√ Elastisitas Undangan Dan Elastisitas Penawaran


Versi materi oleh Ismawanto


Dalam aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh suatu masyarakat atau negara mengatakan bahwa aktivitas undangan dan penawaran sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya harga barang yang berlaku. Dengan demikian perubahan harga akan memengaruhi besarnya jumlah barang yang diminta (permintaan) dan jumlah barang yang ditawarkan (penawaran). Seberapa besar efek perubahan harga terhadap jumlah barang sanggup dihitung dengan memakai rumus elastisitas.


1. Definisi Elastisitas

Elastisitas (pemuluran) ialah efek perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. Dengan kata lain elastisitas ialah tingkat kepekaan (perubahan) suatu tanda-tanda ekonomi terhadap perubahan tanda-tanda ekonomi yang lain.

Elastisitas terbagi dalam tiga macam, yaitu sebagai berikut.
a. Elastisitas harga (price elasticity)
yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang tersebut.
b. Elastisitas silang (cross elasticity)
ialah persentase perubahan jumlah barang x yang diminta, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang lain (y).
c. Elastisitas pendapatan (income elasticity)
yaitu persentase perubahan undangan akan suatu barang yang diakibatkan oleh persentase perubahan pendapatan (income) riil konsumen.


2. Elastisitas Permintaan

Elastisitas undangan (elasticity of demand) ialah efek perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga barang.

Sedangkan besar kecilnya perubahan tersebut dinyatakan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas yang disingkat E, yang dinyatakan dengan rumus berikut ni.





Keterangan:
ΔQ : perubahan jumlah permintaan
ΔP : perubahan harga barang
P : harga mula-mula
Q : jumlah undangan mula-mula
Ed : elastisitas permintaan

Contoh:
Pada ketika harga Rp400,00 jumlah barang yang diminta 30 unit, lalu harga turun menjadi Rp360,00 jumlah barang yang diminta 60 unit. Hitunglah besar koefisien elastisitasnya!
Jawab:



a. Macam-Macam Elastisitas Permintaan Elastisitas undangan terdiri atas lima macam.




b. Kurva Elastisitas Permintaan




c. Menghitung Elastisitas Permintaan secara Matematis



Contoh 1:
Fungsi undangan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q = 50 – -P. Tentukan besar elastisitas undangan pada tingkat harga P = 80!




Contoh 2:
Diketahui fungsi undangan P = 100 – 2Q. Hitung elastisitas undangan pada tingkat harga P = 50!
Jawab:





3. Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaraan (elasticity of supply) ialah efek perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang.

Adapun yang dimaksud koefisien elastisitas penawaran ialah angka yang mengatakan perbandingan antara perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan perubahan harganya. Besar kecilnya koefisien elastisitas penawaran sanggup dihitung sanggup dengan rumus sebagai berkut.





Contoh:
Pada ketika harga Rp500,00 jumlah barang yang ditawarkan 40 unit, lalu harga turun menjadi Rp300,00 jumlah barang yang ditawarkan 32 unit. Hitunglah besarnya koefisien elastisitas penawarannya!
Jawab:






a. Macam-Macam Elastisitas Penawaran
Seperti halnya elastisitas permintaan, elastisitas penawaran juga terdapat lima macam, yaitu:





b. Kurva Elastisitas Penawaran




Cara simpel memilih besarnya elastisitas tanpa mencari turunan Q atau Q1, yaitu:

1) Jika persamaan fungsi mengatakan P = a – bQ (fungsi permintaan) dan P = a + bQ (fungsi Penawaran), maka rumus elastisitasnya ialah sebagai berikut.






Contoh 1:
Diketahui fungsi undangan P = 100 – 2Q. Hitung elastisitas undangan pada tingkat harga P = 50!
Jawab:





Contoh 2:
Diketahui fungsi penawaran P = 100 + 2Q. Hitunglah elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 500!
Jawab:







Contoh 3:
Diketahui Fungsi penawaran P = -100 + 2Q. Hitung elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 400!
Jawab:



  

2) Jika persamaan fungsi mengatakan Q = a – bP (fungsi permintaan) dan Q = a + bP (fungsi penawaran), maka rumus elastisitasnya ialah sebagai berkut.





Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Elastisitas Undangan Dan Elastisitas Penawaran"

Posting Komentar