√ Pengertian Populasi Dan Sampel Penelitian Beserta Contoh

Populasi dan Sampel – Artikel ini akan membahas wacana pengertian berikut pola populasi dan sampel dalam metodologi penelitian. Hal pertama yang dibahas pengertian populasi, populasi ialah wilayah general. Yang dimaksud wilayah general ialah wilayah yang terdiri dari subjek dan objek yang mempunyai aksara dan kuantitas tertentu dan sudah ditetapkan oleh peniliti biar sanggup dipelajari maka dari itu sanggup diambil kesimpulannya.


Dengan demikian populasi mempunyai tugas penting untuk membantu peneliti biar mendapat hasil yang diinginkan. Populasi dalam penelitian mempunyai sifaf yang umum berupa benda alam atau makhluk hidup. Selain itu populasi tidak hanya soal jumlah objek jan subjek yang dipelajari dan teliti, tetapi populasi harus membuktikan sifat dan semua aksara yang ada dalam subjek dan objek penelitian.


Satu orang dalam penelitian juga dianggap sebagai populasi sebab satu orang itu mempunyai karakter, hobi, gaya bicara, bah kan kepribadian dan masih banyak lagi. Ada beberapa andal yang mengemukakan klarifikasi mengenai populasi, diantaranya adalah.


 Artikel ini akan membahas wacana pengertian berikut pola populasi dan sampel dalam  √ Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian Beserta Contoh


Pengertian Pepulasi Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Arikunto

    Populasi ialah objek yang semuanya dipakai untuk penelitian. Jika seseorang yang ingin meneliti seluruh karakteristik dan elemen dalam suatu wilayah penelitian, dan penilitian itu termasuk penelitian populasi.

  2. Menurut Ismiyanto

    Populasi ialah totalitas atau seluruh subjek penelitian sanggup berupa benda, orang atau hal lain yang di dalamnya sanggup dijadikan gosip penting berupa data penelitian.

  3. Menurut Sugiono

    Populasi ialah wilayah deneralisasi dan di dalamnya terdiri dari aksara atau kualitas yang sudah ditetapkan peneliti supaya sanggup dipelajari.


Sebenarnya populasi dan sampel itu mempunyai kekerabatan sebab sampel cuilan dari populasi. Sampel ialah cuilan aksara atau ciri yang dimiliki oleh populasi tertentu. Dan sanggup dibilang sampel merupakan sebagian kecil yang diambil dari anggota populasi dari mekanisme yang ditentukan maka dari itu sanggup dipakai untuk wakil populasi.


Sampel diambil dikarenakan jumlah populasi yang besar sehingga sulit kalau peneliti mempelajari semuanya, sebab akan memakan banyak waktu tenaga dan biaya penelitian. Berikut pengertian sampel berdasarkan beberapa para ahli.


Pengertian Sampel Menurut Para Ahli :



  • Menurut Riduan

    Bagian dari populasi yang mempunyai ciri – ciri atau keadaan tertentu yang akan diteliti.

  • Menurut Gulo

    Himpunan yang bangian / subset dari suatu populasi, sampel menunjukkan citra yang benar mengenai populasi.

  • Menurut Sugiyono

    Sampel ialah cuilan dari jumlah dan aksara yang dimiliki populasi tersebut.


Setelah memahami yang dimaksud dengan populasi dan sampel, maka kini niscaya sudah paham dengan peranan populasi dan sampel bukan? Populasi dan sampel penelitian mempunyai beberapa contoh, berikut pola populasi dan sampel dalam metodologi penelitian :


Contoh Populasi Dalam Penelitian :


Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV di Jatimulyo kecamatan lowokwaru Kota Malang yang terdiri dari 5 sekolah dengan klasifikasi sebagai berikut


















































No.Nama SMAJumlah Siswa kelas XI
1SDN 1 Jatimulyo26
2SDN 2 Jatimulyo26
3SDN 5 Lowokwaru23
4SDN 4 Jatimulyo25
5SDN 2 Merjosari21
6SDN 1 Dinoyo20
7SDN 1 Kendalsari19
jumlah160

Berdasarkan jumlah ke 7 SDN di Jatimulyo, ada 4 SD Yang sudah diuji homgenitasnya dan normalitasnya, dan kesannya data berdistribusi normal dan homogen, yaitu SDN 2 Jatimulyo, SDN 5 Lowokwaru, SDN 4 Jatimulyo, SDN 2 Merjosari dan SDN 1 Dinoyo.


Contoh Sampel Penelitian :


Sampel penelitian in yaitu siswa kelas IV SDN 1 Jatimulyo sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Dinoyo sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel memakai teknik sampling yaitu teknik Cluster Random. Sugiono menyatakan bahwa tenik pengambilan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data luas. Ada 2 tahap penggunaan teknik cluster random sampling yaitu tekni Cluster Random dan memilih objek yang sanggup dijadikan penelitian pada kawasan yang terpilih dan dilakukan secara acak.


Dalam penelitian ini ada tahapan yang dilakukan peneliti yaitu mengambil secara eksklusif 1 Gugus di kecamatan Lowokwaru, kemudian sanggup terpilih SDN Jatimulyo dan peneliti memiih secara acak SDN di jatimulyo, kemudian mendapat sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 1 Jatimulyo yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Dinoyo 20 siswa sebagai kelas control, dan SDN Jatimulyo 4 berjumlah 25 siswa sebagai uji coba.


Itulah artikel yang membahas mengenai populasi dan sampel dari pengeritian sampai pola populasi dan sampel. Semoga gampang untuk dipahami oleh pembaca. Guna menambah wawasan anda dalam mempelajari metodologi penelitian, jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya mengenai Analisis SWOT yang telah kami ulas sebelumnya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Populasi Dan Sampel Penelitian Beserta Contoh"

Posting Komentar