Rumus Pelengkap Peluang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian biar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Rumus Komplemen Peluang, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan aksesori ?? pernahkah anda mengerjakan sesuatu soal dengan metode menyempurnakan terlebih dahulu??? Secara umum atau secara arti kata aksesori itu ialah menyempurnakan. Menyempurnakan ini artinya menciptakan sesuatu yang kurang menjadi sempurna. Ktika kita memasak kemudian kita menambah bumbu sebagai penyedap rasa, itu disebut komplemen, ktika kita menciptakan sebuah gambar kemudian kita mewarnainnya, itu disebut komplemen, dan lain sebagainya. Nah kemudian apa hubungannya dengan matematika???? Dalam matematika ada yang namanya aksesori peluang. Apa yang dimaksud dengan aksesori peluang?? Apakah kalian pernah mendengarnya??

Pengertian Komplemen Peluang

Peluang akan suatu insiden itu ialah kurang dari 100% alasannya jikalau nilai peluang ialah 100% maka itu bukan disebut peluang, tapi itu merupakan sebuah kepastian. Artinya peluang dapat saja 90%, 80%, 70%, dan seterusnya.  Nah ktika 90% merupakan sebuah peluang insiden dan sebuah kepastian ialah 100% maka ada selisih antara peluang insiden dengan sebuah kepastian yaitu 10%. Lalu jikalau 90% disebut peluang, 100% disebut kepastian, maka disebut apakan nilai yang 10%?? Nah nilai 10% inilah yang disebut dengan kemplemen, alasannya jikalau 90% ditambah dengan 10% maka alhasil akan menjadi tepat yaitu menjadi sebuah kepastian yang bernilai 100%. Jadi aksesori peluang ialah "selisih antaran nilai peluang suatu insiden dengan nilai seluruh insiden atau kepastian. Dengan ditambah aksesori maka peluang suatu insiden akan menjadi sebuah kepastian. 

Rumus Komplemen Peluang

Keterangan :
P : Peluang
A : Kejadian A (Lambang suatu kejadian)
c : Komplemen suatu kejadian

Makara dari rumus di atas ada lambang "P" yang dimana lambang tersebut artinya ialah peluang, lambang tersebut diambil dari abjad depan kata "Peluang". Kemudian ada lambang "A", Lambang "A" ialah melambangkan atau mewakili suatu kejadian, lambang "A" digunakan untuk mempermudah saja. Dan terakhir ada lambang "c", lambang "c" ini merupakan simbol dari suatu insiden yang dikomplemenkan, simbol "c" ini diambil dari abjad depan kata "complemen". Maka simbol "Ac" dibaca aksesori insiden A, dan "P(Ac)" dibaca peluang aksesori insiden A, dan apabila hanya "P(A)" dibaca peluang insiden A.

Contoh Soal Komplemen Peluang :

Peluang hari ini hujan ialah 25%, tentukan peluang bahwa hari esok tidak hujan!!
Jawab :
Untuk menjawab soal menyerupai ini yang pertama harus dilakukan ialah menulis dulu hal-hal yang diketahui, dengan tujuan untuk mempermudah pengerjaan kita. Maka :
Peluang hari ini hujan ialah 25 %, maka peluang insiden A ialah 25 % :
P(A) = 25% = 0,25
Kemudian kita masukan kedalam rumus menjadi :
P(Ac) = 1 - P(A)
P(Ac) = 1 - 0,25
P(Ac) = 0,75
P(Ac) = 75%
Maka peluang bahwa hari esok tidak hujan ialah 75%.

Kesimpulan

Makara aksesori itu ialah sebuah penyempurna dari suatu peluang, alasannya nilai peluang itu ialah kurang dari 100%. Komplemen juga dapat disebut kebalikan dari seuatu kejadian. 

Nah segini dulu ya artikel kali ini, mohon maaf apabila ada salah - salah kata
Untuk menambah pengetahuan baca juga artikel perihal :
Akhir kata wassalamualakum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Pelengkap Peluang"

Posting Komentar