Cara Budidaya Anggur Di Halaman Rumah

Cara budidaya buah anggur di halaman rumah ternyata sangat gampang dan sanggup dilakukan oleh siapa saja. Buah yang mempunyai rasa khas ini memang disukai oleh hampir semua orang. Hanya saja harganya yang mahal menciptakan tidak semua orang sanggup menikmati buah yang satu ini. Untuk itu banyak yang menentukan untuk membudidayakan sendiri buah anggur di pekarangan rumah semoga ketika berbuah, mereka sanggup menikmati lezatnya buah anggur ini. Selain dinikmati secara langsung, buah yang mempunyai nama ilmiah vitaceae ini juga sanggup dibentuk menjadi aneka olahan makanan, menyerupai kismis, agar-agar, jus anggur dan masih banyak lagi.


 di halaman rumah ternyata sangat gampang dan sanggup dilakukan oleh siapa saja Cara Budidaya Anggur di Halaman Rumah
Anda bisa eksklusif memetik sendiri dan eksklusif mengkonsumsi buah anggur dikala sedang segar-segarnya kalau Anda mempunyai pohon anggur sendiri di halaman Anda.

Buah anggur biasanya hanya tumbuh di tempat dataran rendah, dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Untuk media tanamnya, anggur sangat cocok untuk ditanam pada tanah dengan pH sekitar 7 dan usahakan tanah yang dipakai bukan tanah pasir atau tanah lempung. Jika Anda termasuk penyuka buah anggur, Anda sanggup membudidayakan buah anggur di halaman rumah. Cara membudidayakan anggur di pekarangan rumah ini ternyata sangat mudah. Untuk Anda yang mau mencobanya, mari simak ulasannya berikut ini.


Membuat Bibit Anggur Untuk Ditanam di Halaman Rumah


Sebelum sanggup menanam anggur di pekarangan rumah, tentunya Anda perlu menciptakan bibit anggurnya dulu. Bibit anggur sanggup dibentuk dengan cara mencangkok pohon anggur yang mempunyai kualitas unggulan, yang tentunya tidak berpenyakitan. Upayakan untuk mencangkok bab batang anggur yang tegak, sehingga bibit yang dihasilkan pun gampang untuk ditanam, baik di pot maupun eksklusif di tanah. Bibit anggur cangkokan ini sanggup Anda tanam sehabis masa pencangkokan sekitar 6-7 bulan.


 di halaman rumah ternyata sangat gampang dan sanggup dilakukan oleh siapa saja Cara Budidaya Anggur di Halaman Rumah
Bibit anggur hasil dari cangkokan.

Persiapan Menanam Anggur di Halaman Rumah


Setelah bibit anggur siap, maka Anda perlu menyiapkan alat penyangga sebagai media tumbuhnya pohon anggur. Penyangga ini sanggup dibentuk dari kayu atau besi, tergantung harapan Anda. Untuk ketinggian penyangga, Anda sanggup menyesuaikan dengan kebutuhan, untuk Anda yang hendak menanam anggur pada pot. Anda sanggup menyiapkan pot yang sudah dilubangi bab bawahnya, pilih pot yang mempunyai ukuran sedang semoga akar anggur sanggup tumbuh dengan baik. Untuk tanah yang cocok untuk menanam anggur ini, Anda sanggup mencampurkan tanah dengan kompos dengan perbandingan 1:2. Dengan media tanam ini, dijamin pertumbuhan dan perkembangan anggur akan semakin maksimal.


Setelah semua persiapan tersebut selesai, Anda sanggup eksklusif menanam bibit anggur Anda. Cara menanam bibit cangkokan anggur ini pun tidak sanggup dilakukan secara sembarangan, Anda perlu membuka bungkus cangkokan baik itu plastik atau media lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanah di bab tengah pot untuk meletakan hasil cangkokan ini. Bibit ini tidak sanggup eksklusif Anda tempatkan di halaman rumah, Anda perlu menaruhnya di tempat yang sejuk terlebih dahulu dalam jangka 3 ahad masa penanaman pertama. Hal ini tentunya untuk menciptakan bibit anggur sanggup menyesuaikan dengan media tanam yang baru. Pada masa ini Anda juga harus rajin menyirami bibit anggur ini.


Perawatan Untuk Anggur Yang Ditanam di Halaman Rumah


 di halaman rumah ternyata sangat gampang dan sanggup dilakukan oleh siapa saja Cara Budidaya Anggur di Halaman Rumah
Tanaman anggur harus terus diberikan perawatan semoga tumbuh subur. Seperti penyiraman yang rutin dan pemupukan secara berkala. Jangan lupa untuk melaksanakan pemangkasan dan pengendalian hama.

Buah anggur yang ditanam di depan rumah seringkali dalam jumlah yang terbatas, sehingga perawatannya cukup mudah. Pertama-tama Anda sanggup melaksanakan penyiraman intensif sebanyak dua kali dalam sehari. Hanya saja ketika usia pohon anggur sudah melebihi 3 bulan, Anda sanggup melaksanakan penyiraman dua hari sekali sudah cukup. Selain melaksanakan penyiraman dengan tepat, Anda juga diperlukan bisa memberi pupuk sebagai komplemen nutrisi untuk pertumbuhan pohon anggur yang Anda miliki. Pupuk yang terbukti ampuh untuk pertumbuhan buah anggur ini ialah kombinasi antara pupuk NPK dengan pupuk kandang. Pupuk NPK sanggup Anda berikan pada usia antara 10 hari sampai 6 bulan dengan kadar yang sesuai. Sementara sehabis usia pohon anggur mencapai 1.5 tahun, Anda sanggup menambahkan pupuk kandang. Jika perlu Anda juga sanggup menambahkan pupuk jenis lainnya yakni pupuk KCL pada masa 2 tahun sehabis penanaman bibit anggur.


Pohon anggur yang Anda tanam di halaman depan rumah ternyata juga memerlukan perawatan lainnya berupa pemangkasan. Pemangkasan ranting dan cabang pohon anggur yang berantakan atau tidak rapi sangat penting alasannya ialah menghipnotis munculnya buah anggur itu sendiri. Ranting yang telah ditebang akan menghasilkan tunas gres dan bunga anggur pun bermunculan. Bunga inilah yang lalu akan bermetamorfosis buah anggur yang sangat enak dan segar.


Demikianlah sedikit uraian kami terkait cara budidaya buah anggur di halaman rumah yang memakai bibit cangkokan. Baca juga artikel kami perihal cara menanam anggur dari biji dalam pot kalau Anda ingin memanfaatkan bijinya langsung.


Semoga dapat bermanfaat 🙂


Nah, bagi Anda yang ingin mempraktekkannya di rumah, namun galau beli bibitnya dimana. Jangan khawatir readers, alasannya ialah di bibitbunga.com juga sudah tersedia bibit anggur lho 🙂 Silahkan cek produknya disini!!



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Anggur Di Halaman Rumah"

Posting Komentar