Cara Menciptakan Laporan Keuangan

Hallo guys? apa kabar kalian semua ? Kembali lagi bersama gue Muhamad Pajar sidik yang bakalan menyebarkan artikel 100% orisinil, dimana artikel gue itu gampang banget buat difahami sama si pembaca. Trimakasih buat temen-temen yang udah dateng ke blog gue apalagi temen-temen yang udah jadi langganan di blog gue. Gue seneng bgt ktika artikel yang gue tulis sanggup bermanfaat buat pembacanya. Di hari hari yang menyenangkan ini gua bakalan menyebarkan materi bab dari siklus akuntansi yang dimana pada materi `gue kali ini ialah ihwal sebuah tujuan dari siklus akuntansi, atau ibaratnya lu lagi bikin produk nah ini lah produknya. Apa itu materinya??Materinya ialah ihwal Laporan keungan. Tapi guys di sini ngga hanya menyebarkan ihwal laporan keuangan, tapi di artikel gua ini, Gua bakalan ngajarin temen-temen bagaimana cara menciptakan laporan keuanga. Spesial banget kan temen-temen ??? Tenang ajh walaupun berguru sama gue itu sangat berkualitas, tapi temen-temen ngga usah bayar ko. Biar allah sama google adsanse ajh ya yang gajih penulisnya hehe..... :). Ok temen-temen kita pelajari laporan keuangan dari mulai pengertiannya dulu ya temen-temen. Let's see !!

Laporang keuangan ialah "Catatan gosip keuangan suatu instansi atau prusahaan pada satu perode akuntansi tertentu yang menggambarkan posisi keuangan prusahaan, kinerja perusahaan, aliran-aliran keuangan prusahaan, perubahan modal prusahaan, dan menggambarkan apa saja kebijakan yang harus diperbaiki oleh prusahaan". Pengertian ini mungkin sedikit berbeda dengan buku-buku yang sudah beredar, namun perlu temen-temen tahu bahwa sebenernya pengertian laporan keuangan ini lengkapnya mirip yang sudah saya jabarkan diatas. Pengertian tersebut saya tafsirkan secara kebijaksanaan ya temen-temen. Dalam laporan keuangan pun tidak hanya terdiri dari satu laporan saja, diaman ada beberapa jenis laporan keuangan. Temen-temen mau tau apa ajh ??? Ok saya kasih tau ni.

Macam-Macam Laporan Keuangan
Dalam ilmu akuntansi ada 5 macam atau jenis laporan keuangan, yaitu sebagai berikut :
1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)
Laporan Laba rugi ialah "sebuah laporan keuangan yang menggambarkan ihwal kinerja dari suatu prusahaan". Di dalam laporan keuntungan rugi terdapat berapa keuntungan yang kita peroleh, berapa beban, pendapatan, atau bahkan kalo prusahaan mengalami kerugian maka berapa krugiaanya. Makara laporan keuntungan rugi ini menggambarkan di mana suatu kinerja prusahaan tersebut effesien dan effektif atau malah sebaliknya.

2. Laporan Prubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan (Retiened Earnings)
Laporan ini menggambarkan tantang berapa kenaikan modal atau penurunan modal dari sebuah prusahaan, namun apa bila pada prusahaan yang sudah go publik atau sudah berbentuk PT. Dimana namanya bukan lagi laporan preubahan modal akan tetapi laporan keuntungan ditahan, alasannya dalam laporan tersebut berisi keuntungan yang harus dibagikan pada para pemegang saham dahulu gres lalu dimasukan ke pada kenaikan modal prusahaan tersebut.

3. Neraca (Balance Sheet)
Neraca ialah "sebuah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu prusahaan". Dalam sebuah neraca kita sanggup mengetahui jumlah aset aset dari sebuah prusahaan. Artinya kita sanggup mengetahui berapa kas prusahaan, piutang prusahaan, gedung perusahaan, dan yang lainnya.

4. Laporan Arus Kas (Cash Flow)
Laporan arus kas ialah "sebuah laporan yang menggambarkan anutan kas masuk dan anutan kas keluar suatu prusahaan". Artinya laporan ini sangat lah vital alasannya laporan ini sanggup mengetahui siapa saja yang melaksanakan korupsi. Spesifiknya laporan ini menggambarkan dari mana kas itu masuk dan ke mana kas ini keluar.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan
Catatan ini berisi ihwal kebijakan prusahaan yang harus di ambil sesudah mempertimbangkan 4 laporan keuangan yang tadi, yaitu mempertimbangkan laporan keuntungan rugi, neraca, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.
Nah temen-temen jadi itu lah jenis jenis dari laporan keungan. Nah kini yu kita masuk kecara pembuatan laporan keuangannya.

