√ Pengertian Kurikulum 2013 (K13) Dan Komponen + Fungsinya

Kurikulum 2013 – Pengertian kurikulum secara umum, kurikulum yaitu sistem planning dan pengaturan yang membahas isi dan materi pembelajaran yang menjadi pedoman acara berguru mengajar. Secara bahasa pengertian kurikulum berasal dari istilah curriculum dari bahasa inggris, kurikulum yaitu planning belajar. Dan curriculum berasal dari bahasa latin currere yang memilik beberapa arti yaitu berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani, dan berusaha untuk. Banyak sekali bebrapa pendapat yang mebahas wacana pengertian kurikulum berdasarkan parah jago sebagai berikut.


Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli :


• UU No. 20 tahun 2003

Pengertian kurikulum yaitu Seperangkat planning dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi, materi didik dan cara dipakai sebagai pedoman penyelenggaraaan kegiatan berguru untuk mendapat sebuah tujuan pendidikan nasional.


• Dr. H. Nama Sudjana (2003)

Pengertian kurikulum yaitu Niat dan impian dituangkan kedalam planning atau jadwal pendidikan yang dilakukan para pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat dan rencana, untuk pelaksanaannya yaitu proses berguru mengajar. Yang terlibat dalam proses yaitu pendidik dan penerima didik.


 kurikulum yaitu sistem planning dan pengaturan yang membahas isi dan materi pembelajaran y √ Pengertian Kurikulum 2013 (K13) dan Komponen + Fungsinya


• Drs. Cece Wijaya, dkk

Pengertian kurikulum yaitu Semua jadwal dan kehidupan dalam sekolah.


• Harsono (2005)

Pengertian kurikulum yaitu Gagasan pendidikan yang dilakukan dengan praktek. Seluruh jadwal yang bersiklus dari instituso pendidikan.


• H. Hasan (1992)

Kurikulum mempunyai sifat yang fleksibel. Sebagai suatu pemikiran pendidikan untuk diklat, sehingga dalam teoritik dikembangkan dalam kurikulum sebagai perencanaan dan dianggap kaidah pengembang kutikulum.


Itu lah tak sedikit ulasan wacana pengertian kurikulum berdasarkan para ahli, berikut pembahasan wacana fungsi kurikulum dan komponen kurikulum sebagai berikut.


Fungsi Kurikulum :



  • Fungsi kurikulum yaitu sebagai alat pendidikan yang mempunyai aneka macam macam fungsi pendidikan.

  • Fungsi pembiasaan sebagai penyesuanian, kempampuan pembiasaan diri dengan perubahan yang dilingkungannya alasannya yaitu lingkungkan bersifat dinamis atau biasa berubah – ubah.

  • Fungsi intergrasi sebagai pembiasaan yang mengartikan bawah kurikulum sebagai alat pendidikan yang bisa menghasilkan langsung yang sanggup di butuhkan di masyarakat.

  • Fungsi diferendiasi sebagai alat yang menawarkan pelayanan dari bermancam – macam perbedaan disetiap siswa harus dihargai dan dilayani.

  • Fungsi persiapan sebagai persiapan yang mempunyai arti bahwa kurikulum adalag alat pendidikan yang mempersiapakan siswa kejenjang lebih tinggi dan memperisapkan diri semoga bisa hidup bermasyarakat.

  • Fungsi pemilihan sebagai pemilihan yang menawarkan kesempatan siswa semoga mentukan jadwal berguru sesuai minat bakatnya sendiri,


Fungsi diagnostic mengandung makna kurikulum sebagai alat pendidikan yang sanggup mengarahkan dan paham potendi siswa dan kelemahan dalam dirinya. Dngan mengharapkan siswa sanggup membuatkan potensi dan melaksanakan perbaikan pada kelemahannya.


Komponen Kurikulum :


• Komponen tujuan

Sistem pembelajaran yang dipakai untuk pencapaian tujuan alasannya yaitu berhasil atau tidak sistem pemblajaran dinilai dari banyaknya tujuan yang tercapai.


• Komponen isi (bahan pengajar)

Sesuatu yang diberikan ke anak didik untuk dijadikan materi berguru mengajar untuk pencapaian tujuan.


• Komponen strategi

Yang mengarah kepada pendekatan, metode, dan alat pembelajaran. Mengadakan penilaian, mengadakan bimbingan dan mengatur kegiatan.


Pengertian Kurikulum 2013 K13 :


Pengertian kurikulum 2013 atau K13 secara umum yaitu langkah lanjutan pengembangan yang berdasarkan kompetensi yang sudah dirintis tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mengandung kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan terpadu. Pengertian kurikulum 2013 yaitu kurikulum yang mengintegrasikan kemampuan,tema, konsep, dan topic yang di bentuk dalam disiplin tunggal, mengandung beberapa disiplin dan mengandung beberapa pembelajaran.


Menurut Mulyasa pengertian kurikulum 2013 yaitu lebih menekan pendidikan karakter, terutama tingkat dasa, yang menjadi pondasi bagi tingkat berikutnya. Pengertian kurikulum 2013 yaitu pedoman mengajar terdiri 4 aspek penilaian yaitu pengetahuan, keterampilan, sosial dan spiritual.


Baca juga : Media pembelajaran


Perkembangan kurikulum 2013 di Indonesia merupakan penggantidari kuriklum KTSP. Kurikulum ini mempunyai kelemahan berarap proses berguru lebih leluasa tetapi ada penambahan jam belajar, penggunaan UN sebagai penilaian standard peoses berguru siswa aktif. Kelebihan mempunyai konsep yang terang terhadap lulusan yang ingin dicapai, mengemas mata pelajaran lebih maknai dalam kehidupan sehari hari. Itulah perkembangan kurikulum 2013 di indonesia yang mempunyai kelebihan dan kelemahan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Kurikulum 2013 (K13) Dan Komponen + Fungsinya"

Posting Komentar