkin bagi Anda untuk start sebuah program.

Cara mengatasi permasalahan ini yakni dengan memperlihatkan derma dari virus tersebut secara rutin. Sebuah scanner virus sangatlah dibutuhkan semoga sanggup mendeteksi virus dan menghapusnya secara otomatis. Hasil dari scan virus akan disimpan otomatis dalam file DAT. Seperti yang kita ketahui, bahwa file DAT harus kita perbarui secara rutin setiap mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus.

Aplikasi atau Software Komputer

Proses instalasi yang tidak tepat pada software atau perangkat lunak akan mengakibatkan PC menjadi hang. Hal ini lantaran, perangkat lunak atau software tersebut menjadi rusak. Cara mengatasi permasalahan ini yakni dengan melaksanakan instal ulang aplikasi yang belum tepat atau menghapus aplikasi yang dicurigai tidak bisa bekerja dengan optimal kemudian kalau menginginkannya kembali maka sanggup di instal ulang.

Buffer Printer

Buffer merupakan printer yang hanya mempunyai sejumlah kecil memori. Pada ketika melaksanakan pencetakan file, foto atau goresan pena maka akan terjadi tindakan transfer dokumen untuk mencetak atau membuat sebuah file yang besar atau biasa disebut dengan file postcript. Hal inilah yang menjadikan sebuah beban berlebih, selain itu proses mencetak dokumen juga memerlukan cukup tenaga pada CPU sehingga kinerja Komputer jauh lebih lambat.

Ketika printer mencoba mencetak aksara yang tidak wajar, maka disinilah problematika sangat kerap terjadi. Bahkan, terkadang printer juga sangat sulit untuk dipulihkan yang diakibatkan oleh kekacuan dalam buffer printer. Cara memperbaikinya yakni dengan mencabut power printer hingga 10 detik. Lalu, nyalakan kembali printernya dan setting default printer.

Defragment Hard Disk

Pemakaian PC secara terus menerus tentu bertahap akan membuat warta yang ada di hard disk menjadi haus, hal inilah yang mengakibatkan Komputer gampang macet atau hang. Cara mengatasinya yakni lakukan defragment hard disk setiap bulan semoga mencegah terjainya crash. Adapun cara melaksanakan defragment hard disk yakni buka Start Menu klik Aksesoris pilih System tool kemudian klik Disk Fragmenter, sesudah itu ikuti perintah selanjutnya.

Kerusakan pada RAM

Kerusakan pada random access memory atau RAM sanggup mengakibatkan layar mati, biasanya ditandai dengan pesan “Fatal Exception Error”. Jika mendapat pesan menyerupai ini gejala warning bahwa hardware sedang mengalami permasalahan yang serius atau kerusakan sehingga perlu dilakukan penggantian.

Cara mengatasinya yakni dengan mengatur BIOS sehingga wait state pada RAM akan meningkat, hal ini tentu bisa membuat RAM semakin stabil. Cara lainnya yakni dengan mengatur ulang pada chip RAM dengan membuka serta memasang di motherboard secara benar.

Masalah pada Resolusi Layar

Salah satu penyebab Komputer menjadi macet atau hang yakni karena dilema yang ditimbulkan oleh resolusi layar video. Cara dalam mengatasi permasalahan ini yakni dengan mengurangi resolusi layar video. Langkah yang sanggup dilakukan yakni dengan klik start pilih setting, kemudian control panel klik display kemudian setting. Setelah itu lihat pengaturan warna di penggalan kiri jendela. Untuk dekstop warna yang tinggi biasanya kedalaman 16 bit sudah cukup.


Kipas Central Processing Unit (CPU)

Tujuan adanya kipas pada CPU yakni semoga memperlihatkan hawa hambar ketika PC bekerja berlebih sehingga menjadikan rasa panas. Jika, kipas tidak sanggup bekerja secara maksimal maka PC akan gampang macet atau hang. Hal ini terjadi alasannya chip yang sudah overclocked. Cara mengatasinya yakni dengan mengganti kipas pada CPU PC Anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki Komputer macet atau hang, dengan banyak sekali permasalan yang ada maka Anda harus pintar dalam menganalisa permasalahan manakah yang sesuai dengan problematika PC Anda.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Memperbaiki Komputer Yang Macet Atau Hang Dengan Mudah"

Posting Komentar