Komponen Elektro

Dalam dunia kelistrikan khususnya dibidang elektronika, terdapat suatu elemen atau komponen elektronika. Komponen elektro merupakan suatu komponen utama yang dipakai untuk membentuk rangkaian elektro tertentu. Hal ini biasanya dikemas dalam bentuk diskrit yang mempunyai dua atau lebih terminal penghubung. Dalam suatu rangkaian elektronika, setiap komponen mempunyai tugas dan fungsinya masing - masing.
- Berfungsi sebagai Penguat.
- Berfungsi sebagai Penghambat.
- Berfungsi sebagai Penyaring.
- Berfungsi sebagai Penghantar.
- Berfungsi sebagai Pengendali.

Selain itu, pada komponen elektro juga mempunyai tipe dan nilainya masing - masing sehingga sanggup menjalankan fungsinya menurut inspirasi dan harapan dari para perancang rangkaian elektronika. Komponen Elektronika terbagi menjadi 2 yaitu Komponen Elektronika Aktif dan Komponen Elektronika Pasif.
 Dalam dunia kelistrikan khususnya dibidang elektro Komponen Elektronika
Komponen Elektronika Aktif & Komponen Elektronika Pasif
Berikut ini akan dijabarkan mengenai karakteristik dari kedua komponen tersebut :

KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF (Active Electronic Components)
Komponen elektro aktif merupakan jenis komponen elektro yang membutuhkan arus eksternal biar sanggup beroperasi. Hal ini mengambarkan bahwa komponen elektro aktif hanya akan berfungsi kalau menerima sumber arus listrik dari luar. Komponen - komponen elektro aktif menyerupai Dioda, Transistor, serta IC (Integrated Circuit) terbuat dari materi germanium, selenium, silicon, dan metal oxide.

Dioda merupakan Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah yang berlawanan. Komponen ini terdiri dari dua macam yaitu Anoda dan Katoda. Beberapa pola dioda menyerupai :
- DIAC.
- LED (Light Emitting Diode).
- Dioda Penyearah.
- Dioda Zener.
- Dioda Foto.
- Dioda Tunnel.
- Dioda Schottky.
- Dioda Laser.

Transistor berfungsi sebagai Penguat, Pengendali, Penyearah, Mixer, dan Osilator. Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis transistor yaitu :
- Transistor Bipolar (PNP & NPN).
- Transistor Foto.
- MOSFET.
- TRIAC.
- UJT.
- JFET.

Integrated Circuit atau IC merupakana komponen elektro yang terdiri dari jutaan Resistor, Transistor, dan komponen lainnya yang dipadukan dalam sebuah rangkaian elektro yang diproduksi dalam ukuran kecil. IC sanggup dikelompokkan menurut fungsinya yaitu sebagai berikut :
- IC Comparator (Pembanding).
- IC Pewaktu (Timer).
- IC Switching (Pengendali).
- IC Logic Gates (Gerbang Logika).
- IC Amplifiers (Penguat).


KOMPONEN ELEKTRONIKA PASIF (Passive Electronic Components)
Komponen elektro pasif merupakan jenis komponen elektro yang tidak membutuhkan sumber arus listrik dalam pengoperasiannya. Komponen - komponen elektro pasif menyerupai Resistor, Induktor, Kapasitor.

Resistor (Hambatan) mempunyai fungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik pada sebuah rangkaian elektronika. Satuan dari nilai Resistor yakni Ohm (Ω). Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis Transistor yaitu :
- Resistor yang bernilai tetap.
- Resistor yang sanggup diatur hambatannya (variable resistor atau potensiometer).
- Thermistor (PTC dan NTC).
-  LDR (Light Dependent Resistor).
  
Induktor (Coil) merupakan komponen elektro yang sanggup menyimpan energi (muatan) dalam bentuk medan magnet. Induktor terdiri dari susunan lilitan kawat yang membentuk sebuah kumparan. Jika dialiri arus listrik, maka Induktor akan menjadikan medan magnet. Satuan Induktor yakni Henry (H). Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis Induktor yaitu :
- Iron core inductor
- Air core inductor
- Torroidal core inductor
- Ferrite core inductor
- Variable inductor
- Laminated core inductor

Kapasitor (Capacitor) merupakan komponen elektro yang sanggup menyimpan energi (muatan) dalam bentuk medan listrik. Komponen - komponen yang termasuk kedalam Kapasitor yaitu :
- Kapasitor yang sanggup diatur nilai kapasitasnya (VARCO dan Trimmer).
- Kapasitor bernilai tetap (Keramik, kertas, mika, tantalum dan elektrolit).


Sekian pembahasan kita kali ini wacana Komponen Elektronika yang terdiri dari Komponen Elektronika Aktif dan Komponen Elektronika Pasif. Semoga Bermanfaat.

Sumber http://teknoaldebran.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Komponen Elektro"

Posting Komentar