17 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong (Manihot esculenta) dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon. Masyarakat pecahan Afrika, Asia, dan benua Amerika Selatan menggunakannya sebagai sumber masakan pokok selama berabad-abad. Apakah pernah terpikir oleh Anda bahwa selain yummy dikonsumsi, singkong juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan? Artikel ini akan membahas bagaimana singkong bermanfaat untuk kesehatan.


 dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon 17 Manfaat Singkong bagi Kesehatan
Tanaman berumbi ini populer sebagai penghasil karbohidrat yang tinggi dan mempunyai banyak manfaat untuk keseahtan tubuh.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan


Umbi tanaman singkong mengandung protein, kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C. Daunnya mengandung protein, lemak, zat besi dan juga kalsium. Tidak heran jikalau singkong terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Berikut manfaat singkong bagi kesehatan yang berhasil kami sadur:


1. Membantu menurunkan berat badan


Mengonsumsi singkong sangat penting bagi orang yang telah mencoba menurunkan berat tubuh selama bertahun-tahun dan belum berhasil. Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih usang dan mencegah Anda makan berlebihan.


2. Baik untuk sistem pencernaan


Singkong mengandung serat yang tidak larut dalam air. Hal ini membantu dalam perembesan racun yang masuk dalm usus sehingga baik untuk sistem pencernaan. 


3. Mengobati sakit kepala


Sebagian besar dari kita niscaya pernah mengalami sakit kepala dan seringkali sakit yang tak tertahankan. Cobalah mengobatinya dengan singkong. Yang harus Anda lakukan ialah merendam 60 gram umbi dan beberapa lembar daunnya dalam air selama beberapa jam. Buatlah jus segar dengan memakai blender dan minumlah dua kali sehari.


 dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon 17 Manfaat Singkong bagi Kesehatan
Jus singkong sanggup diminum untuk meringankan tanda-tanda sakit kepala.

4. Mencegah kanker


Inilah manfaat paling menakjubkan dari singkong. Singkong bisa mencegah penyakit berbahaya mirip kanker. Kandungan vitamin B17 pada daun sanggup membantu merangsang isi sel darah merah, yang jikalau kekurangan akan mengakibatkan penyakit mirip kanker.


5. Mengoabati diare


Untuk mengobati diare atau sakit perut, Anda sanggup memakai daun singkong. Rebus 7 lembar daun singkong dengan 800 cc air, tunggu hingga hanya tersisa 400 cc air, saring dan minum ramuan tersebut.


6. Baik untuk mata


Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa mirip betakaroten yang bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang jelek di masa depan.


7. Meredakan demam


Daun singkong efektif dalam meredakan demam. Untuk hasil terbaik, gunakan batang serta daunnya. Cukup gunakan 400 gram daun singkong dan 80 gram batang dan didihkan dalam satu liter air. Ketika volume air berkurang setengahnya, saring airnya, tunggu hingga hangat dan aplikasikan pada tubuh.


8. Rematik


 dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon 17 Manfaat Singkong bagi Kesehatan
Daun singkong yang telah dilumatkan sanggup diaplikasikan pada tempat yang terkena rematik.

Singkong kaya akan magnesium, Anda bisa memakai singkong sebagai obat alami untuk rematik. Untuk pengobatan luar, gunakan lima daun singkong dan 15 gram jahe. Lumatkan dalam blender hingga ibarat pasta, gunakan sebagai salep pada area di mana Anda menderita rematik. Untuk pengobatan internal, Anda sanggup memakai 100 gram batang singkong, serai, garam dan 15 gram jahe. Rebus semua materi dalam 1000 cc air. Tunggu hingga hanya tersisa 400 cc air, saring dan minum ramuan tersebut sekali sehari (200 cc per gelas).


