√ Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif + Pola Perbedaanya

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif – Dalam metode penelitian ada dua unsur yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif  dan langkah yang dijalankan untuk penyusunannya. Metodologi berasalah dari bahasa yunani yitu metodos dna logos. Methodos (metode) methodos terdiridari dua kata yaitu metha yang berarti melewati, menempuh atau melalui sedangkan kata hodos berarti cara atau jalan.


Sedangkan pengertian metode yaitu cara atau jalan yang ditempuh mencapai tujuan dan pengertian logos yang berarti ilmu atau bersifat yang ilmiah. Makara metodologi yaitu merupakan ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran dan menggunakan penelusuran dengan urutan dan tata cara sesuai apa yang dikaji atau diteliti secara ilmiah. Pengertian metode penelitian berdasarkan para ahli.


Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif √ Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contoh perbedaanya


Pengertian Metode Menurut Para Ahli :



  1. Nasir


Metode penelitian yaitu cara utama digunakan peneliti untuk pencapaian tujuan dan menentukan jawab atas persoalan yang ditujukan.



  1. Winarno


Metode penelitian yaitu acara ilmiah yang dilakukan menggunakan teknik yang diteliti dan sistematik.



  1. Muhiddin Sirat


Metode penelitian yaitu cara menentukan masalh dan penentuan judul oenelitian.



  1. Sugiyono


Metode penelitian yaitu cara ilmiah dengan tujuan mendapat data dengan kegunaan tertentu.



  1. Rosdy ruslan


Metode penelitian yaitu proses acara menulis  secara ilmiah yang kaitannya dengan cara kerja maka dari itu sanggup membedakan atara subjek dan objek  di dalam penelitian. Metode penelitian memiliki jenis dua jenis penelitian yaitu Penelitian kualitatif dan kuantitatif.


Penelitian Kualitatif


Penelitian kualitatif adalah proses penelitian yang menggunakan wawancara dan lebih banyak menelaah sumber literature yang ada. Sumber ini dipergnakan di landasan teori yang sering dikenal tinjauan pustaka. Penelitian ini lebih menekan di aspek pemahaman dengan mendalami pada suatu permasalahan dari pada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi.  Berikut pengertian penelitian kualitatif berdasarkan para ahli.


Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli



  1. Koentjaraningrat


Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang terdiri dari 3 model  format deskriptif , format verifikasi, dan format grounded research. Penelitian ini digunakan dengan metode kualitatif degna desain deskriptif, penelitian dengan citra secara cermat perihal individu atau kelompok tertentu mengenai keadaan dan tanda-tanda yang terjadi.



  1. Moleong


Penelitan kualitatif yaitu penelitian untuk mehami fenimena perihal apa yang dialami subjek penelitian ibarat perilaku, persepsi, motivasi, tindakan. Secara holistic dengan cara deskripsi bentuk kata kat dan bahasa, pada kontek khusus tertentu yang alamiah dan memanfaatkan bermacam-macam metode alamiah.



  1. Bogdan dan taylor


Penelitian kualitatif yaitu mekanisme penelitian menghasilkan data deskriptif kata – kata tertulis atau lisn dari orang daperilaku yang sanggup diamati.



  1. David Williams


Penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data pada latar alamiah yang menggunakan metode alamiah dan dilakukan seseorang atau peneliti yang tertarik.


Pengertian Penlitian Kuantitatif Menurut Para Ahli


Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang pengukuran data penelitiannya menggunakan angka numeric degnan data diambil dari proded pembuatan kuesioner. Biasanya dalam metode ini menghitung menggunakan SPSS. Penelitian ini menekankan pengukuran dengan objektif pada fenomena sosial. Agar sanggup melaksanakan pengukuran pada fonomena sosial diuraikan kedalam kompenen masalah, variabel dan indikator.



  1. Sugiyono


Penelitian kuntitatif yaitu yang didasari dari filsafat posoivisme digunakan untuk meneliti sample dan populasi penelitian, teknik pengambilan sampel biasanya dilakukan secara acak atau random sampling. Jika pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan instrument penelitian yang dipakai, analisis data yang digunakan memiliki sifat kantitatif atau sanggup diukur menggnakan tujuan untuk menguji hipotesis yang sudah tditetapkan seblumnya.



  1. Kasiram


Penelitian kuantitatif yaitu penetilitan yang menggunakan proses data berupa angka untuk alat menganalisis dan melakukankajisn penelitian, mengenai apa yang di teliti.



  1. Nana sudjana danibrahim


Penelitian kuantitatif yaitu penelitan yang berdasarkan asumsi, kemudian ditentukan variabel, dan kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian yang valid, terutama pada penelitian kuantitatif.



