Hidrogel Untuk Flora Dan Aneka Macam Keperluan Lainnya

Hidrogel untuk tumbuhan sebagai media tanam yang ditempatkan dalam wadah sesuka Anda Hidrogel untuk Tanaman dan Berbagai Keperluan Lainnya
Hidrogel untuk tumbuhan sebagai media tanam yang ditempatkan dalam wadah sesuka Anda, dan terdapat banyak sekali warna pilihan (10 warna).

Hidrogel (hydrogel), di negara-negara Barat disebut crystal soil, di Jepang disebut ichigo soil, merupakan salah satu penemuan media tanam bagi Anda yang menyukai bertanam di dalam rumah dan ingin menambah unsur artistik dan keindahan yang unik di dalam rumah Anda. Ada banyak sekali warna hidrogel yang kami jual, kalau tertarik sanggup Anda lihat di kategori produk hidrogel.


Hidrogel merupakan media yang terbuat dari kristal polimer yang sanggup menyerap dan menyimpan air. Bentuknya kristal atau bulat, terdiri dari banyak sekali macam warna yang menarik (bening, merah, pink/merah jambu, biru, ungu, kuning, hijau, orange/jingga, hitam, dan pelangi) sehingga selain membantu tumbuhan Anda untuk mendapat air yang cukup, sanggup juga membantu menghias ruangan sebab keindahannya.


Cara Menggunakan Hidrogel


Hidrogel untuk tumbuhan sebagai media tanam yang ditempatkan dalam wadah sesuka Anda Hidrogel untuk Tanaman dan Berbagai Keperluan Lainnya

Hidrogel dikembangkan terlebih dahulu sebelum digunakan, dengan cara direndam didalam air:



  1. Ambil wadah dan isi dengan 1 liter air (suhu normal), rendam 5 gram hidrogel didalamnya selama 4 jam dan biarkan mengembang sendiri.

  2. Setelah mengembang, tinggal buang air yang tersisa, bilas, dan tiriskan beberapa menit.

  3. Hidrogel sudah siap untuk dipakai untuk banyak sekali keperluan


Tidak hanya tampak indah, hidrogel sanggup mengundang perhatian sebab warnanya yang mengilap menyerupai kristal.


Perawatan Hidrogel


Merawat hidrogel sangat mudah, minim perawatan. Ketika Anda sudah memakai hidrogel:



  1. Jika hidrogel mulai menyusut, semprotkan air memakai sprayer secara merata sehingga hidrogel kembali mengembang sempurna. Jumlah air yang disemprotkan sesuai dengan kebutuhan air biar hidrogel mengembang saja, jangan hingga air menggenang dibawah wadah. Bisa juga dengan mengganti dengan hidrogel yang baru, kemudian hidrogel yang mulai menyusut direndam lagi air secukupnya hingga mengembang tepat kemudian tiriskan. Cara ini dilakukan untuk menghindari penggenangan air di dalam wadah.

  2. Jika hidrogel kotor sebab kena bubuk atau sebab lain hal, hidrogel sanggup dibersihkan dengan cara dikeluarkan dari wadah, dicuci / bilas, kemudian rendam dalam air hangat selama sejam, kemudian ditiriskan kembali selama 20 menit.


Berbagai fakta hidrogel:



  1. Berfungsi sebagai pengganti tanah pada tumbuhan (jenis-jenis tumbuhan tertentu, tidak semua tumbuhan sanggup ditanam di hidrogel, selengkapnya baca di bawah). Anda tidak perlu lagi memakai pasir, batu atau media hidroponik lainnya, Anda sudah sanggup bertanam hidroponik dengan memakai media tanam hydrogel.

  2. Perawatan mudah, kalau tumbuhan sudah menyesuaikan diri dengan baik dengan hidrogelnya, kita hanya perlu menyemprot hidrogel sesekali saja dalam sebulan.

  3. Ecology friendly atau ramah lingkungan, sanggup terurai oleh mikrobakteri secara alami menjadi komponen Nitrogen, H2o (air), dan karbondioksida (CO2)

  4. Aman, tidak beracun

  5. Tidak luntur dan tidak larut dalam air

  6. Secara otomatis menyerap (absorb) dan melepaskan (release) kadar air dan nutrisi sesuai kebutuhan tanaman

  7. Kemampuan hidrogel dalam menyerap air yakni 500x berat/massa hidrogel itu sendiri.


Tanaman Vs Hidrogel


Berikut ini yakni beberapa hal yang perlu Anda ketahui SEBELUM mengaplikasikan hidrogel pada tanaman:



  • Tidak semua tumbuhan sanggup ditanam memakai hidrogel. Tanaman yang cocok ditanam di hidrogel yakni tumbuhan yang batangnya tidak berkayu, tidak memerlukan intensitas matahari pribadi atau sanggup ditanam indoor (karena hidrogel diletakkan indoor), dan tahan pada tingkat kelembapan tinggi (humid) hingga kadar air tinggi (menggenang)

  • Tanaman sayuran menyerupai sawi, caisim, selada sanggup juga ditanam di hidrogel. Caranya bibitnya disemai dulu di tanah hingga berkecambah dan berumur sebulan kemudian dipindah ke hidrogel yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

  • Tanaman akuatik menyerupai eceng gondok, lotus (teratai), dan water lily tidak sanggup ditanam di hidrogel. Meski jenis-jenis tersebut yakni tumbuhan air, mereka tetap membutuhkan persediaan air yang sangat tinggi (sangat tinggi akan prmintaan air) dan tumbuh dalam full sun environment (sinar matahari langsung).


Jenis-jenis tumbuhan yang cocok untuk hidrogel:



  • Genus Senseviera, contohnya: pengecap mertua, masonia, lorentii, dan lainnya

  • Genus Aglaonema, contohnya: tumbuhan sri rejeki, lady valentine, dona carmen, red sumatra, pride of sumatera, dan lainnya

  • Genus Cripthantus atau jenis nenas-nenasan

  • Genus Anthurium, contohnya: kuping gajah, hookery, dan lainnya

  • Genus Phylodendron, contohnya: honeylemon, phylo katak, mercy, dan lainnya

  • Sirih merah, sirih hitam, sirih belanda, dan jenis tumbuhan sirih hias lainnya

  • Genus Dracaena atau bambu-bambuan menyerupai bambu mini, bambu jepang, dan jenis bambu hias lainnya

  • Tanaman paku dan pakis

  • Tanaman Pilea cadieri

  • Tanaman lainnya yang suka kelembapan tinggi


Penggunaan Hidrogel Lainnya


Tidak hanya sebagai media tanam, hidrogel juga terkenal dipakai sebagai:



  1. Pengganti air pada bunga potong sehingga bunga tidak cepat layu

  2. Ditempatkan di ruang ber-AC untuk mengurangi udara kering

  3. Diletakkan di wadah bening (bisa berupa gelas yang terbuat dari kaca) untuk pajangan

  4. Digunakan untuk mengisi wadah untuk kreasi lilin

  5. Digunakan untuk aromaterapi dan pengharum mobil.


Jika ingin melihat aneka bibit bunga / tumbuhan dan perlengkapan berkebun silahkan kunjungi link berikut ini bibit bunga.com



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hidrogel Untuk Flora Dan Aneka Macam Keperluan Lainnya"

Posting Komentar