Berapa Peluang Diterima Snmptn Pilihan Pertama Dan Pilihan Kedua?

Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua – Halo-halo. Gimana nih kabar persiapan SNMPTN? Beberapa dari lo mungkin udah mencari tau banyak sekali hal ihwal SNMPTN, mulai dari pendaftaran, persyaratan, prosedur seleksi ataupun jurusan yang pengen lo ambil. Nah dalam menentukan Perguruan Tinggi Negeri atau jurusan, mungkin lo kini mulai bingung, sebaiknya SNMPTN milih Perguruan Tinggi Negeri mana, sebaiknya daftar jurusan apa dan banyak sekali pertanyaan lain. Nah dalam artikel kali ini gue cuma pengen ngasih ulasan atas hasil survei SNMPTN 2015, terutama ihwal pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan pilihan jurusan.


Pertama gue mau ngasih tau aja kalo Halo Kampus melalui twitter @info_SNMPTN sudah ngadain survei SNMPTN tahun 2013, 2014 dan termasuk 2015 lalu. Tujuannya survei buat apa sih?



  1. Panitia SNMPTN tidak mempublikasikan indikator evaluasi maupun proses evaluasi SNMPTN. Kaprikornus hasil SNMPTN itu ga bisa diprediksi.

  2. Indikator Penilaian SNMPTN yang dipublish beberapa Perguruan Tinggi Negeri kurang memperlihatkan gosip yang menyeluruh.


Nah, oleh alasannya yakni itu gue ngadain survei kepada para siswa yang diterima di SNMPTN untuk mengetahui tren menyerupai apa sih siswa yang diterima SNMPTN itu. Dari sini kita bisa mengetahui persentase siswa yang diterima di Pilihan I, berapa perbandingan sekolah legalisasi A dengan B, berapa sebaran nilai, dll. pokoknya banyak banget. Nah hal-hal kayak gini lo ga bakal nemu di publikasi resmi panitia, alasannya yakni memang datanya rahasia.


Sedikit dongeng ihwal survei ini: survei ini diisi oleh 1.931 siswa yang diterima SNMPTN 2015 dari bulan Mei sampe dengan bulan Agustus 2015. Jumlah sebenernya pas di form sih ada sekitar 2300an input data, namun dari data tersebut ada yang double, salah isi, ngasal atau palsu sehingga mesti dicut untuk pengolahan lebih lanjut. Disini gue ga bisa mengonfirmasi bahwa ke-1.931 data yang diisi 100% valid, namun gue berusaha semampu gue, menurut pengalaman menjadi admin di @info_SNMPTN, kalo data-data yang diolah yakni wajar. Gue berusaha melihat kaitan-kaitan data yang diisi antar kolom, apakah masuk akal atau tidak. Jika tidak masuk akal maka akan gue cari tau permasalahannya, bisa googling atau gue mention anaknya langsung. Seperti contohnya ada anak yang diterima di UI sebagai Perguruan Tinggi Negeri pilihan kedua. Karena gue anggap ini ga wajar, gue mention twitternya dan menanyakan hal tersebut.


Pada kesudahannya semua gue kembaliin ke lo sebagai user. Mau menggunakan hasil survei ini atau lo tinggal aja.


Nah alasannya yakni banyaknya hal yang bisa diulas, maka gue akan membagi hasil analisis survei SNMPTN 2015 ini menjadi beberapa postingan. Postingan ihwal Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Kedua ini akan menjadi yang artikel pertama, selanjutnya akan ada artikel Pengaruh sekolah dan Pengaruh Nilai atau Prestasi dalam SNMPTN 2015.


 


Gambaran Umum Pemilihan Jurusan SNMPTN


Disini gue ga akan menjelaskan apa itu SNMPTN, lo bisa baca-baca sendiri di artikel-artikel di page ihwal SNMPTN atau web resminya. Disini gue cuma akan ngasih citra umum dulu ihwal pilihan SNMPTN dan pilihan jurusannya.


Seuai hukum di website SNMPTN, disebutkan bahwa:



  • Setiap Siswa Pendaftar sanggup menentukan sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila menentukan 2 (dua) PTN, maka salah satu Perguruan Tinggi Negeri harus berada di provinsi yang sama dengan Sekolah Menengan Atas asalnya. Apabila menentukan satu PTN, maka Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih sanggup berada di provinsi mana pun.

  • Siswa Pendaftar sanggup menentukan sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kegiatan studi dengan ketentuan satu Perguruan Tinggi Negeri maksimal 2 (dua) kegiatan studi.


Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua Berapa Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua?Disini gue ga akan jelasin hukum di atas secara mendetail. Kalo lo gundah ihwal hukum kewilayahan di atas, lo bisa baca artikel Pengertian Wilayah SNMPTN dan SBMPTN disini.


Intinya yang gue mau tekankan dalam artikel ini adalah, di SNMPTN lo bisa milih maksimal 2 PTN, dan dari 2 Perguruan Tinggi Negeri tersebut, lo bisa menentukan maksimal 3 jurusan. Nah agar lo ada bayangan berikut ini gue kasih beberapa kemungkinan:



  • Memilih 1 PTN, 1 jurusan (boleh)

  • Memilih 1 PTN, 2 jurusan (boleh)

  • Memilih 1 PTN, 3 jurusan (tidak boleh)

  • Memilih 2 PTN, 2 jurusan, jadi masing-masing Perguruan Tinggi Negeri 1 jurusan (boleh)

  • Memilih 2 PTN, 3 jurusan, Perguruan Tinggi Negeri Pertama 2 Jurusan, Perguruan Tinggi Negeri kedua 1 Jurusan (boleh)

  • Memilih 2 PTN, 3 jurusan, Perguruan Tinggi Negeri Pertama 1 Jurusan, Perguruan Tinggi Negeri kedua 2 Jurusan (boleh)


Sebaiknya lo paham bener ihwal citra di atas sebelum membaca ke pembahasan selanjutnya.


