Cara Mengganti Capasitor/Kapasitor Pompa Air Yang Rusak

 Belum usang ini pompa air di rumah aku bermasalah Cara Mengganti Capasitor/Kapasitor Pompa Air yang Rusak

Belum usang ini pompa air di rumah aku bermasalah. Saya mencoba untuk mecari tahu apa masalahnya. Setelah diamati, ternyata yang bermasalah ialah capasitor/kapasitornya. Capasitor/kapasitor pompa air aku 'terbakar'. Setelah mengecek secara menyeluruh kondisi pompa airnya, alhamdulillah sanggup dipastikan hanya capasitor/kapasitornya yang bermasalah. Saya kemudian bergegas ke toko elektronik mencari capasitor/kapasitor yang menyerupai dengan pompa air saya. Kebetulan pompa air dirumah aku itu ialah pompa air kecil yang umum digunakan di rumah-rumah yang berskala kecil sehingga untuk mencari jenis capasitor/kapasitornya tidak begitu susah.

Oh yah jadi untuk mengganti capasitor/kapasitor mesin apapun itu mesti harus diperhatikan spesifikasi capasitor/kapasitor lama, semoga fungsi dan kerja mesin sanggup optimal. Hal yang harus diperhatikan dalam mengganti kapasitor apapun itu ialah nilai capasitor/kapasitornya. Misal, pompa air aku mempunyai nilai capasitor/kapasitor 8 uF maka kita harus mencari capasitor/kapasitor yang senilai dengan ini atau sedikit lebih tinggi misal capasitor/kapasitor yang mempunyai nilai 8.5 uF itu tidak masalah. Selain nilai capasitor/kapasitor penting juga kita perhatikan jenis tegangan dan nilai tegangan listriknya. 

Berikut ini kondisi capasitor/kapasitor pompa air aku yang 'terbakar' :


Saya kemudian menggantinya dengan capasitor/kapasitor yang menyerupai dengan spesifikasi capasitor/kapasitor pompa air saya, berikut gambar penampakannya :


Bagaimana cara mengganti capasitor/kapasitor pompa air ?, berikut ini caranya (menyesuaikan kondisi masing-masing pompa air) :

1. Buka penutut box daerah dimana letak capasitor/kapasitor berada dengan obeng, kemudian copot capasitor/kapasitor yang rusak tadi.

 

2. Pasang capasitor/kapasitor gres yang spesifikasinya menyerupai atau sesuai dengan capasitor/kapasitor lama. Hubungkan kembali kabel dari mesin pompa ke capasitor/kapasitor. Karena capasitor/kapasitor tidak terdapat polaritas sehingga anda tak perlu khawatir kalau memasangnya bolak-balik. Jangan lupa kembali menutup box daerah dimana capasitor/kapasitor berada.


3. Alhamdulillah pompa air aku kembali bekerja menyerupai semula.
  
Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter Kami

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengganti Capasitor/Kapasitor Pompa Air Yang Rusak"

Posting Komentar