√ Rangkuman Harga Dan Pasar




• Permintaan merupakan acara untuk membeli barang pada aneka macam tingkat harga, yang terdiri dari seruan efektif dan seruan absolut.

• Hukum seruan berbunyi “jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta berkurang dan kalau harga turun, maka jumlah barang yang diminta bertambah sehinnga kurva seruan melereng dari kiri atas ke kanan bawah”.

• Faktor yang memengaruhi seruan di antaranya pendapatan, selera, jumlah penduduk, harga barang lain, ramulan harga, adanya barang substitusi dan kegunaan akan barang.

• Penawaran merupakan acara untuk menjual barang pada aneka macam tingkat harga.

• Hukum penawaran berbunyi “Jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan meningkatkan dan sebaliknya, sehingga kurva penawaran bergeser dari kiri bawah ke kanan atas”.

• Faktor yang memengaruhi penawaran dan permintaan:
1. Biaya produksi
2. Teknologi
3. Bahan baku
4. Banyaknya produsen
5. Laba yang diharapkan

• Fungsi seruan dirumuskan P = a – bQ atau Q = a – bP dan fungsi penawaran dirumuskan P = a + bQ atau Q = a + bP. Untuk memilih fungsi seruan dan fungsi penawaran dipakai rumus:



• Elastisitas yaitu imbas perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau jumlah barang yang ditawarkan.

• Elastisitas terdiri atas:
1. Elastisitas harga
2. Elastisitas silang
3. Elastisitas pendapatan

• Rumus untuk memilih elastisitas


• Macam-macam sifat elastisitas:
1. Elastis
2. Inelastis
3. Uniter
4. Elastis sempurna
5. Inelastis sempurna

• Harga keseimbangan merupakan harga yang terjadi pada ketika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Grafiknya sanggup bergeser ke kiri dan bergeser ke kanan.
Pd = Ps atau Qd = Qs

• Pembeli digolongkan menjadi:
1. Pembeli marginal
2. Pembeli supermarginal
3. Pembeli submarginal.

• Penjual digolongkan menjadi:
1. Penjual marginal
2. Penjual supermarginal
3. Penjual submarginal

• Peranan pemerintah dalam memilih harga yaitu dengan penentuan harga maksimum dan harga minimum.

• Bentuk pasar terdiri atas:
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar persaingan tidak sempurna, mencakup pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar monopolistik.

• Pasar faktor produksi/pasar input merupakan kawasan bertemunya seruan dan penawaran faktor produksi.

• Pasar input meliputi:
1. Pasar faktor produksi alam
2. Pasar faktor produksi tenaga kerja
3. Pasar faktor produksi modal
4. Pasar faktor produksi pengusaha

• Teori nilai faktor produksi terdiri atas teori sewa tanah, teori upah tenaga kerja, teori bunga modal, dan teori keuntungan usaha.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Rangkuman Harga Dan Pasar"

Posting Komentar