Cara Memperbaiki Dinamo Starter Kendaraan Beroda Empat Yang Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil – Ada aneka macam komponen kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat bisa distarter atau dinyalakan. Nah salah satu komponen yang paling penting yaitu Dinamo Starter. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka bisa berakibat kendaraan beroda empat menjadi mogok dan tidak bisa dinyalakan. Tentu hal tersebut akan menciptakan kita kebingungan, lantaran sejatinya kendaraan beroda empat hanya mengandalkan starter untuk menghidupkan mesin.




Yah, kendaraan beroda empat memang berbeda dengan sepeda motor. Pasalnya kebanyakan sepeda motor mempunyai kick starter yang bisa menjadi alternatif dalam menghidupkan mesin. Sebenarnya mesih kendaraan beroda empat masih bisa dinyalakan apabila didorong, namun solusi tersebut hanya berlaku untuk kendaraan beroda empat bertransmisi manual dan tidak bisa masbro terapkan pada kendaraan beroda empat matic. Alhasil kita harus tiba ke bengkel untuk memperbaiki dinamo starter yang mengalami kerusakan, sehingga kendaraan beroda empat bisa kembali dihidupkan.


Fungsi Dinamo Starter Mobil


 Ada aneka macam komponen kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat bisa distarter atau dinyalakan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang RusakSecara teknis bisa dikatakan, Dinamo Starter yaitu komponen yang berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Fungsinya berbeda dengan Dinamo Ampere yang mempunyai fungsi untuk menyuplai listrik ke aki ketika mesin hidup. Yah, banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Dinamo Starter dan Dinamo Ampere (Alternator). Kedua komponen tersebut sama pentingnya dan mempunyai kiprah sangat penting terhadap sistem starter mobil.


Dinamo starter hanya bekerja ketika mesin dihidupkan, dan sehabis menyala giliran alternator yang bekerja. Kaprikornus apabila kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan, maka besar kemungkinan terjadi lantaran dinamo starter mengalami kerusakan. Untungnya cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang rusak cukup mudah. Masbro bisa mengikuti beberapa langkah yang kami sampaikan pada artikel kali ini.


Komponen Dinamo Starter Mobil


 Ada aneka macam komponen kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat bisa distarter atau dinyalakan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang RusakSebelum membahas mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu apa saja komponen yanga ada di dalam dinamo starter sehingga nantinya kita bisa dengan praktis memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang rusak. Nah untuk mengetahui apa sja komponennya silahkan simak dibawah ini.



  1. Pole Core : Komponen yang pertama yaitu Pole Core. Fungsinya yaitu sebagai penopang dan untuk memperkuat medan magnet dihasilkan filed coil.

  2. Yoke : Fungsi Yoke yaitu sebagai kawasan pole core yang kemudian diikat dengan sekrup biar berpengaruh dan presisi

  3. Amarture & Shaft : Fungsi komponen dinamo starter kendaraan beroda empat ini yaitu berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar

  4. Amarture Brakle : Komponen penting lainnya yaitu Amarture Brakle yang berfungsi untuk melaksanakan pengereman putaran armature sehabis lepas dari perkaitan dengan roda penerus yang terletak pada penggalan belakang dinamo starter

  5. Starter Clutch : Fungsi komponen Starter Clutch yaitu untuk memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus biar sanggup berputar

  6. Sift Lever : Kompone dinamo starter ini sering disebut sebagai Drive Lever. Fungsinya yaitu untuk mendorong pinion gear kearah posisi berkaitan dengan ring gear ketika solenoid switch bekerja

  7. Solenoid Swhitch : Banyak orang yang menyebut komponen ini sebagai Magnetic Switch. Fungsinya sama saja, yakni untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke dan dari roda penerus. Selain itu, komponen dinamo starter tersebut juga berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki menuju filed coil, armature, dan ground biar dinamo starter sanggup berputar.

  8. Brush : Fungsi Brush yaitu untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil melalui commutator

  9. Pinion Gear : Fungsi komponen tersebut yaitu untuk meneruskan daya putar starter menuju mesin dengan cara memutar ring gear


Nah itulah bermacam-macam komponen dinamo starter yang berperang penting terhadap kinerja dinamo starter kendaraan beroda empat dalam menghidupkan mesin. Apabila salah satu komponen di atas mengalami kerusakan parah, maka bisa menimbulkan kendaraan beroda empat tidak bisa distarter atau dinyalakan. Lalu apakah yang menimbulkan kerusakan dinomo starter kendaraan beroda empat ? Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak dibawah ini.