Cara Membuat Laporan Kuangan
Untuk cara pembuatan laporan keungan itu gampang saja jikalau kita sudah menciptakan sebuah neraca lajur terlebih dahulu untuk mempermudah kita menciptakan laporan keuangan. Sebenarnya jikalau kita sudah menciptakan neraca lajur kita hanya tinggal menyusun laporan keuangannya, artinya kita tidak perlu harus hitung menghitung lagi, tapi mungkin ada sedikit saja proses perhituangan tapi itu saya rasa sangat gampang ya temen. Karena laporan keuangan itu ada 5 maka saya akan jelaskan satu persatu cara pembuatannya. Ok let's see!

a.) Cara Membuat Laporan Laba Rugi
Cara menciptakan laporan keuntungan rugi ialah dengan menyusun akun-akun nominal yang ada pada neraca lajur, saya contohkan neraca lajur yang sudah saya buat pada artikel sebelumnya, yaitu :
Nah kini temen-temen pindahkan akun-akun nominal dan susun secara format laporan keuntungan rugi. Tau kan akun nominal?Akun nominal itu ialah semua akun pendapatan dan beban. Karena di neraca lajur kita sudah buat kolom laporan keuntungan rugi, maka semua akun itulah yang akan kita pindahkan dan susun menjadi laporan laba-rugi. Nah mirip inilah jikalau sudah dibentuk laporan keuntungan rugi :
Makara laporan keuntungan rugi itu hanya tinggal kita memindahkan dan lalu menyusun akun akun nominal kedalam format laporan keuangan. Nah untuk format dasarnya mirip laporan keuntungan rugi yang sudah saya teladan kan di atas ya temen-temen. Makara pada dasarnya keuntungan prusahaan itu ialah pendapatan higienis dikurangi semua total beban prusahaan. Jika hasil pengurangannya bernilai minus atau negative maka prusahaan tersebut mengalami kerugian. Laporan keuntungan rugi diatas ialah teladan laporan keuntungan rugi prusahaan jasa ya temen-temen. Kenapa saya contohkan yang prusahaan jasa alasannya saya menjelaskan pembuatan secara dasarnya aja ya temen-temen.

b.) Cara Membuat Laporan perbahan modal
Laporan ini ialah laporan yang paling gampang sekali dalam pembuatannya, dimana kita hanya memilih berapa modal pada final periode akuntansi. Laporan ini tidak perlu neraca lajur untuk menyusunnya, kita hanya pindahkan keuntungan yang tertera pada laporan keuntungan rugi sehingga sanggup merubah modal perusahaan menjadi modal pada final periode. Untuk teladan kita ambil keuntungan dari laporan keuntungan rugi yang sudah dibentuk di atas tadi, yaitu keuntungan Rp.7,-. Maka laporan perubahan modalnya akan mirip ini temen-teman :
c.) Cara Membuat Neraca
Cara menciptakan neraca pun sama yaitu hanya memindahkan saja, akan tetapi untuk menciptakan neraca yang dipindahkan bukan akun-akun nominal melian akun-akun rill atau akun harta yang dipindahkan. Akun harti itu ialah semua akun kecuali akun pendapatan dan akun beban. Kita ambil neraca lajur yang telah saya buat di artikel sebelumnya juga untuk teladan ya temen-temen :
Nah lalu kita pindahkan semua akun-akun yang ada pada kolom neraca di atas kecuali akun modal pajar, alasannya modal pada final periode sudah berubah, yaitu perubahannya sudah kita catat pada laporan perbuahan modal yang barusan saya buat pada poin b, dengan nominal modalnya ialah Rp.24,- . Kita pindahkan lalu kita susun menjadi neraca. Nih mirip ini jikalau sudah di susun :
Nah untuk menunjukan atau menilai bahwa neraca ini bernilai benar atau tidak kita lihat total aktiva dan total passivanya. Jika total aktiva sama dengan total passiva maka neraca tersebut bernilai benar. dan apabila tidak sama maka bernilai salah.

d. Cara Membuat Laporan Arus Kas.
Cara pembuatan laporan arus kas ialah dengan mencari semua transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan kas dalam sebuah jurnal, atau sanggup juga dengan melaksanakan observasi terhadap laporan keuntungan rugi. Makara cara untuk menciptakan laporan keuangan itu ada dua cara. Dengan cara eksklusif yaitu dengan meng observasi pada jurnal dan ada yang tidak eksklusif yaitu dengan cara mengobservasi pada laporan keuntungan rugi. Untuk spesifik caranya akan saya buat artikel khusus untuk membahas cara pembuatan laporan arus kas di lalu hari. Tapi saya akan berikan aja teladan laporan arus kasnya saja. Contoh :

e.) Cara Membuat Catatan Atas Laporan Keuangan 
Catatan atas laporan keuangan ini ialah berisi ihwal gosip perhiasan tertentu ihwal dasar-dasar kebijakan pembuatan laporan keuangan, dan gosip perhiasan mirip gosip hutang piutang dan lain sebagainya. Untuk pembuatannya akan saya posting dikemudian hari. Karena artikel saya kali ini hanya untuk cara pembuatan laporan secara umum saja yang pada dasarnya cara pembuatan laporan sebagai dasar saja, artikel ini juga saya tujukan kepada para pembaca yang masih mempelajari dasar pembuatan laporan keuanga. Dimana biasanya dasar mempelajari laporan keuangan itu yaitu mempelajari laporan keuntungan rugi, neraca dan laporan perubahan modal saja biasanya. Nih baca juga materi ihwal Jurnal Penutup.

Nah demikian artikel saya kali ini mohon maaf bila ada salah salah kata.
Untuk menambah pemahaman saya sarankan juga baca eksklusif di link :
Akhir kata saya ucapkan wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Laporan Keuangan"

Posting Komentar