Apa Itu Thyristor

Pada postingan kali ini kita akan membahas secara singkat apa itu Thyristor ?. Thyristor yaitu termasuk salah satu dari jenis semi konduktor. Kata Thyristor berasal dari Yunani yang berarti pintu. Berdasarkan namanya maka fungsi utama Thyristor yaitu sebagai saklar. Thyristor yang sering digunakan ada tiga jenis yakni SCR, DIAC, dan TRIAC. Pada kesempatan ini kita akan bahas jenis SCR dan TRIAC saja dulu. 

Apa Itu SCR (Silicon Controlled Rectifier)

Sebuah SCR terdiri dari tiga terminal yaitu anoda, katoda, dan gate. SCR berbeda dengan dioda rectifier biasanya. SCR dibentuk dari empat buah lapis dioda. SCR banyak digunakan pada suatu sirkuit elekronika alasannya yaitu lebih efisien dibandingkan komponen lainnya terutama pada pemakaian saklar elektronik. 

SCR biasanya digunakan untuk mengontrol khususnya pada tegangan tinggi alasannya yaitu SCR sanggup dilewatkan tegangan dari 0 hingga 220 Volt tergantung pada spesifik dan tipe dari SCR tersebut. SCR tidak akan menghantar atau on, meskipun diberikan tegangan maju hingga pada tegangan breakovernya SCR tersebut dicapai (VBRF). SCR akan menghantar jikalau pada terminal gate diberi pemicuan yang berupa arus dengan tegangan positip dan SCR akan tetap on bila arus yang mengalir pada SCR lebih besar dari arus yang penahan (IH). 

Simbol dan Struktur Thyristor (Credit Picture : wikipedia) 

Satu-satunya cara untuk membuka (meng-off-kan) SCR yaitu dengan mengurangi arus Triger (IT) dibawah arus penahan (IH). SCR yaitu thyristor yang uni directional,karena ketika terkonduksi hanya sanggup melewatkan arus satu arah saja yaitu dari anoda menuju katoda. Artinya, SCR aktif ketika gate-nya diberi polaritas konkret dan antara anoda dan katodanya dibias maju. Dan ketika sumber yang masuk pada SCR yaitu sumber AC, proses penyearahan akan berhenti dikala siklus negatif terjadi.

Apa Itu TRIAC (TRIode Alternating Current)

TRIAC tersusun dari lima buah lapis semikonduktor yang banyak digunakan pada pensaklaran elektronik. TRIAC biasa juga disebut thyristor bi directional. TRIAC merupakan dua buah SCR yang dihubungkan secara paralel berkebalikan dengan terminal gate bersama.

Berbeda dengan SCR yang hanya melewatkan tegangan dengan polaritas konkret saja, tetapi TRIAC sanggup dipicu dengan tegangan polaritas konkret dan negatif, serta sanggup dihidupkan dengan memakai tegangan bolak-balik pada Gate. TRIAC banyak digunakan pada rangkaian pengedali dan pensaklaran.

Baca Juga : Mengenal Thyristor Jenis DIAC

TRIAC hanya akan aktif ketika polaritas pada Anoda lebih konkret dibandingkan Katodanya dan gate-nya diberi polaritas positif, begitu juga sebaliknya. Setelah terkonduksi, sebuah TRIAC akan tetap bekerja selama arus yang mengalir pada TRIAC (IT) lebih besar dari arus penahan (IH) walaupun arus gate dihilangkan. Satu-satunya cara untuk membuka (meng-off-kan) TRIAC yaitu dengan mengurangi arus IT di bawah arus IH. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Itu Thyristor"

Posting Komentar