Tentang Bunga Alamanda Dan Keuntungannya Sebagai Obat Tradisional

 


Tanaman manis berbunga kuning ini tidak hanya terkenal dikjadikan sebagai tumbuhan hias Tentang Bunga Alamanda dan Manfaatnya Sebagai Obat Tradisional
Tanaman manis berbunga kuning ini tidak hanya terkenal dikjadikan sebagai tumbuhan hias, tapi juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Bunga alamanda banyak ditanam di pekarangan rumah warga, sehingga kita akan dengan gampang menemuinya di sekitar kita. Dalam bahasa Inggris, bunga alamanda (Allamanda cathartica L.) ini dijuluki dengan nama common allamanda atau golden trumpet. Di Sunda orang biasa menyebut bunga alamanda ini dengan nama lame areuy. Bunga alamanda berasal dari daerah tengah dan selatan Amerika.


Karakteristik Tanaman Bunga Alamanda


Bunga alamanda berwarna kuning dan mempunyai lima tepal. Bentuk bunganya seolah-olah dengan bunga kamboja dan juga adenium. Biasanya orang-orang menanamnya untuk ditanam di pekarangan rumahnya, padahal nyatanya tanaman alamanda mempunyai manfaat lain sebagai obat tradisional.


Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Apocynaceae ini sanggup tumbuh sampai mencapai ketinggian 2 meter. Batang tumbuhan alamanda akan berwarna coklat bila sudah tua. Daunnya mempunyai panjang sekitar 6-16 cm. Menghasilkan bunga beraroma harum.


Tanaman manis berbunga kuning ini tidak hanya terkenal dikjadikan sebagai tumbuhan hias Tentang Bunga Alamanda dan Manfaatnya Sebagai Obat Tradisional
Tanaman alamanda sanggup dibudidayakan dengan cara stek batang, maupun melalui biji.

Kandungan Tanaman Bunga Alamanda


Daun tumbuhan alamanda mengandung senyawa alkaloid. Buahnya mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol. Kulit batang tumbuhan alamanda mengandung saponin dan tanin. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat sebagai materi pengobatan tradisional.


Manfaat Tanaman Bunga Alamanda sebagai Obat Tradisional


Bunga alamanda yang mempunyai sifat anti basil dan antibiotik biasanya dipakai untuk mengobati penyakit malaria; menawar racun; mencegah penyakit kuning; menetralisir pendarahan akhir gigitan ular berbisa; mengobati penyakit bisul limpa.


Baca juga: Daftar Nama Bunga Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya


Sekian isu mengenai bunga alamanda dan keuntungannya sebagai obat tradisional. Walaupun bunga alamanda mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, alangkah lebih baiknya Anda mengonsumsi racikan bunga alamanda ini sesuai dengan aturan. Mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter jauh lebih baik. Semoga isu ini bermanfaat bagi Anda.


Lihat aneka macam koleksi tumbuhan alamanda kami di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tentang Bunga Alamanda Dan Keuntungannya Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar