Rumus Dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X

Rumus dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X - Selamat pagi semuanya. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada kesempatan hari ini, kita akan membahas wacana bahan Gerak Parabola. Apakah kalian tahu wacana gerak parabola? Jika belum, ilmu sains online akan membahas dan menjelaskan kepada kalian semua supaya mitra – mitra semua sanggup memahami dengan mudah. Untuk itu, simak materinya berikut ini ya.

Rumus dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X Rumus dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X
Google Image - Rumus dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X

Gerak parabola merupakan suatu gerak lurus beraturan yang dipadukan dengan suatu gerak lurus berubah beraturan yang kedudukannya saling tegak lurus. yang dimaksud dengan gerak parabola ialah ketika kalian melempar sebuah benda. Benda tersebut mempunyai kecepatan awal dan tinggi maksimum sebelum benda tersebut jatuh kebawah. Untuk lebih jelasnya lagi, simak saja materinya berikut ini.

Rumus Dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X


Materi gerak parabola ini termasuk kedalam penggalan wacana dinamika gerak lurus. Untuk itu, ada baiknya juga bila kalian baca juga: Materi Dinamika Gerak Lurus Fisika Kelas X

Rumus Kecepatan Gerak Parabola


Untuk mengetahui besarnya kecepatan gerak yang searah dengan sumbu x, kita sanggup memakai rumus umum kecepatan gerak parabola berikut ini:

Vx = V0.Cos a

Dimana:
Vx = kecepatan searah sumbu x
V0 = kecepatan awal benda
a = sudut elevasi

sedangkan untuk mengetahui besarnya kecepatan gerak yang searah dengan sumbu y, kita sanggup gunakan rumus umum berikut ini:

Vy = V0.sin a – g.t

Dimana:
g = Percepatan gravitasi
t = waktu yang diperlukan

Catatan: Untuk rumus pada sumbu x, kita gunakan Cos a sedangkan rumus pada sumbu y, kita gunakan Sin a.

Rumus Lintasan Gerak Parabola


Untuk mengetahui besar atau panjangnya lintasan gerak parabola yang searah sumbu x, kita sanggup gunakan rumus umum panjang lintasan gerak parabola pada sumbu x berikut ini:

X = V0.Cos a.t

Dimana:
X = panjang lintasan (m)
V0 = kecepatan awal benda (m/s)
a = sudut elevasi
t = waktu yang ditempuh (s)

sedangkan untuk mengetahui panjang lintasan pada sumbu y, kita sanggup gunaka rumus berikut ini:

Y = V0.Sin a.t – ½.g.t

Dimana:
Y = panjang lintasan (m)
g = percepatan gravitasi

Rumus Titik Puncak dan Titik Terjauh


Apabila suatu benda dilemparkan keatas, maka semakin keatas kecepatan benda tersebut yang searah dengan sumbu y akan berkurang sehingga pada ketika mencapai puncak kecepatannya ialah nol (Vy = 0), sedangkan kecepatan pada sumbu x (Vx) tetap.

Untuk mengetahui waktu yang diharapkan untuk mencapai klimaks sanggup dipakai rumus berikut ini:

t = V0.Sin a / g

Dimana:
t = waktu tempuh benda (s)
V0 = kecepatan awal benda (m/s)
g = percepatan gravitasi

Rumus Tinggi Maksimum dan Titik Terjauh


Untuk mengetahui tinggi maksimum yang dicapai oleh suatu benda yang melaksanakan gerak parabola, kita sanggup gunakan rumus umum tinggi maksimum gerak parabola berikut ini:

Hm = V02.Sin2 a / 2.g

Dimana:
Hm = tinggi maksimum (m)
V0 = kecepatan awal
g = percepatan gravitasi

sedangkan untuk mengetahui titik terjauh dari suatu benda yang melaksanakan gerak parabola, kita sanggup gunakan rumus berikut ini:

x = V02.Sin 2a / g

Dimana:
X = Titik terjauh (m)

Rumus dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X - Nah, inilah yang ilmu sains online berikan pada hari ini. Untuk postingan selanjutnya, kita akan bahas beberapa rujukan soal ya. Untuk sanggup memahami bahan diatas, kalian harus rajin mengerjakan rujukan soal yang berkaitan dengan bahan diatas. Jika berdasarkan kalian ini bermanfaat, sanggup dishare pada mitra – mitra yang lain ya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika Kelas X"

Posting Komentar