Penyebab Kerusakan Dinamo Starter Mobil


 Ada aneka macam komponen kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat bisa distarter atau dinyalakan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang RusakKerusakan komponen kendaraan beroda empat tentu ada penyebabnya. Sebelum memperbaiki kerusakan tersebut, ada baiknya masbro terlebih dahulu mencari penyebabnya. Hal ini sangat penting biar nantinya tidak mengalami insiden serupa ataupun untuk mengantisipasi biar hal tersebut tak terjadi pada kendaraan beroda empat kesayangan.



  1. Salah satu penyebab kerusakan dinamo starter yang paling sering terjadi yaitu dikarenakan aki soak atau setrum aki kurang. Seperti yang kita ketahui bersama, aki bertugas untuk mengalirkan arus listrik ke starter, jadi apabila daya aki kurang maka tidak akan bisa menghidupkan dinamo starter dan sering kali terdengar suara menggelitk dengan interval cepat.

  2. Penyebab lainnya yaitu lantaran Solenoid starter mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut sering kali terjadi pada gulungan (Switch) yang terdiri dari dua gulungan, yakni Hold In Coil dan Pull In Coil.

  3. Apabila kerusakan dikarenakan pull in coil, maka berakibat daya magnet yang menahan gear pinion berkurang, sehingga menciptakan gear pinion starter bergerak mundur.

  4. Kerusakan dinamo starter kendaraan beroda empat juga bisa terjadi lantaran karbon brush habis yang menimbulkan gear pull in coil tidak sanggup bekerja optimal mendorong pinion gear

  5. Penyebab selanjutnya yaitu lantaran gulungan didalam motor starter terbakar


Cara Mengecek dan Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak


 Ada aneka macam komponen kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat bisa distarter atau dinyalakan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang Rusak


Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak


Kerusakan pada dinamo starter harus segera diperbaiki biar nantinya kendaraan beroda empat sanggup dihidupkan secara normal. Cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat juga cukup gampang. Masbro bisa mencobanya sendiri dirumah atau pergi ke bengkel kendaraan beroda empat terdekat biar bisa diperbaiki oleh teknis yang sudah andal dan berpengalaman. Nah bagi masbro yang lebih menentukan memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat sendiri, maka silahkan simak caranya berikut ini.


1. Memeriksa Soket Otomatis


Cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat rusak yang pertama yaitu dengan memerika soket otomatis yang ada pada Dinamo Starter. Cara ini bisa digunakan apabila starter kendaraan beroda empat tidak sanggup berfungsi, namun indokator pada dashboard menyala ataupun berkedip. Nah untuk menyidik soket otomatis tersebut, silahkan simak caranya dibawah ini.



  1. Periksalah terlebih dahulu kabel kecil yang menghubungkan antara soket otomatis ke dinamo starter.

  2. Kemudian lihat kondisi kabel kecil tersebut, apakah terputus atau terlepas.

  3. Jika kondisi kabel masih bagus, maka langkah selanjutnya yaitu menyidik penggalan sikring serta relaynya.

  4. Untuk mengetahui apakah kerusakan berasal dari relay atau sikring yaitu dengan cara menstarter mobil, kemudian dengarkan apakah ada suara “klek” atau tidak. Apabila terdengar suara tersebut, maka kemungkinan penyebab kerusakan dinamo starter kendaraan beroda empat bukan berasal dari relay dan sikring, namun masalahnya berasal dari komponen yang lainnya.

  5. Nah apabila tidak menemukan kerusakan pada penggalan soket otomatis, maka lebih baik masbro membawa kendaraan beroda empat ke bengkel terdekat biar nantinya didiagnosa apakah yang menimbulkan kerusakan pada dinamo starter.

  6. Agar bisa membawa kendaraan beroda empat ke bengkel kita harus terlebih dahulu menghidupkan mobil. Mengingat dinamo starter mati, maka otomatis kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan melalui starter. Untuk mengatasi kondisi darurat tersebut, masbro bisa mencoba menyalakan mesin dengan cara kendaraan beroda empat didorong. Namun cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat tersebut hanya berlaku untuk kendaraan beroda empat bertransmisi manual dan jangan sekali-kali mencobanya pada kendaraan beroda empat matic.


