Pengertian Globalisasi : Segi Bahasa, Istilah, & Pendapat Para Ahli

Pengertian Globalisasi Kata 'globalisasi' sungguh sangat menempel pada kehidupan kita sehari-hari. Karena bahu-membahu globalisasi merupakan suatu fenomena umum dimana gosip dan interaksi sanggup dengan gampang diakses. Tapi bahu-membahu apa sih globalisasi itu? Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan sebuah artikel yang membahas Pengertian Globalisasi dari segi bahasa dan aneka macam pendapat para ahli. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Globalisasi

Kata globalisasi bahu-membahu merupakan serapan dari bahasa ajaib yaitu bahasa Inggris globalization. Kata globalization sendiri bahu-membahu berasal dari kata global yang berarti universal yang menerima imbuhan -lization yang sanggup dimaknai sebagai proses. Kaprikornus dari asal mula katanya, globalisasi sanggup diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur gres baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup maupun teknologi secara mendunia.

Globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit alasannya yaitu akomodasi interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.

Globalisasi juga sanggup dimaknai sebagai proses dimana pengalaman kehidupan sehari-hari, ide-ide dan gosip menjadi standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan transportasi serta acara ekonomi yang merambah pasar dunia.

Seperti dua mata koin yang berbeda, globalisasi menawarakan laba yang sangat besar dalam kemajuan perekonomian suatu negara tapi disisi lain ada juga damapak negatif yang ditimbulkan menyerupai lunturnya budaya luhur alasannya yaitu seruban budaya gres dari luar.

 sungguh sangat menempel pada kehidupan kita sehari Pengertian Globalisasi : Segi Bahasa, Istilah, & Pendapat Para Ahli


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini merupakan pendapat para hebat yang mencoba mendefinisikan globalisasi, diantaranya:

1. Selo Soemardjan
Globalisasi yaitu suatu proses terbentuknya sistem organisasidan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalahuntuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama contohnya terbentuknya PBB, OKI

2. Achmad Suparman
Globalisasi yaitu sebuah proses mengakibatkan sesuatu benda atau sikap sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah .

3. Thomas L. Friedman
Globalisasi mempunyai dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi yaitu tekhnologi gosip yang telah menyatukan dunia.

4. Malcom Waters
Globalisasi yaitu sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .

5. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Globalisasi yaitu proses yang mencakup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural acara insan dan non-manusia.

6. Emanuel Ritcher
Globalisasi yaitu jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia .

7. Anthony Giddens
Globalisasi sebagai ‘intensifikasi kekerabatan sosial seluruh dunia yang menghubungkan tempat yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga bencana lokal dibuat oleh bencana yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya’.

8. Martin Albrown
Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global .

9. Princenton N. Lyman
Globalisasi yaitu pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan kekerabatan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

10. Laurence E. Rothenberg
Globalisasi yaitu percepatan dan intensifikasiinteraksi dan integrasiantara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negarayang berbeda.

11. Scholte
Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya kekerabatan internasional.Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.

Semoga artikel Pendidikan Kewarganegaraan tersebut di atas wacana Pengertian Globalisasi bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian. Apa jikalau ada dari artikel tersebut di atas kesalahan baik dari segi penulisan maupun pembahasan mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga:

  1. Ciri-ciri Globalisasi
  2. Dampak Globalisasi
  3. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Globalisasi : Segi Bahasa, Istilah, & Pendapat Para Ahli"

Posting Komentar