√ Efek Negatif Kolaborasi Ekonomi Internasional

Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara √ DAMPAK NEGATIF KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Versi bahan oleh D Endarto


Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara - Selain menimbulkan efek positif, kolaborasi antarnegara akan menimbulkan efek negatif, yaitu sebagai berikut.


a. Produk Dalam Negeri akan Kalah Bersaing dengan Produk Luar Negeri Baik Harga maupun Mutunya
Adanya kolaborasi ekonomi antarnegara akan berdampak terjadinya arus barang masuk dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini mengakibatkan pasar dalam negeri dibanjiri oleh produk luar negeri sehingga terjadi persaingan antarproduk dalam negeri dengan produk impor. Produk dalam negeri yang proses produksinya masih sederhana akan tergeser dan kalah bersaing, baik harga atau kualitasnya dengan produk luar negeri yang sudah memakai teknologi modern dalam proses produksinya.

b. Produsen Dalam Negeri yang Tidak Mampu Bersaing Akhirnya akan Menutup Usahanya
Berdasarkan klarifikasi di atas, bagi para produsen yang tidak bisa bersaing dengan produk luar negeri akan mengalami penurunan perjuangan yang pada akhirnya menjadikan usahanya menjadi bangkrut. Hal ini berdampak dengan terjadinya PHK (pemutusan kekerabatan kerja) dan pengangguran meningkat.

c. Dapat Menimbulkan Ketergantungan dengan Luar Negeri
Dampak lain dari kolaborasi ekonomi antarnegara yaitu terjadinya ketergantungan suatu negara kepada negara lain. Hal ini terjadi alasannya yaitu adanya kesepakatan/perjanjian yang dihasilkan dari kolaborasi ekonomi antarnegara, yang memaksa negara yang terlibat kolaborasi tersebut untuk mematuhinya. Selain itu ketergantungan sanggup terjadi pada ketika negara berkembang ibarat Indonesia menjalin kolaborasi dengan negara maju untuk mengimpor produk-produk yang berteknologi ibarat mesin-mesin industri dan pesawat terbang/pesawat tempur. Dalam pengadaan suku cadangnya Indonesia sangat tergantung dengan negara-negara maju.

d. Terjadinya Keterikatan yang Menyebabkan Berkurangnya Kebebasan dalam Mengatur Sendiri Kegiatan Ekomoni/Perdagangan
Sebagai teladan Indonesia pernah melaksanakan kolaborasi dengan IMF untuk mendapat pemberian pencairan dana guna mengatasi krisis ekonomi. Dalam kolaborasi tersebut Indonesia harus melaksanakan nota kesepahaman (Letter of Intent) yang dibuat IMF sehingga banyak sekali kebijakan ekonomi Indonesia harus mendapat persetujuan dari IMF. Hal ini menawarkan bahwa IMF ikut campur tangan dalam kebijakan ekonomi Indonesia. Sehingga mengakibatkan berkurangnya kedaulatan dan kebebasan dalam memilih dan mengatur sendiri kebijakan dan acara ekonomi Indonesia.

e. Timbulnya Proteksi-Proteksi untuk Melindungi dan Mementingkan Negara Anggotanya Sendiri (Diskriminasi)
Kerja sama ekonomi antarnegara dibuat untuk meningkatkan perekonomian negara anggotanya dengan melindungi kepentingan negara anggota dari persaingan negara negara lain di luar anggota. Sebagai teladan NAFTA, AFTA dan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa). Masing-masing organisasi kolaborasi ini menciptakan suatu kesepakatan atau perjanjian untuk melindungi kepentingan negara anggotanya dengan membebaskan atau menurunkan bea masuk terhadap produk-produk dari negara anggotanya. Sedangkan produk dari negara di luar anggotanya dikenakan bea masuk yang tinggi. Makara adanya perlakuan yang berbeda antara produk dari negara anggota dengan produk dari negara luar anggota (diskriminasi).

f. Timbulnya Eksploitasi Sumber Daya Alam yang Berlebihan
Kerja sama ekonomi antarnegara akan mendorong suatu negara berusaha semaksimal mungkin untuk sanggup mengekspor produknya ke negara lain. Akibatnya sanggup terjadi eksploitas sumber daya alam yang berlebihan hanya untuk mengejar ekspor guna memenuhi kebutuhan negara lain, tanpa memperhatikan kelestariannya. Misalnya mengekspor kayu hutan yang berlebihan tanpa memperhatikan lingkungan sehingga akan menjadikan kerusakan hutan dan peristiwa alam.

g. Pasar Dalam Negeri Dikuasai oleh Produk Asing
Sesuai dengan klarifikasi poin a dan b di atas, maka apabila produk dalam negeri kalah bersaing dengan produk impor, risikonya selain banyak pengusaha-pengusaha dalam negeri yang gulung tikar juga pasar dalam negeri akan dikuasi oleh produk-produk negara lain. Sehingga yang diuntungkan di sini yaitu pengusaha dari negara lain.



Sekian mengenai Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara, agar bermanfaat.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Efek Negatif Kolaborasi Ekonomi Internasional"

Posting Komentar