Cara Memilih Persamaan Kuadrat Baru

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Cara Menentukan Persamaan Kuadrat Baru, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Pernah kah teman-teman menemukan soal yang perintahnya ialah memilih sebuah persamaan gres dari sebuah persamaan ?? Menurut teman-teman apakah soal tersebut susah atau gampang ?? Jika gampang artinya teman-teman sudah rajin berguru matematikanya sehingga temen-temen faham akan bahan persamaan kuadrat. Namun bagaimaan kalau teman-teman yang tidak faham ?? Untuk temen-temen yang belum faham ikuti ajh ya jalan dongeng dari artikel ini :D, hehe maksudnya baca artikel ini secara fokus ya supaya temen-temen dapat faham.

Cara Menentukan Persamaan Kuadrat Baru

Biasanya soal yang memerintahkan teman-teman untuk menciptakan persamaan baru, ialah teman-teman diperintah untuk memilih sebuah persamaan kuadrat gres dari persamaan kuadrat dengan akar akar yang gres pula. Untuk mempermudah cara pehamana teman-teman kita eksklusif ajh ke soal ya .

Contoh soal Menentukan Persamaan Kuadrat Baru

Contoh soal 1:
Susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya dua kali akar-akar persamaan kuadrat x2 - 2x - 10 = 0 !!!!

Jawab :
Apa yang pertama kali teman-teman fikirkan untuk menjawab soal menyerupai ini ???
Jika teman-teman berfikir ihwal rumus cara menyusun persamaan kuadrat , ya itu pedoman yang sangat tepat. Supaya gampang kita tuliskan dulu rumus cara menyusun persamaan kuadrat.
Rumus cara menyusun persamaan kuadrat gres ialah :
x2 - (x1 + x2)x + x1 . x2 = 0

Sebenernya ada dua cara untuk menyusun persamaan kuadrat baru, yang pertama dapat dengan pemfaktoran dan yang ke-dua dapat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat. Nah pada soal kali ini yang sempurna kita gunakan ialah rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat ya sahabat teman. Dan rumus x2 - (x1 + x2)x + x1 . x2 = 0 ini ialah rumus cara menyusun persamaan kuadrat gres dengan memakai rumus jumlah dan hasil kali akar.

Nah kemudian kita cari dulu jumlah akar dan hasil kali akarnya dahulu dari x2 - 2x - 10 = 0 untuk mempermudah kita dalam mencari persamaan kuadrat baru.Jika teman-teman belum tau cara mencari jumlah akar dan hasil kali persamaan kuadrat dapat baca dahulu di artikel Rumus Jumlah dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat.

Jumlah akar dari persamaan x2 - 2x - 10 = 0 ialah :
a = 1, b = -2, dan c = -10
x1 + x2 = -b/a
x1 + x2 = -(-2)/1
x1 + x2 = 2

Hasil kali akar dari persamaan x2 - 2x - 10 = 0 ialah :
a = 1, b = -2, dan c = -10
x1 . x2 = c/a
x1 . x2 = -10/1
x1 . x2 = -10

Setelah kita mendapat jumlah akar dan hasil kali akar persamaan x2 - 2x - 10 = 0, kemudian kita cari jumlah akar dan hasil kali akarnya yang gres yang dimana pada perintah soal di atas kita harus mencari persamaan kuadrat gres dengan akar-akarnya dua kali akar persamaan x2 - 2x - 10 = 0.
Kita gunakan simbol "α" untuk akar yang gres dari x1 dan simbol "β" untuk akar yang gres dari x2, maka :
α = 2x1
β = 2x2

Jumlah akar persamaan kuadrat gres ialah :
α + β = 2x1 + 2x2, Kerena koefisiennya sama maka kita ubah menjadi :
α + β = 2(x1 + x2), Karena x1 + x2 = 2, maka :
α + β = 2(2)
α + β = 4

Hasil kali akar persamaan kuadrat gres ialah :
α . β = 2x1 . 2x2
α . β = 4(x1.x2), alasannya x1 . x2 = -10, maka :
α . β = 4(-10)
α . β = -40

Setelah kita menemukan jumlah dan hasil kali akar yang baru, kemudian kita susun persamaan kadrat gres dengan rumus yang gres pula.
Rumus cara menyusun persamaan yang usang x2 - (x1 + x2)x + x1 . x2 = 0, alasannya akar-akar barunya ialah α dan β, maka rumus cara menyusun persamaan kuadrat barunya ialah x2 - (α + β)x + α . β = 0.
Maka kita masukan α + β = 4 dan α . β = -40 kedalam rumus x2 - (α + β)x + α . β = 0, maka menjadi
x2 - (4)x + (-40) = 0
x2 - 4x - 40 = 0

Kaprikornus persamaan kuadrat gres yang akar-akarnya dua kali dari akar-akar persamaan x2 - 2x - 10 = 0 ialah x2 - 4x - 40 = 0

Kesimpulan

Kaprikornus untuk memilih persamaan kuadrat gres itu gampang kalau kita tahu langkah-langkah cara mennyusun persamaan kuadrat baru. 

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata 
Akhir kata wasssalamualaikum wr. wb

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memilih Persamaan Kuadrat Baru"

Posting Komentar