✔ Berguru Html Dasar (2) : Persiapan Web Browser Dan Aplikasi Editor

Dalam seri berguru HTML dasar ini, sebelumnya telah kita bahas soal pengertain HTML secara umum. Sebelum masuk ke aplikasi penerapannya (baca pembelajaran struktul) kita harus mengenal dulu apa itu web browser. Hal ini sangat penting, sebab bersahabat kaitannya dengan HTML, tanpa web browser, tidak mungkin hasil editor HTML sanggup dinikmati banyak orang.

Banyak yang memulai berguru HTML sangat menyepelekan hal ini. Padahal mempelajari HTML tanpa web browser yang mendukung, sama saja sia-sia, sebab karenanya tidak akan baik. Percaya deh!

Lalu Apa Itu Web Browser?

Saya yakin, penggiat internet niscaya sudah tahu akan ini. Namun, setiap orang berbed-beda, jadi tak ada salahnya untuk mengulangnya kembali (sebagai penyegaran keilmuan).

Dikutip dari Wikipedia, Web Browser (atau biasa disebut browser) dijelaskan sebagai sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (www). Mungkin www tidak absurd lagi bagi Anda, dan salah satu informasi yang ditampilkan itu dibentuk dalam format HTML.

Beberapa pola web browser ialah Mozilla Firefox dan Google Chrome  yang banyak digunakan didunia. Jika di smartphone, varian ini jauh lebih banyak lagi, menyerupai Opera dan lain-lain.


Browser pertama yang muncul kepasaran ialah Internet Explorer. Saat pertama kali muncul, Internet Explorer sanggup menguasai 90 persen pengguna internet, namun sekarang Firefox dan Chrome paling banyak digunakan. Internet Explorer ditinggalkan sebab tidak mendukung standarisasi HTML yakni W3C (World Wide Web Consortium).

W3C ini telah dirancang khusus sebab awalnya tiap-tiap kegiatan web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser. Internet Explorer yang dulu menepkan standar sendiri, sekarang sudah mulai menerapkan W3C.

Untuk mempelajari HTML, web browser ialah perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemograman lainnya, Web Browser ialah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas memakai web browser yang disukai, namun bloGoooblok ketika menciptakan goresan pena ini memakai Google Chrome Versi 34.0.1847.116 m. Silahkan gunakan browser versi terbaru, sesuai yang Anda inginkan.

Memilih Editor HTML 

Selain web browser yang penting dalam mempelajari HTML, aplikasi editor HTML juga besar peranannya. Aplikasi ini, bersama-sama sanggup saja yang sederhana, misal Notepad bawaan dari sistem operasi komputer Anda, namun notepad bawaan sistem operasi itu punya banyak kelemahan.

Olehnya itu, persiapan sebelum mempelajari HTML lebih jauh ialah aplikasi yang memadai. Pada proses pembelajaran ini kita akan memakai Notepad ++. Anda sanggup mendowload secara gratis di web aslinya, dan carilah versi terakhir yang tersedia.

Saat goresan pena ini dibuat, versi Notepad ++ yang tersedia ialah 6.5.5. Versinya akan terus berubah seiring waktu. Silahkan d0wnl0ad disini.


Selain Notepad ++ aplikasi anyal lainnya yang sering digunakan ialah  Adobe Dreamweaver. Hanya saja, aplikasi ini punya versi berbayar dan tidak cocok bagi pengguna kere menyerupai saya. Tapi bila Anda berniat memakai  Adobe Dreamweaver tidak ada salahnya, silahkan cari aplikasinya dan gunakan dengan baik.

Keunggulan  Adobe Dreamweaver dibanding Notepad ++ memang banyak. Dreamwever tidak hanya sanggup digunakan untuk sebuah text editor HTML saja, namun juga untuk banyak sekali bahasa pemograman web lainnya, menyerupai Javascript dan PHP. Tapi apapun itu, asal gampang dan yummy dipakai, silahkan saja.

Intinya, dua persiapan diatas, web browser dan aplikasi editor ialah harga mati yang perlu ada bila hendak berguru HTML. Silahkan gunakan yang berdasarkan Anda paling sesuai.



Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Berguru Html Dasar (2) : Persiapan Web Browser Dan Aplikasi Editor"

Posting Komentar