Apa Itu Dioda (Diode)

adalah salah satu komponen elektronik yang begitu sangat dikenal sama halnya dengan Apa Itu Dioda (Diode)

Dioda adalah salah satu komponen elektronik yang begitu sangat dikenal sama halnya dengan resistor dan kapasitor. Olehnya itu pada postingan kali ini kita akan spesifik membahas problem dioda, sejarah dan menyerupai apa penerapannya.

Dioda merupakan salah satu komponen elektronik yang termasuk komponen aktif. Dibawah ini merupakan gambar yang melambangkan dioda penyearah. Sisi P disebut Anoda dan sisi N disebut Katoda. Lambang dioda menyerupai anak panah yang arahnya dari sisi P ke sisi N. Karenanya ini mengingatkan kita pada arus konvensional gampang mengalir dari sisi P ke sisi N. 

adalah salah satu komponen elektronik yang begitu sangat dikenal sama halnya dengan Apa Itu Dioda (Diode)


Awal mulanya dioda ialah sebuah piranti kristal Cat’s Wahisker dan tabung hampa (juga disebut katup termionik). Sedangkan pada ketika ini, dioda sudah banyak dibentuk dari materi semikonduktor, misalnya : Silikon dan Germanium.

Di karenakan pengembangannya yang dilakukan secara terpisah, dioda kristal (semikonduktor) lebih terkenal di bandingkan dengan dioda tabung hampa.

Dioda tabung hampa pertama kali ditemukan oleh Frederick Guthrie pada tahun 1873, sedangkan dioda kristal ditemukan pada tahun 1874 oleh peneliti asal Jerman, Karl Ferdinand Braun.

adalah salah satu komponen elektronik yang begitu sangat dikenal sama halnya dengan Apa Itu Dioda (Diode)
Gambar Macam-Maca Dioda (Credit Picture : wikipedia) 
Apa itu Dioda Tabung Hampa (Termionik) 

Dioda tabung hampa (termionik) ialah sebuah peranti katup tabung hampa yang merupakan susunan elektrode-elektrode di ruang hampa dalam sampul gelas. Dioda tabung hampa pertama bentuknya sangat menyerupai dengan bohlam listrik.

Dalam diode katup tabung hampa, arus listrik yang melalui filamen pemanas secara tidak pribadi memanaskan katode (Beberapa diode memakai pemanasan langsung, dimana filamen wolfram berlaku sebagai pemanas sekaligus juga sebagai katode), elektrode internal lainnya dilapisi dengan adonan barium dan strontium oksida, yang merupakan oksida dari logam alkali tanah. Substansi tersebut dipilih alasannya ialah mempunyai fungsi kerja yang kecil. 

Bahan yang dihasilkan menjadikan pancaran termionik elektron ke ruang hampa. Dalam operasi maju, elektrode logam disebelah yang disebut anode diberi muatan nyata jadi secara elektrostatik menarik elektron yang terpancar. Walaupun begitu, elektron tidak sanggup dipancarkan dengan gampang dari permukaan anode yang tidak terpanasi ketika polaritas tegangan dibalik. Karenanya, pemikiran listrik terbalik apapun yang dihasilkan sanggup diabaikan.

Apa itu Dioda Semikonduktor

Dioda ini sebagian besar terdapat pada teknologi pertemuan antara P-N semikonduktor. Pada dioda P-N terdapat arus yang mengalir dari sisi Tipe-P (anoda) menuju sisi Tipe-N (katoda), akan tetapi tidak sanggup mengalir ke arah sebaliknya. Dioda semikonduktor mempunyai tipe lain yaitu dioda schottky yang di bentuk dari pertemuan antara logam dan semikonduktor sebagai ganti dari pertemuan P-N konvensional.

Penerapan Dioda Dalam Kehidupan Sehari-hari

Hampir semua peralatan elektronik memerlukan sumber arus searah. Pada umumnya Dioda ini dipakai sebagai penyearah untuk mendapat arus searah dari suatu arus bolak-balik. Arus atau tegangan tersebut harus benar-benar rata dilarang berdenyut-denyut biar tidak menjadikan gangguan bagi peralatan yang dicatu.


Dioda sebagai salah satu komponen aktif sangat popular dipakai dalam rangkaian elektronika, alasannya ialah bentuknya sederhana dan penggunaannya sangat luas. Ada beberapa macam rangkaian dioda, diantaranya: penyearah setengah gelombang (Half-Wafe Rectifier), penyearah gelombang penuh (Full-Wave Rectifier), rangkaian pemotong (Clipper), rangkaian penjepit (Clamper) maupun pengganda tegangan (Voltage Multiplier). [BT]

Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Itu Dioda (Diode)"

Posting Komentar