Uji Performa Acer Liquid E3

Pertengahan April 2014 kemudian Acer Indonesia memperkenalkan Liquid E3,  smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif. Smartphone kategori kelas menengah ini tak hanya mempunyai processor unggul, tetapi juga kamera 13MP dengan fitur premium dan hasil fantastis. Lens Blur yakni satu di antara fitur premium Acer Liquid E3 dengan hasil sempurna.


Kali ini, kami ingin mengembangkan pengujian Acer Liquid E3 yang berfokus pada performa baik dalam tes benchmark maupun tes faktual dengan bermain beberapa game.


 smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif Uji Performa Acer Liquid E3


Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!


Pengujian dengan Tools/Software


Acer Liquid E3 dilengkapi dengan prosesor quad-core Cortex-A7 Mediatek MT6589 @1.21GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX 544MP serta RAM sebesar 2GB. Acer Liquid E3 dibekali dengan Android 4.2.2 dimana imbas terhadap performa mungkin saja terjadi dalam uji coba ini.


 


 smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif Uji Performa Acer Liquid E3


Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3


Tes pertama dengan Geekbench 3 dipilih sebagai tes khusus untuk mengukur kemampuan CPU baik single-threaded maupun multi-threaded. Tes yang merupakan kombinasi antara GPU dan CPU ini dilakukan dengan 3DMark Ice Storm untuk mengukur performa secara off-screen. Sedangkan pengetesan GPU memanfaatkan GFXBench 3.0 dengan tes untuk OpenGL ES level 2.0 alias T-Rex on-screen maupun off-screen. Sebagai benchmark komplemen kami juga mencantumkan skor AnTuTu yang mengukur kombinasi dari empat aspek: CPU,GPU, RAM dan I/O.


Sebagaimana disebutkan di atas, Geekbench 3 hanya melaksanakan pengujian pada level CPU saja. Dari hasil pengujian, nilai rata-rata dari hasil benchmark yakni 326 untuk single-threaded dan 1142 untuk multi-threaded. Nilai ini memang bukan angka tertinggi, tetapi kemampuannya akan sanggup kita lihat ketika menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Sebagai informasi, angka ini telah dikalibrasi dengan angka dasar pengujian yaitu 2500.


 smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif Uji Performa Acer Liquid E3


Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3


Dalam uji performa memakai 3DMark ini, tes yang dipilih yakni Ice Storm Unlimited. Hasil total skor dari uji coba yakni 2575 dengan rata-rata grafik tes sebesar 13.3 fps dan 7.2 fps untuk grafik 1 dan 2. Sebelum melaksanakan tes, banyak sekali kegiatan telah dilakukan pada smartphone ini. Pengujian dengan GFXBench menunjukkan hasil angka 272 atau 4.9fps untuk T-Rex on-screen dan 155 (2.8 fps) untuk off-screen. Tes yang berbasis ES 2 ini merupakan tes level tinggi yang meliputi tekstur, material serta geometri sangat kompleks dan mendetail termasuk post-process berupa motion blur.


Adapun uji benchmark dengan AnTuTu menunjukkan skor 13652 dengan nilai UX sebesar 3493, CPU 2982, RAM di angka 1452, 4293 untuk GPU dan I/O sebesar 1432.


Angka-angka di atas yakni tentu saja hanyalah angka dari benchmark tools yang bisa dipengaruhi banyak hal. Namun tentu kurang afdol jika tidak dilengkapi dengan memainkan mobile game yang terkenal dan menantang. Gimana sih hasilnya?


Performa Andal untuk Bermain Game


Untuk mengukur kemampuan dalam dunia yang sebenarnya, Acer Liquid E3 ini akan dites dengan memakai lima mobile game terkenal antara lain: Real Racing 3, Dead Trigger 2, Minion Rush, Deer Hunter 2014, dan juga Asphalt 8: Airborne.


Kombinasi antara GPU maupun CPU dalam Liquid E3 jago untuk memainkan Asphalt 8. Game buatan Gameloft ini sanggup dimainkan dengan baik dan mulus untuk semua adegan dalam game termasuk goresan maupun kepingan kaca. Game memang nampak dimainkan dengan angka framerate yang tidak terlalu tinggi. Namun, tidak ditemukan perubahan kecepatan framerate secara kasat mata dan game sanggup dinikmati tanpa cela.


Permainan melawan zombie, Dead Trigger 2, juga berjalan dengan sangat baik. Tumpahan darah maupun pergerakan zombie dan kamera sanggup berjalan dengan tanpa kendala. Berdasarkan pengamatan, framerate yang ditampilkan yakni di atas rata-rata.


Hasil yang sama juga didapatkan ketika memainkan Deer Hunter 2014. Berburu kijang ini berjalan dengan baik tanpa adanya pada ketika bermain. Ini meliputi pergantian antar screen, gerakan hewan-hewan dan juga air serta rerumputan yang bergoyang ditiup angin. Meski angka framerate juga terlalu tinggi, namun tidak ditemukan penurunan secara signifikan yang sanggup mengganggu jalannya permainan.


Bagaimana permainan lari Minion Rush di Acer Liquid E3? Seperti dugaan, risikonya yang sama baik ditemui ketika bermain game yang berasal dari film Despicable Me ini. Permainan berjalan dengan baik dan tanpa hambatan sedikitpun. Sama menyerupai tiga game sebelumnya, tidak ditemukan lag pada semua adegan termasuk tabrakan, api yang keluar dari roket, maupun pergantian view dari depan ke samping dan lain-lain.


Terakhir, kami mencoba Real Racing 3 yang merupakan game lebih berat dibandingkan lainnya.  Real Racing 3 sanggup dimainkan dengan catatan frame yang tidak tinggi.


Kesimpulan: Performa Handal di Harga 2 Jutaan


Kesimpulan dari hasil uji coba performa dengan aplikasi bekerjsama yang meliputi lima permainan di atas, empat di antaranya sanggup dimainkan dengan baik dan tanpa lag. Adapun satu permainan yaitu Real Racing 3 sanggup dimainkan dengan baik dengan memakai framerate yang lebih rendah dari empat game lainnya.


Dengan hasil pengujian yang memuaskan tersebut, Acer Liquid E3 patut dipertimbangkan untuk spAcer yang mencari smartphone dengan performa handal untuk nge-game maupun kegiatan mobile lainnya. Dengan jaminan garansi resmi 3 tahun dari Acer Indonesia, semakin yakin ‘kan menentukan Acer Liquid E3?



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Uji Performa Acer Liquid E3"

Posting Komentar