Menghitung Perbandingan Seharga Atau Senilai

Halo sahabat bangkusekolah.com semua. Meneruskan tema sebelumnya mengenai Menghitung Gambar Berskala, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai.


Pernahkah kalian membeli buah jeruk? Semakin banyak buah jeruk yang kalian beli, maka semakin banyak pula uang yang harus kalian keluarkan bukan. Nah, begitu pula sebaliknya, semakin sedikut buah jeruk yang kalian beli, maka semakin sedikit pula uang yang harus kalian keluarkan. Dalam ilmu matematika, insiden menyerupai ini biasa disebut dengan perbandingan seharga atau senilai. Lalu bagaimana cara menghitungnya? Simak ulasan berikut ini.


Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai


Dalam menghitung perbandingan seharga atau senilai, kita sanggup melalukan dua cara. Pertama menurut nilai satuan. Kedua dengan menurut perbandingan. Untuk cara yang pertama yakni menurut nilai satuan, hal pertama yang harus kita lakukan ialah memilih berapa harga atau nilai dari setiap satuannya. Berikut contohnya.


Contoh soal.

Toni membeli 10 buah apel dengan harga Rp 15.000,-. Berapakah total harga untuk 25 buah apel?


Jawab.

Untuk menjawab pertanyaan ini kita sanggup memakai perbandingan seharga atau senilai. Jika total jumlah apel berambah, maka total harga yang harus dikeluarkan juga bertambah.


Harga untuk 10 buah apel ialah Rp 15.000,-

Harga untuk 1 buah apel = Rp 15.000,-/10

Harga untuk 1 buah apel = Rp 1.500,-

Untuk harga 25 buah apel = Rp 1.500,- x 25

Harga untuk 25 buah apel = Rp 37.500,-


Jadi total harga untuk 25 buah apel ialah Rp 37.500,-


Contoh soal yang kami berikan di atas ialah cara mencari perbandingan seharga atau senilai menurut harga atau nilai satuan. Sedangkan untuk cara yang kedua yakni dengan memakai cara perbandingan sanggup kalian liat pada pola soal di bawah ini.


Contoh 1 Perbandingan Senilai.

Bu Dian membeli beras sebanyak 10 kg dengan total harga yang harus ia bayar ialah Rp 67.500,-. Berapakah harga yang harus Bu Dian bayar bila ia membeli 15 kg beras menurut harga satuan serta perbandingan.


Jawab.

Berdasarkan harga satuan, pertama-tama kita harus memilih berapa harga per 1 kg beras. Maka di dapat,


Harga 10 kg beras = Rp 67.500,-

Harga 1 kg beras = Rp 67.500,-/10

Harga 1 kg beras = Rp 6.750,-


Jika harga per 1 kg beras sudah diketahui, maka kita sanggup memilih berapa harga untuk 15 kg beras.


Harga untuk 15 kg beras = Rp 6.750,- x 15

Harga untuk 15 kg beras = Rp 101.250,-


Dan cara yang kedua dengan memakai cara menurut perbandingan. Agar lebih gampang dalam mencarinya, ada baiknya kita menciptakan sebuah table terlebih dahulu.

















Massa (Kg)Harga (Rp)
1067.500
15x

Berdasarkan table yang sudah kita buat sebagai perbandingan, maka kita peroleh,

X ialah 101.250


 Meneruskan tema sebelumnya mengenai Menghitung Gambar Berskala Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai

Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai


Jadi total harga 15 kg beras ialah Rp 101.250,-


Dengan kedua cara di atas kita mendapat hasil yang sama. Dari 2 pola soal di atas, sanggup kita simpulkan bila perbandingan harga sanggup kita selesaikan dengan beberapa cara, antara lain :


1. Menghitung berdasar nilai satuan

2. Menghitung berdasar perbandingan


Di bawah ini kami telah menyiapkan soal tantang perbandingan seharga atau senilai untuk sahabat bangkusekolah.com. Semoga kalian lebih paham lagi.


Diana pergi ke Bandara Soekarno Hatta dari rumahnya sempurna pukul 08.00. Jarak antara rumah Diana menuju bandara ialah 140 km. Diana mengemudi dengan kecepatan 60 km/jam dengan waktu perjalanan selama 2 jam. Diperjalanan Diana istirahat selama 15 menit sebab kelelahan. Agar sanggup hingga pukul 10.30, berapa kecepatan minimal kendaraan Diana?



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Menghitung Perbandingan Seharga Atau Senilai"

Posting Komentar