Pengertian Titik Sampel Dan Ruang Sampel Suatu Kejadian


Pada pelemparan sekeping uang logam yang dilakukan oleh wasit pada dikala kick off pertandingan sepak bola, sisi yang mungkin muncul yaitu sisi angka (A) atau sisi gambar (G). Di mana bencana ini merupakan kejadian acak sebab kita tidak tahu sisi mana yang akan muncul, tetapi akan ada dua kemungkinan yang muncul yaitu sisi angka (A) atau sisi gambar (G).
Jika sisi yang mungkin muncul ini dinyatakan dengan himpunan, contohnya S, menjadi S = {A,G}. Kumpulan atau himpunan semua hasil yang mungkin muncul pada suatu percobaan disebut ruang sampel, dilambangkan dengan S. Adapun anggota-anggota dari S disebut titik sampel. Banyak anggota (titik sampel) suatu ruang sampel dinyatakan dengan n(S).

Untuk memantapkan pemahaman Anda perihal pengertian titik sampel dan ruang sampel suatu kejadian, silahkan simak pola soal di bawah ini.

Contoh Soal
Tentukan ruang sampel dan titik sampel dari pelemparan sebuah dadu.


Penyelesaian:
Kejadian yang mungkin dari pelemparan sebuah dadu yaitu munculnya muka dadu bertitik 1, 2, 3, 4, 5, atau 6. Dengan demikian, S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} dan titik sampelnya 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.


Berdasarkan pemaparan dan pola soal di atas maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa ruang sampel yaitu himpunan semua bencana yang mungkin diperoleh dari suatu percobaan, sedangkan titik sampel yaitu setiap anggota ruang sampel atau disebut juga bencana yang mungkin. Bagaimana cara memilih ruang sampel dari titik sampel?

Demikianlah postingan Mafia Online perihal pengertian titik sampel dan ruang sampel suatu kejadian. Mohon maaf kalau ada kata-kata atau perhitungan yang salah dari postingan di atas.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Titik Sampel Dan Ruang Sampel Suatu Kejadian"

Posting Komentar