Cara Menciptakan Webtoon (Step-Stepnya)

halo ^^ mungkin banyak dari kalian yang membaca artikel ini,berkeinginan untuk menciptakan webtoon, benar bukan ? begitu pula dengan saya, sebelumnya saya kurang percaya diri terhadap style gambar saya dan banyak ketakutan lainnya, takut dongeng kurang menarik, tidak konsisten dan banyak waktu yang di habiskan hanya untuk menggambar satu pagenya, sebab umunya 1 chapter itu terdiri dari 25 pages,dalam pikiran saya dulu, saya akan mulai menciptakan webtoon ketika skill saya berdasarkan saya sudah baik, namun,  heyyy tunggu kalian tidak perlu mempunyai skill yang andal untuk memulainya, namun kalian perlu memulai nya untuk menjadi hebat, kata orang sih menyerupai itu.

Untuk itu sekitar dua ahad kemudian Webtoon pertama saya muncul di permukaan dengan judul Stigma,  kalau kalian penasaran, bisa cek langsung, jangan lupa like, komen dan share ya. 

Karena itu saya akan menyebarkan pengalaman cara menciptakan Webtoon, walaupun belum usang namun dalam kurun waktu yang singkat ini, saya sadar kemampuan menggambar saya lebih cepat di banding sebelumnya,oleh sebab itu saya akan share bagaimana cara efektif untuk menciptakan dan menerbitkan Webtoon.


TAHAP-TAHAP

 

  1. 1.   Pondasi, yang dimaksutkan pondasi disini yakni sebelum kita memulai menciptakan webtoon,kita harus benar benar menciptakan dasar dari kelanjutanya,yaitu terdiri dari:
    •  plot : untuk saya ketika menciptakan webtoon, saya ingin setiap chapternya menarik,jika itu memang seharusnya selesai maka tamat tanpa bertele-tele menyerupai sinetron yang kaga jelas, saya tidak akan menciptakan alur yang dipaksakan untuk memperpanjang webtoon, maka dari itu saya buat plot awal, titik puncak dan anti klimaks, jadi ketika saya mempunyai dongeng dasar, saya telah menetapkan bagaimana simpulan webtoon tersebut / ending. 
    •  
    •  desain karakter: di tahapan ini kalian akan memulai mendesain abjad berdasarkan dongeng dasar yang kalian buat, pastikan abjad mempunyai cirikhasnya masing-masing baik dari fisik maupun sifatnya, biar pembaca gampang untuk membedakannya. Tak hanya itu dengan mendesai abjad dahulu, kalian akan mempunyai patokan biar gambar yang kalian buat di kemudian hari tetap konsisten    
    •  
    •  cerita dasar:  disini kita menciptakan inti dari dongeng yang ingin kita ambil,mulai dari background tempat, waktu dan sebagainya. tumpuan : kisah seorang gadis penjahit di jaman 1820 di inggris  yang jatuh cinta dengan seorang pangeran.  
    •  
       
  2. 2. Proses pengerjaan, disini yakni proses pengerjaan,dalam proses ini kita harus konsisten dalam menciptakan webtoon, saya sarankan untuk menabung chapter dulu sebelum menerbitkan webtoon, kalau kalian ingin webtoon kalian terbit setiap minggu, tentu kalau webtoon yang sering up, pembaca akan lebih tertarik dan tentu juga pihak webtoon akan memerhatikan kalian.
    • Storyboard (name): umunya saya menciptakan storyboard di kertas hvs, saya lakukan itu di manapun ketika ada waktu, jadi bisa di kampus, kendaraan beroda empat apapun itu ketika ada waktu luang dan lebih pentingnya lagi ada ilham yang bagus. Bagi yang belum tau,  storyboard yakni skema garang gambar mengenai laur dongeng dalam tiap chapternya. 
    •  
    • Proses pembuatan digital: tidak menyerupai manga, di jepang lebih banyak didominasi mangaka menciptakan manga dengan cara traditional, namun umunya di webtoon dengan memakai pen tablet atau digital,dalam proses ini saya gunakan software manga studio, photoshop dan sketchup. 
    •  

      proses digital 

      1. Membuat sketsa 

      D
       Dalam proses ini,biasanya saya menciptakan 2 kali sketsa, yang pertama skema garang anatomy bada, dan buat layer gres untuk menciptakan skema yang lebih detai lagi, bahkan kalau itu yakni pose yang rumit saya bisa menciptakan sampai 3 kali. 

      2.Inking

       Lalu sesudah itu atur layer sektsa kalian, opacity nya menjadi senyaman kalian,misalkan 50 %,untuk memudahkan dalam proses inking .
      Jika kalian resah mengenai layer bisa cek di:  All about layer

      3. pewarnaan  

      {
       Pewarnaan dasar 
       Bagi kalian yang masih resah cara pewarnaan dasar bisa di cek di : Cara mewarnai digital layaknya pro
       Tambahkan shading 
       Tambahkan background 
      Untuk kalian yang ingin mencar ilmu menciptakan background bisa cek di :  Membuat background kurang dari 5 menit  

      4. Dialog  

       yes, terakhir tambahkan dialog, biasanya saya akan export ke dalam bentuk jpg,lalu saya akan buka file berbentuk jpg tersebut kemudian gres saya tambahkan dialog. 

       Untuk kalian yang ingin menambahkan soundeffect untuk menambah keseruan webtoon kalian, bisa cek tutorialnya di: Membuat soundeffect di manga studio

  3. Upload, dalam proses ini yakni mungkin favorit, rasa senang ketika ada yang komen dan like, kebayar dengan begadang semalaman untuk menuntaskan gambar dan cerita,huhuhuhu.  Kalian juga harus bijak dalam menaggapi komen-komen, sebab tidak selalu komentar yang kalian akan dapatkan adalah  positif, namun kalian bisa  merubah komen tersebut menjadi aktual ketika kalian mengambil segi positifnya, jadi apresiasi komen apapun itu.  Semoga artikel kali ini  sanggup membantu kalian untuk menciptakan webtoon, dan semakin termotivasi,ingat kalian tak perlu tunggu andal untuk memulainya, see you on top!!

Sumber http://mangabelajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Webtoon (Step-Stepnya)"

Posting Komentar