2. Periksa Klem Aki


Sebelum memutuskan membeli aki kendaraan beroda empat baru, ada baiknya masbro terlebih dahulu menyidik klem kabel aki yang ada pada terminal konkret dan negatif. Sering kali baut klem yang melekat pada aki sudah longgar sehingga aki tidak bisa mengalirkan daya listrik secara tepat ke dinamo starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang rusak apabila masalahnya ibarat ?



  1. Buka terlebih dahulu kap mesin, kemudian cari lokasi kawasan penyimpanan aki.

  2. Setelah itu tinggal cek apakah klem kabel aki pada terminan konkret dan negatif

  3. Apabila baut sudah longgar, maka masbro harus mengencangkannya

  4. Namun apabila klem masih terpasang sempurna, maka cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang paling tepat yaitu dengan cara menjumper aki.

  5. Bagi pemilik kendaraan beroda empat manual juga bisa mencoba mendorong kendaraan beroda empat yang fungsinay sama dengan menjumper aki


3. Periksa Kabel Aki


Tanda kerusakan dinamo starter kendaraan beroda empat yang disebabkan kabel aki yaitu kendaraan beroda empat tidak bisa menyala dan indikator aki pada dashboard mati. Lalu bagaimana cara memperbaikinya ?



  1. Periksa kabel aki, apakah kabelnya longgar atau bahkan ada yang putus.

  2. Namun apabila kabel terpasang sempura dan tidak ada yang longgar atau putus, maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen dinamo starter. Untuk memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang rusak tersebut, mau tak mau kita harus tiba kebengkel biar bisa ditangani oleh teknisi yang sudah berpengalaman terhadap kerusakan komponen dinamo starter mobil

  3. Jangan ragu membeli dinamo starter kendaraan beroda empat gres apabima dinamo starter yang usang sudah tidak bisa diperbaiki atau riskan untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Namun sebelum itu, lebih baik masbro mencoba cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat berikut ini


4. Menjumper Aki Mobil


Kinerja dinamo starter sangat bergantung pada aki. Pasalnya aki akan menyalurkan daya listrik ke dinamo starter yang menciptakan kendaraan beroda empat sanggup menyala. Nah apabila kondisi aki kendaraan beroda empat terlalu lemah atau bahkan sudah soak, maka aki kendaraan beroda empat tidak akan berpengaruh menyalurkan daya listrik ke dinamo starter dan akan secara otomatis akan memutar flywheel yang menimbulkan suara menggelitik (cetek-cetek). Nah untuk memperbaikinya silahkan simak dibawah ini.



  1. Coba jumper aki kendaraan beroda empat mobil dengan aki lainnya, dan untuk mengetahui bagaimana cara jumper aki kendaraan beroda empat yang benar silahkan simak isu otomotifo.com sebelumnya

  2. Biasanya mesin pribadi menyala apabila dijumper. Namun apabila tidak berhasil, maka masbro bisa mencoba terlebih dahulu mengisi daya aki.

  3. Jika kondisi aki sudah tak memungkinkan untuk diisi atau diperbaiki, maka mau tak mau masbro harus membeli aki kendaraan beroda empat yang baru


Nah demikianlah cara memperbaiki dinamo starter kendaraan beroda empat yang bisa dilakukan dirumah. Apabila semua cara di atas tidak berhasil, maka mau tak mau masbro harus tiba ke bengkel terdekat biar bisa dilakukan pengecekan untuk menentukan penyebab kerusakan dinamo starter mobil.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Pembersih Kaca Mobil BerjamurHarga Mobil Brio Bekas
Harga Xpander BekasModifikasi Satria FU

Dinamo starter yang rusak memang harus segera diperbaiki biar nantinya tidak merembet ke penggalan lainnya. Terlebih tanpa adanya dinamo starter kita tidak bisa menghidupkan mobil. Dinamo starter yang rusak memang harus segera diperbaiki biar nantinya tidak merembet ke penggalan lainnya. Terlebih tanpa adanya dinamo starter kita tidak bisa menghidupkan mobil. Kaprikornus jangan sepelekan duduk kasus ini biar nantinya kita bisa beraktifitas secara normal tanpa perlu khawatir mobil mogok ketika dihidupkan.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memperbaiki Dinamo Starter Kendaraan Beroda Empat Yang Rusak"

Posting Komentar