  1. Suriasumantri


Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan menggunakan kajian pemikiran yang memiliki sifat ilmiah. Kajiannya biasanya menggunakan proses logico – hypotheico – verifikatif dalam langkah – langkah penelitian yang sedang dilakukan.


Mengenai dua metode penelitian, ada beberapa hal yang beda antara penelitan kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Berikut Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.


Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif



  1. Jenis data


Biasanya penelitian kualitatif menggunakan jenis data goresan pena bukan angka. Seperti penelitian yang membahas mengenai aksara seorang siswa SMA. sehingga data penlitian berupa rajin, tidak rajin, atau cukup rajin. Sementara data kuantitatif biasanya berbentuk angka. Misalnya ibarat 90, 80, 70, 85 dan seterusnya.



  1. Jenis teori


Biasanya penelitian kuantitatif menggunakan teori yang memiliki sifat deduktif. Maksudnya proses penelitian dilakukan dari hal yang memiliki sifat umum hal yang bersifat khusus. Sedangkan penelitian kualitatif penelitian dilakukan dengan terbalik. Peristiwa khusus sanggup dijadikan suatu landasan supaya mendapat kesimpulan insiden secara umum atau teori indktif.



  1. Proses analisis


Seperti  yang sudah dikaakan diawal bahwa penelitian kuantitatif banyak menggunakan teknik analisis untuk mendapat kesimpulan. Teknik analisis meperoleh kesimpulan. Teknik analisis sanggup saja mendapat menggunakan diagram, tabel, dan lain sebagainya. Tetapi  penelitian kualitatif analisis hanaya dilakukan atas dasar data yang ditemukan di lapangan. Data tersebut dianalisis menggunakan cara mengeneralisasikan supaya mendapat kesimpulan yang memiliki sifat umum.



  1. Perihal tujuan


Penelitan kualitatif mempnyai tujuan untuk memberi nilai atau mengkritik dari teori yang ada. Sedangkan kuantitatif peneliti malah melaksanakan uji coba pada teori tersebut. Contohnya yaitu penelitian yang mengkritik bahan pada buku pelajaran. Penellitian ini, penelitian yang mencoba malakukan analisa pada kesalahan buku tersebut, dan menunjukkan pebenaran. Sedangkan referensi kuantitatif peneliti melaksanakan uji coba sebah buku kemudian dikembangkan dengan sanggup berdiri diatas kaki sendiri kepada siswa.


Contoh Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif




  1. Contoh penelitian kualitatif





  • Analisis nilai aksara yang terkandung pada lagu anak

  • Analisis banyak sekali faktor penyebab siswa terlambat sekolah

  • Analisis nilai kasatmata dalam lagu nasional

  • Analisis perkembangan anak usia sekolah dini

  • Analisis etika siswa Sekolah Menengah Pertama Harapan Jaya terhadap guru yang tidak professional

  • Analisis waktu berguru siswa berprestasi

  • Analisis tata ruang kantor terhadap kinerja karyawn PT.X

  • Makna upacar hari nasional bagi siswa

  • Mengidentifikasi hal yang menghipnotis motivasi berguru murid

  • Mengidentifikasi hal yang menghipnotis motivasi berguru murid




  1. Contoh penelitian kuantitatif





  • Valuasi jadwal pemberdayaan perjuangan mina pedesaanpada masyarakat pesisir jawa timur

  • Partisipasi masyarakat dalam jadwal bank sampah

  • Transformasi struktur sosial dan sektr unggulan kabupaten tulungagung peiode 2009 – 2014

  • Transformasi pekerja informal kea rah formal : analisis deskriptif dan regresi logistic

  • Pengaruh perkembangan sector perdagangan, hotel dan retoran kota malang terhadap sector pertanian dartah lainnya di jawa timur

  • Analisis faktor yang besar lengan berkuasa terhadap pengentasan kemiskinan di papua : analisis FEM Data Panel

  • Dampah jadwal santunan operasional sekolah (BOS) terhadap tingkat putus sekolah di Indonesia : analisis DID

  • Analisis efek pembangunan jalan tol terhadap pertumbuhan perjuangan ekonomi rakyat di teminabuan provinsi papua barat


Baca juga : Variabel penelitian


Demikianlah ulasan warta mengenai bahan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang sanggup kami paparkan. Semoga sanggup menunjukkan refrensi yang bermanfaat untuk sobat sahabat yang sedang dalam proses menuntaskan kiprah karya ilmiahnya. Selamat berguru dan Semoga selalu berprestasi!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif + Pola Perbedaanya"

Posting Komentar