 


Berapa peluang penerimaan SNMPTN secara nasional?


Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua Berapa Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua?Sesuai rilis dari dikti, jumlah peserta SNMPTN pada tahun 2015 sejumlah 852.093 siswa yang mendaftar di 63 Perguruan Tinggi Negeri. Dari jumlah tersebut jumlah peserta yang lolos seleksi ini sejumlah 137.005 atau 16% nya. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima ada 16 anak.


Angka 16% tersebut merupakan peluang diterima secara keseluruhan SNMPTN. Pada kenyataannya, di jurusan-jurusan tertentu, persentase penerimaan bisa kurang dari 16%. Contoh ekstrimnya misal di jurusan Ilmu Komunikasi UI yang persentase peluang diterima tahun 2014 sebesar 1%. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima cuma 1 anak. Semakin kecil persentase diterima, maka semakin ketat persaingan untuk masuk jurusan tersebut (secara kuantitas)


Sebaliknya, ada jurusan yang peluang diterima di SNMPTN di atas 16%. Contoh ekstrimnya misal di jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Negeri Gorontalo yang persentase peluang diterima tahun 2014 sebesar 75%. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima ada 75 anak!


Jadi jangan terkecoh dengan angka 16% sebagai angka diterima keseluruhan. Pelajari peluang jurusan yang kau inginkan di banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan jurusan tersebut.


 


Berapa peluang diterima di Pilihan Pertama dan Kedua SNMPTN?


Nah, dari angka 16% tersebut, gue mencoba menggali berapa sih persentase penerimaan dari hasil Survei SNMPTN 2015 lalu. Hasilnya yakni sebagai berikut:




















PTN Pilihan I1.84995,75%
PTN Pilihan II824,25%
TOTAL1.931100,00%

 


Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua Berapa Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua?Dari 1.931 siswa yang diterima SNMPTN dan mengisi survei, tercatat sebanyak 1.849 siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama (96%). Sedangkan sisanya 82 siswa diterima di pilihan kedua (4%). Kecil banget? Bisa dibilang. Angka ini tidak mengejutkan mengingat semenjak gue ngadain survei SNMPTN tahun 2013 dan 2014 lalu, jumlah yang diterima di pilihan kedua berada di sekitaran 6-8%.


Kalau begitu apakah sebaiknya pilihan 2 dikosongkan saja? Well, sejauh ini sih ga ada bukti bila mengosongkan pilihan kedua akan memperbesar peluang diterima. Yang sebaiknya dilakukan adalah, jangan berharap banyak pada pilihan kedua. Taruh pilihan yang kau inginkan dan yang realistis dicapai di pilihan satu (yang mana apabila diterima di pilihan ini, niscaya kau ambil).


Sebagai gambaran, dari 1.931 siswa yang diterima SNMPTN dan mengisi survei, ada 879 anak yang mengosongkan Perguruan Tinggi Negeri pilihan keduanya. Lumayan banyak.


“Oke gue udah ngerti kalo Perguruan Tinggi Negeri I yakni prioritas utama, namun gimana nih urutan jurusannya?”


Nah di survei kemarin gue juga nanyain ihwal diterima di jurusan pilihan keberapa, dan hasilnya analog dengan pilihan PTN, bahwa siswa yang diterima di jurusan pilihan I dibandingkan dengan jurusan pilihan II, baik di Perguruan Tinggi Negeri pilihan I maupun II, persentasenya relatif timpang. Bisa kau lihat di tabel dibawah:






























PTN Pilihan I, Jurusan Pilihan I1.68987,47%
PTN Pilihan I, Jurusan Pilihan II1608,29%
PTN Pilihan II, Jurusan Pilihan I814,19%
PTN Pilihan II, Jurusan Pilihan II10,05%
TOTAL1.931100%

 


Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua Berapa Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua?Dari 1.849 siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan I, ada 1.689 (91%) siswa yang diterima di jurusan pilihan I, sisanya ada 9% atau sebanyak 160 siswa yang diterima di jurusan pilihan II. Demikian pula pada persebaran siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri Pilihan II, dari total 82 anak, ada 81 anak yang diterima di jurusan pilihan I (99%) dan sisanya 1 anak diterima di jurusan pilihan II.


 


==============================================================


Okay, demikian artikel ihwal Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua gue harap lo bisa menyimpulkan sendiri menurut ulasan singkat atas hasil survei SNMPTN 2015 di atas. Kalo gue bisa ngasih saran sih, pilihlah jurusan yang benar-benar lo minati dan menciptakan lo tertantang, di Perguruan Tinggi Negeri yang lo impikan atau di Perguruan Tinggi Negeri manapun yang mengakomodir kehausan lo akan ilmu yang dipelajari di jurusan tersebut.


“Wherever you go, go with all your heart.”


– Confucius


 


Apabila ada pertanyaan terkait dengan topik pembahasan di atas, bisa pribadi tulis di kolom komentar ya. 🙂



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Peluang Diterima Snmptn Pilihan Pertama Dan Pilihan Kedua?"

Posting Komentar