9. Mengobati luka luar


Singkong juga bisa dipakai untuk menyembuhkan luka yang terinfeksi. Lumatkan batang singkong dan aplikasikan pada tempat luka. Anda juga sanggup memarut batangnya, terapkan pada luka dan tutupi dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, peraslah hasil parutan dan terapkan pada tempat luka. Lakukan hal tersebut hingga luka kering.


Daun singkong juga mengandung nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuk daunnya dan tambahkan gel pengecap buaya, terapkan pada luka.


10. Menambah nafsu makan


Jika Anda kurang bergairah terhadap makanan, daun singkong akan mengembalikan nafsu makan Anda. Buatlah ramuan dari daun singkong dan jahe, minum setiap pagi sesudah berdiri tidur.


11. Baik untuk ibu hamil


Ibu hamil membutuhkan banyak vitamin C dan folat yang ditemukan banyak pada singkong. Daun singkong mempunyai rasa hambar, sehingga enaknya dibentuk sayur atau sup. Secangkir sup daun singkong mengandung 15 persen dari kebutuhan folat sehari-hari Anda dan 47 persen dari kebutuhan kalsium harian. 


Selengkapnya mengenai manfaat singkong untuk ibu hamil bisa Anda baca di sini.


12. Menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas)


Folat dan vitamin C, keduanya ditemukan banyak pada daun singkong, yang diketahui sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti dari virus dan bakteri, mempertahankan kesehatan tulang, antioksidan yang baik dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui mempunyai relasi dekat dengan kanker. Folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh kita, sehingga berkhasiat untuk mencegah mutasi DNA.


13. Meningkatkan fungsi otak


Otak Anda akan mulai bekerja lebih efisien bila Anda menambahkan tepung singkong pada masakan Anda. Setiap porsi berisi 80% karbohidrat, lebih dari cukup untuk konsumsi sehari-hari Anda.


14. Baik untuk saraf


Beberapa mahir percaya bahwa tepung singkong sangat penting untuk sistem saraf biar tetap seimbang. Tidak hanya melawan stres dan kecemasan, tetapi juga mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.


15. Menguatkan otot


 dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon 17 Manfaat Singkong bagi Kesehatan
Singkong mengandung protein yang bisa mempertahankan kesehatan dan memelihara jaringan otot.

Tepung singkong membantu Anda membangun otot yang besar lengan berkuasa dan ramping. Satu porsi berisi 2 gram protein, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.


16. Menurunkan tekanan darah


Manfaat lain yang menakjubkan dari singkong ialah secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini lantaran singkong kaya akan serat. Setiap cangkir tepung singkong meningkatkan asupan serat Anda.


17. Mengobati penyakit beri-beri


Mereka yang suka mengkonsumsi daun singkong beruntung lantaran bisa terhindar dari penyakit beri-beri. Untuk mereka yang menderita beri-beri, mereka setidaknya harus mengonsumsi 200 gram daun singkong, bisa diolah sebagai sayuran, sup ataupun salad.


Umbi singkong mempunyai imbas samping yang perlu Anda ketahui, diantaranya:



  1. Singkong mengandung racun yang disebut linamarin. Ketika dimakan mentah, sistem pencernaan insan mengubah racun ini menjadi sianida, yang sanggup berakibat fatal.

  2. Akar singkong membusuk dengan cepat, yang menimbulkan hilangnya nilai gizi. Hal ini juga sanggup mengakibatkan nanah jamur dan bakteri.


Namun, jangan biarkan imbas samping menakut-nakuti Anda. Jika Anda mengolahnya dengan baik, mengupas bersih, dan memasaknya dengan baik, tidak ada alasan mengapa Anda tidak sanggup menikmati manfaat singkong tanpa khawatir perihal racun!


Itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan. Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana singkong bisa menciptakan hidup Anda lebih sehat. Semoga gosip ini bermanfaat 🙂


Buat kalian yang ingin tau perihal produk flora ubi lainnya. Anda bisa klik disini.


Baca juga Cara Menanam Ubi Kayu Yang Baik Dan Benar.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "17 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan"

Posting Komentar