√ Pengertian Dan Faktor Sentra Pertumbuhan


Versi materi oleh Eni A dan Tri H


Setiap wilayah memiliki potensi untuk sanggup tumbuh dan berkembang. Perkembangan suatu wilayah menjadi sentra pertumbuhan terjadi alasannya yaitu beberapa faktor. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Pusat-pusat pertumbuhan yang muncul telah melahirkan teori sentra pertumbuhan wilayah. Selain itu, sentra pertumbuhan yang dibangun di Indonesia, ibarat daerah pengembangan ekonomi terpadu (KAPET) misalnya, diperlukan sanggup meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Siapa saja yang menciptakan teori pertumbuhan? Tahukah kau apa yang dimaksud dengan KAPET ( akan dibahas pada postingan lain ) dan teori pertumbuhan, apa sajakah yang memengaruhi perkembangan suatu wilayah? Nah, untuk mengetahuinya, mari ikuti pemaparan materi berikut.


Pengertian Pusat Pertumbuhan

Perkembangan wilayah diawali dengan munculnya sentra pertumbuhan. Apakah yang dimaksud dengan sentra pertumbuhan? Coba simak perkembangan Kota Jakarta. Sebelum menjadi kota berjulukan Jakarta, kota yang berjulukan Batavia ini hanya merupakan tempat manajemen pemerintahan Belanda di Indonesia. Segala acara ekonomi perdagangan dan keluar masuk barang (ekspor impor) di wilayah jajahan Belanda dalam wilayah Nusantara harus melewati manajemen di Batavia. Kegiatan manajemen ini merangsang acara lain, ibarat pelayanan jasa dan perbankan sehingga banyak gedunggedung perkantoran dibangun untuk mendukungnya. Memang, acara ekonomi menjadi kekuatan pendorong bagi tumbuhnya suatu daerah. Pusat pertumbuhan yang muncul akan memengaruhi wilayah sekitarnya.

Jadi, kini kau sudah memiliki citra wacana sentra pertumbuhan. Pusat pertumbuhan merupakan suatu wilayah yang berkembang secara pesat khususnya acara ekonomi sehingga menjadi sentra pembangunan daerah. Pusat pertumbuhan akan mendorong perkembangan wilayah sekitarnya. Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah dipengaruhi oleh karakteristik wilayahnya.



Perkembangan sentra pertumbuhan di suatu wilayah ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a. Sumber Daya Alam
Daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi sentra pertumbuhan. Sebagai contoh, penambangan materi tambang yang bernilai ekonomi tinggi di suatu wilayah merangsang acara ekonomi, memperlihatkan kesempatan kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah serta kuat terhadap munculnya acara ekonomi penunjang.
b. Sumber Daya Manusia
Sumber daya insan sangat berperan dalam pembentukan sentra pertumbuhan di suatu wilayah. Tenaga kerja yang ahli, terampil, andal, kapabel, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam. Pusat pertumbuhan akan berkembang dan pembangunan berjalan lancar apabila tersedia sumber daya insan yang andal.
c. Kondisi Fisiografi/Lokasi
Kondisi fisiografi/lokasi memengaruhi perkembangan sentra pertumbuhan. Lokasi yang strategis memudahkan transportasi dan angkutan barang, sehingga sentra pertumbuhan berkembang cepat. Sebagai contoh, daerah dataran rendah yang berelief rata memungkinkan sentra pertumbuhan berkembang lebih cepat dibanding daerah pedalaman yang berelief berangasan atau berpegunungan.
d. Fasilitas Penunjang
Pusat pertumbuhan akan lebih berkembang apabila didukung oleh kemudahan penunjang yang memadai. Beberapa kemudahan penunjang antara lain jalan, jaringan listrik, jaringan telepon, pelabuhan maritim dan udara, kemudahan air bersih, penyediaan materi bakar, serta prasarana kebersihan.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Faktor Sentra Pertumbuhan"

Posting Komentar